Bahaya Penyakit Usus Buntu dan Pengobatannya

Usus buntu adalah sebuah kantung yang terhubung pada usus penerapan serta bagian kolon yang naik dari usus besar. Pada mulanya organ tersebut dianggap sebagai organ yang tidak berfungsi, namun saat ini telah diketahui bahwa fungsi usus buntu berfungsi sebagai organ imunologik yang secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin atau kekebalan tubuh dengan kelenjar limfoid di dalamnya.

Penyakit usus buntu biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur dan makanan yang tidak sehat. Pada rentang usia 8 sampai 25 tahun, seseorang akan rentan terjangkit penyakit ini. usus buntu terjadi saat usus kecil yang berbentuk jari yang melekat di usus besar yang terletak di sebelah rongga perut bagian bawah.

Gejala yang biasanya muncul adalah adanya rasa nyeri pada bagian perut, rasa nyeri tersebut sering di rasakan pada bagian perut kanan bawah. saat perut terasa nyeri akan membuat penderitanya kesulitan untuk melakukan aktivitas kesehariannya. Nyeri yang terjadi dapat berlangsung dalam kurun waktu hitungan jam, bahkan seharian.

Penyakit Usus Buntu Tidak Perlu di Operasi

penyakit-usus-buntu-pengobatannya

Gejala yang ke dua adalah adanya rasa mual dan muntah yang membuat penderitanya kehilangan selera makanan. Hal ini hampir sama dengan penyakit maag atau penyakit lambung, perut teras mual dan ingin muntah serta disertai dengan rasa nyeri di perut. Gejala selanjutnya adalah tiba-tiba mengalami kesulitan dalam bernafas.

Pada umumnya penyakit ini menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa pada bagian perut. Biasanya mereka yang menderita usus buntu, upaya penyembuhan yang mereka tempuh adalah dengan operasi pembedahan. Tapi bagi sebagian orang yang memiliki ketakutan tersendiri terhadap operasi, saat ini telah banyak ilmu pengetahuan yang menyebutkan jika penyakit usus buntu tidak perlu di operasi.

BACA:  Penyakit Kista Pada Wanita dan Pria dan Obatnya

Hal ini bisa dilakukan dengan tindakan pencegahan dan juga penyembuhan secara alami. Beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah menghindari makanan yang memiliki aroma yang tajam seperti nangka dan durian, banyak mengkonsumsi air putih, hindari minuman yang mengandung alkohol dan soda, serta tidak menahan buang angin.

Penyakit Usus Buntu dan Pengobatannya

Untuk beberapa kasus, biasanya terjadi kerena adanya suatu penyumbatan feses yang didalamnya terkandung bakteri escherichia coli. Selain itu memakan canbai bersamaan dengan bijinya atau memakan jambu biji bersamaan dengan bijinya juga menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit ini. hal ini disebabkan biji-biji tersebut tidak dapat tercerna dengan baik sehingga masuk ke saluran apendiks sebagai benda-benda asing. Hai inilah yang menyebabkan bakteri tumbuh dan berkembang sehingga terjadi infeksi yang berujung pada adanya peradangan di usus buntu.

Pengobatan usus buntu bisa menggunakan beberapa ramuan herbal, misalnya dengan membuat ramuan gula merah, garam, kunyit, dan jeruk nipis. Caranya sangat mudah, parut kunyit dan ambil airnya kemudian campurkan dengan air perasan jeruk nipis, tambahkan sedikit gula dan garam serta seduh dengan air hangat, minum ramuan ini dua hari sekali secara teratur hingga penyakit ini mereda.

Selain itu ada juga ramuan lain yang terbuat dari madu dan buah mengkudu. Caranya ambil air perasan buah mengkudu kemudian tambahkan beberapa sendok madu. Minumlah ramuan ini secara rutin dan teratur. Setelah mengetahui segala hal tentang penyakit usus buntu dan pengobatannya, maka anda bisa mulai menghindarinya sekarang.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai penyakit usus buntu. Semoga tulisan ini bisa memperbanyak wawasan anda dan semoga bermanfaat.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Usus Buntu dan Penyebabnya




Artikel Pilihan:

Comments
  1. Tan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */