Cara Menghilangkan Kurap, Penyakit Saat Musim Pancaroba

Berbicara penyakit kulit, jumlahnya ada banyak sekali dengan gejala juga tingkatan yang berbeda-beda. Sebagian penyakit kulit dapat disembuhkan dengan mudah, sebagian lagi masuk dalam kategori penyakit kronis yang membutuhkan penanganan khusus. Salah satu penyakit kulit yang sering menyerang manusia adalah kurap. Cara menghilangkan kurap berbagai macam, dari mulai pengobatan dari dokter, sampai pengobatan tradisional. Karena kurap menyerang kulit, penyakit ini dapat muncul di semua bagian tubuh. Dari mulai wajah, sampai kaki. Lalu sebenarnya apa itu penyakit kurap? Bagaimana gejalanya sehingga penyakit kulit yang muncul adalah kurap? Mari kita bahas bersama-sama.

Penyakit Kurap Sering Muncul Di Selangkangan

Cara Menghilangkan Kurap

Seperti yang sudah disebutkan, penyakit kurap dapat muncul di bagian tubuh mana pun tanpa terkecuali. Mungkin ada dari Anda yang sedang diserang oleh penyakit ini dan mencari cara yang tepat untuk mengatasi masalah kulit ini. Bagian tubuh yang mudah terkenal ialah bagian selangkangan. Mengapa? Karena bagian tubuh yang satu ini mudah terkena jamur yang merupakan penyebab timbulnya kurap. Ada banyak cara menghilangkan kurap di selangkangan secara alami bila memang tingkatannya masih tergolong mudah disembuhkan. Begitu juga dengan cara menghilangkan bekas kurap di selangkangandengan cepat agar tidak mengganggu rasa percaya diri Anda. Gejala kurap pada bagian selangkangan berupa ruam berwarna merah dan sedikit kecokelatan. Ruam tersebut akan terasa sangat gatal. Untuk tingkatan awal, ruam dan rasa gatal tersebut terasa masih normal.

Tetapi untuk tingkatan lanjut, ruam tersebut dapat berubah menjadi bersisik atau permukaan kulitnya menjadi kasar. Warnanya juga menjadi lebih gelap yang memberi tanda bahwa penyakit kurap yang Anda derita di bagian selangkangan semakin terinfeksi dan harus segera diberi tindakan pengobatan. Masuk ke dalam tingkatan lebih lanjut, ruam kurap tersebut bisa mengeluarkan nanah. Kurap pada selangkangan juga mudah menyebar dan membuatnya muncul dalam jumlah lebih banyak seperti muncul pada bagian paha, bokong, atau bahkan kemaluan.Cara menghilangkan kurap di selangkangan paha dan juga cara menghilangkan kurap di kemaluan tergolong harus segera diberi tindakan adalah dengan mendatangi dokter kulit dan kelamin. Biasanya agar tidak menyebar dan masuk ke tingkatan yang lebih parah dokter memberi resep obat anti jamur dan peradangan. Begitu juga dengan cara menghilangkan kurap di bokong agar jamur yang menempel tidak membentuk spora baru dan lebih menyebar lagi.

BACA:  Obat Flu Untuk Bayi yang Tradisional Alami

Bagian Wajah Dan Leher Juga Dapat Terkena Kurap

Bagian tubuh lainnya yang dapat terkenal atau terserang kurap adalah wajah dan leher. Memang tidak banyak yang mengalaminya karena bagian wajah dan leher adalah bagian tubuh yang paling sering dibersihkan. Kurap pada wajah dan leher memiliki gejala berupa ruam dengan warna kemerahan, permukaannya kasar, menimbulkan rasa gatal, dan bila sering disentuh berubah menjadi kecokelatan. Semakin lama kurap pada wajah dan leher dapat melebar dan mengeras. Pastinya ada cara menghilangkan kurap yang muncul di wilayah tubuh sensitif tersebut. Tidak hanya mengganggu kenyamanan karena rasa gatalnya, tetapi rasa percaya diri juga menurun akibat kurap pada wajah dan leher. Cara menghilangkan kurap di wajah dengan cara menghilangkan kurap di leher sama saja. Dengan mengoleskan salep anti jamur yang tidak terlalu keras. Disertai meminum obat-obatan yang mengurangi peradangan dan infeksi secara rutin. Ada lebih baik bila Anda konsultasi dengan dokter ahli.

Kurap Pada Kaki Yang Sering Muncul

Sementara untuk kurap yang muncul di kaki memiliki gejala lain. Pada kaki, kurap biasanya muncul di sekitar area jari kaki. Ruam berwarna merah kecokelatan muncul dibarengi rasa gatal yang tidak nyaman. Selain itu area tersebut juga menjadi kering dan mengelupas, sehingga menimbulkan rasa perih bila bagian yang terkelupas bergesekan dengan alas kaki. Cara menghilangkan kurap di kaki biasanya cukup dengan mengoles salep anti jamur secara rutin dan menghindari menggunakan alas kaki yang tertutup. Tidak hanya itu, wajib juga untuk memerhatikan kebersihannya karena bagian kaki mudah terkena kotoran. Biasanya kurap pada kaki dan kurap pada selangkangan dapat terjadi berbarengan akibat perpindahan jamur yang tidak disengaja. Maka untuk cara menghilangkan kurap di kedua bagian tersebut lebih baik konsultasi ke pada dokter agar lebih cepat masa penyembuhannya dan tidak membuat jamur berpindah ke daerah lain.

BACA:  Obat Keputihan Karena Jamur yang Aman Digunakan

Tidak Hanya Gatal, Bekasnya Juga Perlu Penanganan

Sebagian penderita kurap tidak hanya risih atau terganggu dengan gejalanya yang berupa gatal dan terkadang menimbulkan rasa perih, namun bekasnya tidak kalah merugikan. Apa lagi bila kurap menyerang bagian-bagian tubuh yang terbuka dan tidak mudah untuk ditutupi. Cara menghilangkan bekas kurap yang menghitam sebenarnya terpatok akan waktu. Bekas dari kurap yang menghitam sama saja dengan bekas luka yang di mana kulit membutuhkan waktu cukup lama untuk memperbaikinya dan membuatnya kembali seperti kondisi sebelumnya. Semua bagian tubuh terkenal kurap yang meninggalkan bekas membutuhkan waktu minimal tiga bulan untuk beregenerasi, mengembalikan warna kulit yang telah berubah warna atau dapat dikatakan ‘hyperpigmentasion’. Begitu juga dengan cara menghilangkan bekas kurap di selangkangan dengan cepat yang menjadi bagian tubuh paling mudah terkena kurap, khususnya bagi para laki-laki yang aktif.

Tindakan Yang Tepat Sebagai Cara Menghilangkan Kurap

Tidak sedikit dari penderita penyakit kurap yang ‘membiarkan’ kurap menjadi lebih parah karena merasa penyakit ini tidak terlalu serius dan bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal penyakit ini disebabkan oleh jamur yang dapat berkembang dan menyebar ke bagian lain di tubuh. Ada cara menghilangkan kurap secara alami yang dapat Anda coba di rumah. Bahan-bahan alami yang dapat digunakan di antaranya minyak lavender, cuka apel, garam, bawang putih, pepaya hijau, dan minyak kelapa. Pilih salah satu bahan yang dirasa paling mudah untuk didapatkan dan diaplikasikan. Misalnya bawang putih yang memiliki kandungan anti jamur. Caranya, hancurkan bawang putih, lalu campur dengan minyak zaitun dan madu. Kemudian oleskan pada bagian yang terkena kurap, diamkan sekitar 1 jam sebelum dibersihkan. Jangan lupa untuk mencuci dan mengeringkan bagian kulit yang terkena kurap terlebih dahulu.Anda dapat lakukan setiap hari sampai kondisinya membaik.

BACA:  Obat Sesak Nafas Tradisional dari Ekstrak Jeruk Nipis

Pengobatan Kurap Dengan Anti Jamur

Kalau Anda ingin mengobati kurap dengan mendatangi dokter kulit dan kelamin, dokter akan memberi sejumlah resep yang berupa salep racikan anti jamur dan obat-obatan untuk diminum. Obatan-obatan tersebut biasanya berupa terbinafine, griseofulvin, atau itraconazole. Masa penyembuhan 1 sampai 3 minggu. Cara menghilangkan kurap ini akan berjalan lebih cepat dan maksimal bila tindakan serta pengobatannya juga lebih cepat dilakukan.
Semoga ulasan seputar penyakit kurap dan cara mengobatinya ini bermanfaat. Baca juga ulasan tentang obat kurap di apotik, obat gatal kurap tradisional, dan obat kurap mujarab untuk melengkapi proses pengobatan.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */