Mengenal Dan Mengetahui Cara Menghilangkan Bisul

Cara Menghilangkan Bisul, Jika anda memiliki benjolan disertai nanah dan terasa sakit di salah satu bagian tubuh Anda? Kemungkinan besar Anda terkena bisul. Bisul adalah sejenis infeksi pada kulit akibat dari bakteri yang akan menyebabkan inflamasi atau peradangan pada pori-pori kulit. Awal munculnya, bisul hanya berupa gatal dan kemerahan di area sekitar dan lama kelamaan akan meradang dan terasa sakit. Lalu timbullah benjolan biasa disertai dengan cairan warna putih di tengahnya. Biasanya benjolan tersebut akan meletus sendiri jika benjolannya semakin besar yang disertai dengan keluarnya nanah dan darah. Bisul biasa terdapat pada lipatan kulit manusia seperti ketiak, lipatan paha, leher, dan biasa juga menyerang pada kaki, tangan, bokong, bahu, serta mata.

     Penyebab bisul pada manusia

Penyebab bisul pada manusia.

Terkena bisul memang membuat tersiksa, apalagi yang terkena di daerah yang sering disentuh atau dipakai seperti bisul di bokong, Anda akan merasa tersiksa setiap kali ingin duduk atau tidak sengaja menyentuhnya. Bisul disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang biasa terdapat pada kulit manusia, ketika kulit Anda terluka baik karena gigitan serangga atau goresan, bakteri ini bisa masuk melalui luka tersebut terjadilah infeksi pada kulit Anda yang lama-kelamaan akan muncul bisul. Terdapat berbagai cara menghilangkan bisul baik Anda meminum obat atau menggunakan cara alami. Kebanyakan bisul akan meninggalkan bekas bisul ketika sudah meletus, hal ini tentu saja akan merusak keindahan kulit Anda, apalagi jika bisul di wajah atau di tempat yang sering terekspos sehari-hari.

 Gejala-gejala dan tanda bisul yang harus Anda ketahui

Gejala-gejala dan tanda bisul

Karena sifatnya yang mengganggu baik aktivitas sehari-hari Anda ataupun yang lainnya, karena di daerah bisul dan sekitarnya akan meradang sehingga terasa sakit baik ketika Anda menyentuhnya atau bersentuhan dengan pakaian dan benda-benda lain. Bisul biasanya ditandai dengan adanya benjolan kemerahan yang awalnya berukuran kecil.

BACA:  Penyakit Ginjal Kronik Bocor dan Pengobatannya
  1. Bisul dan daerah sekitarnya meradang dan terasa hangat, bisul juga akan terlihat bengkak dan memerah ini berarti infeksi bakteri tersebut sudah menyebar pada kulit Anda.

  2. Dari seukuran merica lama-kelamaan akan membesar yang biasanya berisi nanah dan darah.

  3. Terdapat mata bisul yaitu sejenis titik putih pada bagian puncak benjolan bisul.

Walau disebabkan oleh infeksi bakteri, bisul ini jarang membutuhkan perawatan medis, biasanya Anda hanya mencari cara menghilangkan bisul tersebut dengan obat-obatan dan bahan alami di rumah. Namun yang harus Anda perhatikan jika bisul Anda tersebut menyebabkan:

  1. Suhu tubuh Anda naik dari biasanya dan ada indikasi demam.

  2. Bisul Anda yang terus membesar bahkan melebihi diameter 5 cm, karena biasanya bisul hanya berdiameter kurang lebih 0,5 cm sudah pecah dan tentunya Anda merasa sangat sakit dan nyeri.

  3. Yang paling berbahaya adalah karena infeksi serius jika bisul Anda tumbuh di beberapa tempat bagian tubuh Anda.

  4. Anda juga harus memperhatikan jika terdapat bisul di hidung yang bisa mengganggu jalan pernapasan, atau pada wajah yang sudah mengganggu dan paling berbahaya adalah tumbuh di dalam tulang belakang yang bisa menyebabkan Anda lumpuh karena bisul tersebut akan menekan urat saraf.

  5. Bisul sering muncul, baru sembuh muncul lagi.

  6. Bisul tidak pecah dan begitu saja dalam rentang waktu 14 hari.

  7. Anda mengalami masalah terhadap autoimun tubuh sehingga Anda sering terkena bisul.

Jika terkena gejala dan tanda di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mencari cara menghilangkan bisul yang disarankan oleh dokter Anda.

Bisul bisa menyerang siapa saja dan dari kalangan usia berapa saja, bahkan bisul juga dapat menyerang bayi yang berusia 2-3 bulan. Berbagai faktor penyebab bisul menyerang bayi, biasanya karena alergi makanan dan paling penting adalah faktor kebersihan. Infeksi bakteri terjadi karena kulit Anda atau bayi Anda kotor dan jarang dibersihkan baik karena debu maupun keringat sehingga ketika terluka, bakteri dengan mudah masuk ke pori-pori kulit. Jika sudah begitu, Anda atau bayi Anda akan merasa tersiksa karena bisul akan terasa sangat nyeri. Bahkan bayi yang terkena bisul bisa mengakibatkan gejala demam dan membutuhkan penanganan medis lebih lanjut.

Ada beberapa cara menghilangkan bisul sebagai penanganan awal jika Anda atau bayi Anda terkena:

  1. Lakukan kompres air hangat

Salah satu cara menghilangkan bisul secara cepat dan efektif adalah dengan mengkompres bisul Anda dengan air hangat. Rendam handuk pada air hangat lalu letakkan pada bisul sekitar 2-3 menit, angkat lalu letakkan lagi. Lakukan 3-5 kali 3 kali sehari. Kompres air hangat akan membantu Anda meredakan rasa sakit bisul serta membuat nanah cepat berkumpul sehingga mempercepat bisul meletus. Satu yang perlu Anda ingat, jangan mencoba untuk meletuskan sendiri bisul tersebut apalagi nanah nya belum terkumpul dan belum matang. Hal ini hanya akan membuat tumbuh bisul baru pada tempat yang sama. Sebaiknya Anda biarkan meletus sendiri.

  1. Perhatikan kebersihan tubuh dan peralatan Anda.

Bisul terjadi karena adanya infeksi bakteri pada kulit Anda, hal ini dikarenakan tingkat kebersihan Anda yang kurang baik dari segi pakaian atau kebersihan tubuh sehingga bakteri mudah masuk ke tubuh Anda. Untuk bisul yang sudah pecah sebaiknya Anda membersihkan dengan kain kasa kering dan bersih lalu perban dengan rapi, harap ganti perban bisul Anda minimal dua hingga tiga kali sehari untuk mencegah bakteri masuk kembali, kalau perlu Anda sterilkan dengan alkohol atau obat anti septik lainnya karena bisul yang meletus akan meninggalkan bekas luka terbuka dan rentan terhadap kuman dan bakteri. Yang paling penting adalah jaga selalu kebersihan diri Anda, dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah mengobati bisul dan tentunya mandi setiap hari juga perlu agar bisul tidak tumbuh lagi di tempat lain.

Bisul akan meninggalkan bekas luka yang jika di wajah akan cukup mengganggu atau bisul di hidung Anda, ada beberapa tips alami cara menghilangkan bisul yang sudah lama yang dapat Anda lakukan:

  1. Dengan menggunakan daun sirih.

Daun sirih memiliki khasiat untuk membuat kulit mulus dan kembali seperti sedia kala, Anda tinggal mengambil beberapa lembar daun sirih dan menumbuknya hingga halus, campurkan sedikit air lalu oleskan ke bekas bisul Anda setiap hari.

  1. Dengan menggunakan mentimun.

Menggunakan mentimun adalah yang paling mudah dan aman untuk kulit terutama bisul di wajah, anda tinggal mengiris mentimun dan menempelkan irisannya pada bekas bisul beberapa menit.

Ada pula beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan bisul. Dengan bahan alami, Anda dapat mencoba cara menghilangkan bisul dengan bawang putih.

Bisul akan membuat orang yang terkena merasa nyeri jika tidak mengetahui cara menghilangkan bisul apalagi bisul pada bayi yang pasti akan membuatnya merasa tersiksa, Anda bisa membaca juga tentang “bisul pada bayi dan pengobatannya” untuk mengetahui lebih lanjut. Baca juga artikel penting lainnya, seperti “cara mengobati bisul yang sudah pecah” dan “makanan penyebab bisul” yang dapat memicu tumbuhnya bisul.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */