Berbagai Macam Bisul Dan Cara Mengobati Bisul

Berbagai Macam Bisul Dan Cara Mengobati Bisul, Apabila mendengar kata bisul, yang terlintas di benak kebanyakan orang adalah diakibatkan oleh kuman atau bakteri dan gaya hidup yang tidak bersih. Beberapa orang bahkan jijik apabila mendengar kata bisul. Bisul adalah sebuah penyakit kulit yang berbentuk benjolan di atas kulit. Apabila ditekan rasanya sakit dan pegal. Bisul berisi cairan dan bahkan bisa sampai bernanah. Benjolan ini dapat timbul diakibatkan oleh infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada folikel rambut. Folikel adalah lubang tempat tumbuhnya rambut yang dapat dengan mudah dimasuki oleh bakteri tertentu dan menimbulkan bisul. Bisul disebabkan oleh bakteri yang bernama bakteri staphylococcus aureus. Bakteri ini merupakan bakteri yang umumnya ada di permukaan kulit manusia, dan dapat menyebabkan bisulan apabila bakteri berhasil masuk ke dalam folikel melalui luka ataupun gigitan serangga.

Bisul dapat terjadi pada siapa saja, tetapi resiko terkena bisul menjadi tinggi apabila orang yang belum terkena bisul melakukan kontak langsung dengan penderita bisul. Ada beberapa faktor pendorong seseorang dapat terkena bisul, yaitu :

Bisul lebih mudah menyerang remaja, terutama remaja laki-laki.
Memiliki gaya hidup yang tidak bersih.
Memiliki kekebalan tubuh yang lemah, bisa karena keturunan maupun karena mengidap penyakit tertentu.
Memiliki masalah kulit seperti kulit yang berjerawat.
Ada beberapa bagian tubuh yang dapat terkena bisul, seperti leher, kepala, wajah, ketiak, dan lain-lain. bisul juga dapat menyerang anak-anak, karena anak-anak belum dapat menjaga diri dari hal-hal yang kotor dan anak-anak masih rentan terhadap kuman dan bakteri sehingga rawan terkena bisul. Ada berbagai macam cara mengobati bisul, baik secara alami maupun dengan menggunakan obat-obatan medis. Namun, cara mengobati bisul ini tergantung dimana bisul tersebut tumbuh sehingga cara mengobati bisul berbeda-beda. Berikut adalah beberapa cara mengobati bisul tergantung dimana bisul tersebut tumbuh.

BACA:  Obat Bisul Alami yang Mudah Anda Buat Sendiri di Rumah

 

1. Cara mengobati bisul pada anak

 

Masa kanak-kanak adalah masa dimana anak-anak sedang senang-senangnya bermain, mencoba banyak hal baru. Anak-anak menjadi aktif apabila sering bermain di luar rumah dan dapat berinteraksi dengan teman-temannya yang lain. Namun, anak-anak yang belum mengetahui bersih dan kotor seringkali bermain-main pada hal-hal yang kotor seperti bermain pasir, bermain tanah, atau mainan-maianan yang kotor dan rentan bakteri. selain itu, anak-anak pasti akan berkeringat apabila terkena sinar matahari dalam waktu yang lama. Hal ini yang menyebabkan anak rentan terkenal bisul. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir apabila anak Anda terlanjur terkena bisul. Ada beberapa cara mengobati bisul yang dapat dilakukan, dalam hal ini cara mengobati bisul pada anak, yaitu:

  1. Karena anak-anak sulit untuk minum obat dari dokter, maka untuk mengobati bisul pada anak dapat dilakukan dengan cara mengompres bisul dengan air hangat. Mengompres bisul dengan air hangat dapat dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu hari. Mengompres bisul selain untuk menghilangkan bakteri dengan air panas, juga untuk mendorong nanah atau cairang yang ada di dalam bisul ke bagian atas sehingga cairan atau nanah dapat keluar dengan lebih cepat.
  2. Setelah bisul pecah atau cairan telah keluar, maka Anda dapat membersihkan bisul dengan kain kasa dan alkohol. Setelah diberi alkohol, olesi bekas luka bisul dengan obat oles. Supaya tidak terkena bakteri, tutup bekas bisul dengan kain kasa steril.
  3. Gunakan sabun anti bakteri ketika anak mandi.
  4. Perban diganti minimal tiga kali sehari untuk menghindari tumbuhnya bakteri lagi.
  5. Anda juga harus menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan ketika sebelum atau sesudah membersihkan bisul anak.

 

2. Cara mengobati bisul di kepala

BACA:  Bau Badan Tak Sedap? Coba 10 Cara Menghilangkan Bau Badan Berikut Ini

Kepala adalah salah satu bagian tubuh manusia yang rentan bakteri, hal ini disebabkan karena kepala manusia seringkali mengalami keringatan dan juga berminyak. Keringat dan minyak di kepala disebabkan oleh sengatan sinar matahari dan pulusi udara. Hal ini membuat kepala menjadi sarang bakteri dan kuman, teruatama bagi Anda yang malas keramas. Oleh karena mudahnya bakteri berkmebangbiak di kepala, bisul dapat tumbuh dengan mudah di kepala. Bisul di kepala ditandai dengan timbulnya benjolan diantara rambut yang rasanya pegal dan sakit apabila ditekan. Rasa pegal dan sakit ini karena bisul berisi nanah, protein dan bakteri. untuk mengobati bisul di kepala, Anda dapat melakukan beberapa cara, yaitu :

  • Jangan memaksa untuk memecah bisul. Anda dapat melakukannya secara perlahan dengan mengompres bisul dengan air hangat sebanyak tiga kali dalam sehari.
  • Setelah bisul pecah, berikan alkohol dalam takaran yang normal dan oleskan di bekas luka bisul.
  • Jaga kebersihan rambut dengan cara keramas secara teratur, dua hari sekali dan Anda dapat menggunakan tonic atau vitamin rambut untuk mencegah bakteri berkembang biak di kepala.

 

3. Cara mengobati bisul di mata

Beberapa orang pasti pernah mengalami pegal di kelopak mata dan rasanya gatal. Ketika dilihat, ternyata kelopak mata menjadi lebih besar seperti terdapat tonjolan di dalamnya. Selain itu, kelopak mata juga terlihat memerah. Hal ini disebabkan oleh bisul yang tumbuh di mata. Bisul di mata bisa juga disebut dengan bintitan. Walaupun bukan tergolong penyakit yang berbahaya, namun bintitan ini sangat mengganggu karena menimbulkan gatal yang apabila disentuh rasanya pegal dan perih. Untuk Anda yang sedang mengalami bintitan, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati bintitan di mata, yaitu :

a) Gunakan lidah buaya
Selain untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati bintitan, karena lidah buaya memiliki sifat untuk mendinginkan dan meredam peradangan pada bisul. Lidah buaya dapat digunakan mengobati bisul di mata dengan cara mengompres mata dengan lidah buaya.

BACA:  Penyebab Bau Badan Lengkap dan Cara Mengatasinya

b) Bawang putih
Bawang putih ternyata bukan hanya bisa dipakai untuk bumbu dapur saja, tetapi dapat juga digunakan untuk mengobati bintitan, karena bawang putih memiliki sifat anti bakteri. Anda dapat menggunakannya dengan menumbuk halus bawang putih lalu dioleskan ke mata. Cara mengoleskannya Anda harus sangat hati-hati supaya tidak mengenai mata. Tunggulah hingga kering lalu bersihkan dengan air hagat.

c) Kantong teh
Anda suka membuat teh setiap pagi atau ketika waktu senggang? Anda tidak perlu membuang kantong teh setelah dipakai, tetap dapat Anda manfaatkan untuk mengobati bintitan di mata. Caranya, Anda dapat meletakkan kantong teh yang masih hangat di bisul hingga mata terasa dingin. Kandungan yang ada di dalam teh berkhasiat untuk meredam rasa pegal dan sakit akibat bintitan dan juga mengurangi pembengkakan di kelopak mata.

d) Biji ketumbar
Sama halnya dengan bawang putih, biki ketumbar selain dapat dimanfaatkan untuk bumbu dapur juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati bisul di mata. Caranya adalah dengan merebus biji ketumbar kemudian air rebusannya dapat Anda gunakan untuk membasuh mata.
Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari cara mengobati penyakit bisul dengan obat bisul alami cepat sembuh. Selain obat bisul alami, Anda juga dapat menggunakan obat bisul salep yang dapat Anda gunakan juga sebagai obat bisul pada anak. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan badan dan lingkungan serta menjaga asupan makanan Anda.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */