Berbagai Obat Bisul Salep yang Efektif

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bisul merupakan adanya suatu benjolan merah pada kulit yang berisi nanah dan terasa sakit. Benjolan ini dapat muncul akibat dari infeksi bakteri yang dapat memicu adanya inflamasi atau peradangan pada folikel rambut. Gejala awal bisul dapat dimulai dengan warna kulit yang memerah, timbul benjolan yang terasa sakit, kemudian semakin membesar dan semakin sakit juga mulai berisi nanah. Bakteri yang dapat menginfeksi sehingga menjadi bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus yang merupakan bakteri gram positif yang berkoloni pada kulit dan permukaan mukosa manusia. Dimana sumber infeksi dari Staphylococcus aureus ini berasal dari lesi atau luka yang terbuka maupun dari barang-barang yang terkena lesi tersebut.

Dengan demikian cara pengobatannya dapat dilakukan dengan obat bisul salep atau dapat juga dengan menggunakan antibiotik baik yang bersifat bakterisidal dan bakteriostatik atau yang dapat membunuh bakteri maupun yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Kebanyakan obat bisul paling ampuh adalah dengan antibiotik, dimana antibiotik sendiri terdapat spektrum luas dan spektrum sempit yang mempunyai mekanisme kerja yang sama baik sebagai inhibitor atau penghambat sintesis dinding sel bakteri, inhibitor sintesis protein bakteri, mengganggu sintesis DNA bakteri, mengubah permeabilitas membran bakteri, dan menghambat sintesis asam folat bakteri.

Perbedaan Bisul Pada Bayi dan Bisul Orang Dewasa

Bisul biasanya muncul di tempat yang sering terkena gesekan dan berkeringat seperti ketiak, bokong, paha, leher, punggung, dan wajah pun terkadang sering terdapat bisul. Tetapi bisul terjadi bukan hanya kepada orang dewasa saja, bisul juga dapat terjadi pada bayi dan anak. Bisul yang muncul pada bayi hampir sama dengan bisul yang muncul pada dewasa yaitu benjolan merah yang bernanah. Namun mungkin yang membedakannya adalah penyebab munculnya, pada bayi bisul dapat disebabkan karena kekebalan tubuhnya yang kurang dan ketika hamil ibu mengalami diabetes gestasional yang menyebabkan kadar gula dalam tubuh bayi tinggi, gangguan sistem aliran darah, dan ada luka yang lama untuk sembuh.

BACA:  Penyakit Pada Sistem Pernafasan Manusia

Bayi kekurangan gizi dan vitamin yang membuat kekebalan nya berkurang, atau bayi yang menderita eksim, dimana awalnya terdapat bintik merah berkelompok yang banyak dan menjadi ruam. Sehingga dalam pengobatannya pun sedikit berbeda untuk obat bisul salep ada obat bisul untuk anak dan obat bisul untuk bayi. Banyak juga orang-orang di luar sana yang menganggap remeh bisul sehingga bisul sering dibiarkan hingga muncul nanah, dan nanah tersebut dikeluarkan dengan cara memecahkannya. Hal ini sangat tidak disarankan karena akan berakibat pada kulit yang menjadi berongga besar dan nantinya akan menjadi lekukan pada kulit, tentunya akan lebih membuat tidak percaya diri lagi. Sehingga agar lebih aman, dimulai dari mengenal tanda dan gejalanya terlebih dahulu kemudian melakukan pertolongan pertama.

Biasanya dengan pertolongan pertama yang cepat dan tepat tanpa perlu obat bisul akan mudah hilang, namun jika dalam beberapa hari bisul ini tidak mengecil dan hilang maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter atau apoteker. Karena baik dokter atau apoteker akan memberikan saran pengobatan yang terbaik untuk pasiennya dan sekaligus memberikan sedikit konseling terkait pengobatan dimulai dari memberi tahu cara pengobatan yang baik dan benar, efek samping, cara kerja obat, bahkan sampai pada memberikan hal apa saja yang harus dan tidak dilakukan.

Pengobatan Salep Untuk Bisul

Tanda gejala yang muncul pada bisul biasanya adanya benjolan yang awalnya kecil pada kulit dan di sekitar benjolan terdapat kemerahan yang nantinya benjolan akan sedikit membesar sampai berisi nanah jika dibiarkan, dan infeksi tersebut tidak hanya pada kulit namun bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Pengobatan untuk bisul ini bermacam-macam mulai dari cara tradisional sampai ke salep dan antibiotik. Untuk obat bisul salep pun bermacam yaitu obat bisul salep hitam atau salep ichtyol karena salep ini memiliki kandungan ichtammolum yang dapat berperan sebagai anti peradangan dan menghalai bakteri beserta jamur yang dapat memicu penyakit kulit lain. Dalam mengobati bisul, obat ini yang paling sering diketahui oleh masyarakat dengan nama obat bisul di apotek sebagai salep item obat bisul. Adapun obat bisul salep garamycin, salep betasin, obat bisul tablet, dan masih banyak lagi. Pemberian untuk obat oral tersebut atau obat tablet diberikan jika penyebab bisul adalah MRSA atau Meticillin Resistant Staphylococcus aureus, infeksi pada jaringan lunak sekitar, kekebalan tubuh yang lemah dan infeksi tersebut telah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Salep ichtyol

Salep ichtyol

Diantara obat bisul salep tersebut dapat digunakan untuk obat salep untuk bisul, baik untuk bisul di ketiak, untuk luka bisul, dan untuk salep bisul di kemaluan. Diantara obat-obat tersebut yang paling populer dikalangan masyarakat adalah obat salep hitam untuk bisul, atau salep hitam dimana obat ini berisi ichtammolum 10%. Tidak hanya itu ada juga obat yang dianggap ampuh oleh masyarakat adalah obat yang berisi gentamicin atau sering disebut dengan obat bisul betasin yang efektif dalam pengobatan infeksi akibat bakteri S.aureus dengan mekanisme kerja menghambat sintesa protein bakteri dan gentamicin juga merupakan antibiotik spektrum sempit untuk bakteri positif sehingga sangat cocok digunakan dalam pengobatan untuk Staphylococcus aureus. Antibiotik ini mudah untuk diserap oleh kulit sehingga berefek cepat untuk bisul.

BACA:  Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Usus Buntu dan Penyebabnya

Harga Obat Bisul di Apotek

Harga obat gentamicin pun tidak jauh berbeda dengan harga salep bisul lainnya meskipun hanya sedikit yakni sekitar Rp 37.000.- dan Rp 29.000,-. Obat-obat tersebut merupakan antibiotik yang penggunaannya terdapat batasnya masing-masing sesuai dengan resep. Karena jika dalam pengobatan yang dilanjutkan tetapi sudah tidak terdapat kulit yang memerah maupun benjolan tersebut lebih baik di hentikan saja dihawatirkan terjadinya resistensi terhadap antibiotik tersebut. Berbeda halnya dengan obat oral dimana pengobatan dengan menggunakan antibiotik harus dihabiskan karena jika tidak akan timbul resistensi terhadap antibiotik tersebut. Dan untuk antibiotik oral ini, sekarang hanya dapat dibeli di apotek jika terdapat resep dari dokter karena apoteker sudah tidak dapat memberikan antibiotik oral.

Pencegahan Bisul

Selain obat bisul salep tersebut ada juga cara mengobati bisul secara alami dengan menggunakan bahan alam seperti lidah buaya, temulawak, daun sirih, bawang putih, bawang merah, dan masih banyak lagi bahan alam yang dapat digunakan. Untuk obat alami dengan obat berbahan kimia seperti yang sudah memasyarakat bahwa cara menyembuhkan bisul dengan cepat adalah dengan menemui dokter dan meminta resep obat dan obat alami selalu lebih lama dalam penyembuhan. Tetapi obat bisul alami cepat sembuh apabila digunakan secara rutin dan bersamaan dengan menjaga kesehatan kulit juga. Tidak hanya itu, untuk mencegah terjadinya bisul ataupun mencegah bisul muncul kembali dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup yang sehat dan bersih dengan tidak  memakai pakaian secara bersama dengan orang lain, mencuci tangan sebelum makan, bersihkan dulu ketiak dengan sabun dan air bersih sebelum mencabut bulu ketiak, tidak boleh menggaruk atau sering memegang jerawat terutama jika belum mencuci tangan, tidak boleh menggosok kulit yang luka dan menjaga kulit dari bebas bakteri dengan mandi minimal 2x sehari.

BACA:  Penyakit Stroke Dan Penanganannya Serta Penyembuhannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */