Bau Badan Tak Sedap? Coba 10 Cara Menghilangkan Bau Badan Berikut Ini

Bau badan seringkali menjadi masalah yang mengurangi rasa percaya diri pada seseorang. Hal ini karena bau badan yang kurang sedap seringkali membuat orang sekitar menjadi risih berada di dekatnya. Lantas, bagaimana sih cara menghilangkan bau badan dan apa yang mengakibatkan munculnya bau badan kurang sedap? Bau badan yang menyengat bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa diantaranya adalah:

Bau badan karena obesitas. Tubuh gemuk biasanya lebih mudah mengeluarkan banyak keringat dibandingkan dengan orang yang bertubuh kurus. Hal ini lah yang menjadikan orang yang memiliki obesitas atau kelebihan berat badan biasanya memiliki bau badan tak sedap.

Hormon yang mengakibatkan produksi keringat berlebih sehingga timbul bau badan. Hormon biasanya menjadi salah satu faktor penyebab bau badan yang sulit untuk dihindari. Biasanya usia remaja banyak memiliki permasalahan bau badan dikarenakan hormon.

Konsumsi makanan pedas dan berminyak. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan pedas dan berminyak ternyata bisa memunculkan bau badan lho.

Penyakit. Munculnya bau badan juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu, seperti diabetes, dan yang lainnya.
Selain beberapa faktor penyebab bau badan tersebut diatas, masih ada faktor lainnya yang bisa memicu munculnya bau badan. Bagi Anda yang seringkali merasa terganggu dengan bau badan kurang sedap, tentu penting untuk mengetahui bagaimana sih cara menghilangkan bau badan secara alami. Pasalnya, jika bau badan yang kurang sedap justru tidak diatasi maka akan berdampak pada banyak hal, seperti kesulitan mendapatkan pasangan, menghambat karir, hingga menghambat proses sosialisasi dan interaksi dengan orang lain yang merasa terganggu berada di sekitar Anda.

10 Cara Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap

Cara Menghilangkan Bau Badan

Meskipun terbilang sepele, faktanya bau badan ini penting untuk segera diatasi. Ada banyak cara alami menghilangkan bau badan. Nah kali ini kita akan membahas 10 tips cara menghilangkan bau badan yang efektif dan bisa Anda coba lakukan sendiri di rumah. Yuk langsung saja simak tips lengkapnya di bawah ini:

  • Terapkan gaya hidup sehat Cara menghilangkan bau badan yang paling mendasar adalah mulai ubah gaya hidup jadi lebih bersih dan sehat, di mana cara ini merupakan cara paling ampuh dan bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya. Gaya hidup sehat yang harus diterapkan misalnya adalah mandi minimal 2 kali sehari, ganti sabun mandi dengan sabun anti bakteri, hindari merokok, dan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Dalam mengubah gaya hidup, pola makan juga termasuk di dalamnya. Tips yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya hindari makanan yang terlalu banyak mengandung rempah, makanan junk food, dan makanan dengan karbohidrat rendah. Jangan lupa hindari juga jenis minuman beralkohol, kurangi konsumsi kafein, kopi, dan soda. Makanan dan minuman tersebut justru akan berpotensi menyebabkan bau badan tidak sedap.
  • Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih. Daun sirih juga bermanfaat untuk membantu mengatasi bau badan. Melalui kandungan anti oksidan dan anti bakteri yang ada pada daun sirih, dapat membantu membunuh bakteri pada tubuh yang menjadi penyebab bau badan kurang sedap. Cara pengaplikasiannya juga mudah, cukup haluskan daun sirih sebanyak 2 sampai 3 lembar, lalu oles pada bagian ketiak yang seringkali menjadi sumber bau badan. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air bersih.
  • Cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis. Selain daun sirih, menghilangkan bau badan juga bisa diatasi dengan treatment atau perawatan alami menggunakan jeruk nipis. Bagaimana caranya? Pertama-tama, peras buah jeruk nipis lalu ambil air perasannya. Celupkan kapas pada air perasan jeruk nipis, lalu usap pada bagian tubuh yang menjadi sumber bau badan, misalnya ketiak. Tunggu selama kurang lebih 10 menit, lalu bersihkan. Untuk cara yang lebih ampuh juga bisa dengan memanfaatkan jeruk nipis plus kapur sirih. Caranya, ambil buah jeruk nipis sebanyak 2 buah, ambil air perasannya, lalu tambahkan kapur sirih pada air perasan jeruk nipis tersebut. Setelah merata selanjutnya bisa langsung diaplikasikan pada tubuh. Itulah cara menghilangkan bau badan dan ketiak dengan cara yang lebih alami tanpa efek samping.
  • Tips cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah mandi bersih dan jangan lupa gunakan deodorant. Jika bau badan disebabkan karena produksi keringat berlebih, penggunaan deodorant yang tepat dapat membantu mengurangi bau tak sedap dan bantu menyerap keringat.
  • Hindari stress. Ketika stress, maka akan memicu peningkatan hormon yang akan berakibat pada munculnya bau badan. Untuk itu salah satu cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih adalah dengan menghindari stress.
  • Perbanyak minum air putih. Konsumsi air putih yang cukup setiap hari ternyata bisa lho jadi salah satu cara ampuh menghilangkan bau badan. Cara ini juga bisa jadi alternatif cara menghilangkan bau badan pada anak.
  • Olahraga teratur. Ketika berolahraga, maka akan dapat membantu mengeluarkan keringat sehingga tubuh bebas dari bakteri dan bau badan. Tapi ketika sudah melakukan cara menghilangkan bau badan alami ini, jangan lupa langsung mandi bersih dengan sabun anti bakteri ya.
  • Jika bau badan disebabkan karena penyakit, misalnya diabetes, maka cara untuk menghilangkan bau badan yang harus dilakukan adalah dengan secara rutin melakukan kontrol gula darah. Jangan lupa hindari makanan-makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi.
  • Cara cepat menghilangkan bau badan juga bisa dilakukan dengan cara suntikan toksin botolium atau botox. Pengobatan ini dilakukan dengan cara menyuntikan cairan di daerah sumber bau, dimana cairan bekerja dengan cara mengurangi jumlah keringat.
  • Operasi. Cara ini mungkin terbilang cukup ekstrim, namun pada beberapa kasus jika memang banyak cara alternatif kurang ampuh, maka operasi bisa jadi cara menghilangkan bau badan secara alami dan permanen. Operasi dilakukan dengan cara mengangkat jaringan kelenjar keringat yang biasanya jadi sumber utama munculnya bau badan.
BACA:  Tips Menggemukkan Badan dengan Cepat dan Alami

Nah itulah beberapa tips menghilangkan bau badan sudah terbukti. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mengkombinasikan berbagai cara menghilangkan bau badan secara cepat tersebut diatas. Tips yang juga tak kalah penting adalah, ketika bau badan sudah mulai berkurang, jangan berhenti disitu saja. Gaya hidup sehat tentu harus dipertahankan agar bau badan pun tidak muncul lagi. Tips tambahan lainnya, hindari stress, perbanyak senyum dan teruslah berbahagia. Pribadi yang positif akan sangat membantu untuk memaksimalkan hasil dari cara menghilangkan bau badan dengan cepat. Semoga informasi seputar cara menghilangkan bau badan ini bisa bermanfaat untuk pembaca ya. Beberapa cara dengan bahan alami diatas juga bisa diterapkan sebagai cara menghilangkan bau badan pada bayi. Cari tahu juga tips tentang obat penghilang bau badan di apotek dan faktor-faktor penyebab bau badan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */