Cara Mengobati Kurap Dengan Bawang Dan Kunyit

Kurap merupakan salah satu penyakit kulit yang mudah menyerang manusia dan juga hewan. Penduduk Indonesia sendiri mudah terserang penyakit ini karena cuacanya yang membuat spora jamur kurap mudah tumbuh. Bukan hanya mengganggu karena menimbulkan rasa gatal, kurap juga sering membuat penderitanya kurang percaya diri akibat adanya ruam yang membekas dalam jangka waktu cukup lama. Cara mengobati kurap sebenarnya tidak sulit. Apa lagi bila disertai melakukan tindakan pengobatan secepat mungkin. Sayangnya tidak sedikit penderita kurap yang mengacuhkan penyakit ini karena dianggap biasa saja dan dapat sembuh tanpa harus pengobatan khusus. Mari kita telusuri bersama tentang penyakit kurap dan bagaimana cara mengobati kurap secara alami dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Gejala Kurap Pada Bagian Tubuh

Cara Mengobati Kurap Dengan Bawang Dan Kunyit

Dari segi gejala, ada sebagian penyakit kulit yang mengeluarkan gejala hampir sama. Tidak heran kalau banyak dari kita yang sering bingung dan salah menyimpulkan. Untuk penyakit kurap, gejalanya terdiri dari adanya ruam yang berbentuk seperti cincin, timbulnya rasa gatal pada ruam, dan area ruam menjadi lebih kasar. Sama seperti penyakit lainnya, kurap juga memiliki tingkatan. Semakin parah tingkatan, gejalanya juga semakin parah di antaranya area ruam menjadi semakin gelap kecokelatan dan mengeluarkan nanah. Dari cara mengobati kurap sampai cara menghilangkan bekas kurap yang menghitam menjadi berbeda. Apa lagi bila Anda membiarkannya dan tidak melakukan tindakan cepat.

Kurap Dapat Muncul Di Mana Saja

Kurap adalah penyakit kulit yang dapat muncul di mana saja. Dari kepala sampai kaki. Bagian wajah yang merupakan bagian paling sering diperhatikan saja dapat terkena kurap. Biasanya rupa dan kondisi penyakit kurap di setiap bagian tubuh berbeda-beda, tergantung pada letaknya. Pada kurap yang mengenai wajah, gejalanya berupa ruam kemerahan dengan rasa gatal. Cara menghilangkan kurap di wajah dapat dengan mengandalkan bahan-bahan alami atau juga salep khusus yang bekerja sebagai anti jamur untuk kulit. Anda dapat membelinya bebas di apotek tanpa resep dokter. Kurap pada wajah juga bisa merambat ke bagian tubuh terdekat seperti leher. Cara mengobati kurap di leher juga sama seperti pengobatan pada area wajah.

BACA:  Obat Keputihan Karena Jamur yang Aman Digunakan

Selain di bagian wajah dan leher, bagian tubuh lain yang mudah terserang jamur dan menimbulkan penyakit kurap ialah daerah selangkangan, kelamin, dan paha. Biasanya yang menderita kurap pada bagian ini adalah pria usia produktif. Tetapi pria usia lanjut dan wanita juga bisa saja terkena bila memang tidak menjaga kebersihan daerah tersebut dengab baik. Cara mengobati kurap di selangkangan dapat menggunakan obat salep dan obat oral yang bertujuan mematikan bakteri jamur serta peradangan. Ada lebih baiknya untuk menghindari memakai pakaian yang ketat saat masa pengobatan. Karena nantinya malah akan membuat kondisi kurap semakin parah dan meninggalkan bekas luka yang lebih menebal. Cara menghilangkan bekas kurap di selangkangan cukup sulit bila tingkatan penyakit kurap masuk ke dalam tingkatan tinggi.

Bagian tubuh lain yang mudah terkena kurap adalah area bokong. Mengapa dapat muncul di area bokong? Karena area bokong biasanya selalu tertutup dan mengalami gesekan. Penutupan dan gesekan tersebut dapat membuat spora jamur tumbuh dan menyebar. Sebenarnya penyebab utamanya bukan karena tertutup atau tergesek, namun karena kondisi area bokong yang lembap ditambah gesekan, membuat spora jamur masuk ke dalam pori-pori kulit. Cara mengobati kurap di bokong sama dengan kurap lainnya yaitu pengolesan obat salep dan menghindari memakai pakaian yang ketat. Perhatikan juga kebersihannya seperti jangan langsung memakai pakaian bila memang area bokong baru terkena air, Biasakan mengganti pakaian dalam secara rutin.

Area kaki yaitu sekitaran jari-jari kaki juga mudah terkena kurap. Kurap pada kaki dikarenakan kondisi kaki yang lembap dan kotor, juga dibarengi dengan memakai alas kaki tertutup. Gejalanya, timbul ruam pada area kaki. Ruam tersebut dapat mengelupas dan bernanah. Pada tingkatan lanjut, dapat terjadi luka pada ruam, serta pengelupasan. Cara mengobati kurap di kaki dapat dengan mengoleskan salep anti jamur secara rutin, diiringi dengan membersihkan kaki setelah beraktivitas dan menghindari memakai alas kaki yang tertutup selama masa pengobatan. Bila area kaki terkena air, jangan dibiarkan, tapi langsung keringkan dengan handuk.

BACA:  Penyebab Penyakit Liver dan Pencegahannya dan Pengobatannya

Kurap juga dapat mengenai dan muncul di area kepala. Gejala kurap pada kulit kepala biasanya tidak begitu disadari karena terasa seperti ‘ketombe’ dan gatal biasa. Karena sering diabaikan atau mengikuti cara mengobati kurap yang kurang tepat, kurap berubah menjadi lebih parah dengan membuat kulit kepala yang terkena lebih tebal dan bersisik. Selain itu pada area yang terkena kurap tersebut mengalami kerontokan rambut. Begitu juga saat tingkatan kian parah, area kulit kepala yang terkena kurap akan menjadi benjolan dan mengeluarkan nanah.Cara mengobati kurap di kepala yaitu rutin mencucui rambut dan kulit kepala menggunakan shampo khusus anti jamur. Ada lebih bai konsultasi pada dokter bila kondisi kurap semakin parah.

Bahan-Bahan Dalam Cara Mengobati Kurap Dengan Bahan Alami

Tidak hanya pengobatan dengan salep dan obat oral yang bisa didapatkan dari dokter atau apotek, cara mengobati kurap juga dapat menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami tersebut di antaranya adalah bawang putih dan kunyit. Mungkin ada dari Anda yang pernah mendengar tentang pengobatan penyakit kulit dengan kedua bahan tersebut. Bahkan tidak hanya kurap, penyakit kulit lainnya juga dapat disembuhkan. Cara mengobati kurang dengan bawang putih yaitu dengan menghancurkan bawang putih hingga halus, kemudian campurkan dengan beberapa tetes minyak zaitun juga madu. Oleskan pada ruam, diamkan sekitar 20 menit sebelum dicuci. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari. Bawang putih dapat membunuh jamur kurap karena adanya kandungan minyak atsiri.

Sementara dalam cara mengobati kurap dengan kunyit dapat dilakukan dengan membuat pasta dari bubuk kunyit yang dicampur sedikit air. Oleskan pada area yang terkena kurap, biarkan sekitar 20 menit. Hilangkan dengan air hangat agar noda kunyit cepat memudar. Sama seperti pemakaian bawang putih, Anda dapat melakukannya 2 sampai 3 kali dalam sehari. Kunyit juga dapat menjadi bahan untuk cara menghilangkan bekas kurap di selangkangan dengan cepat karena mengandung minyak volatile sebagai anti inflamasi yang mengatasi pigmentasi pada kulit. Bukan hanya kunyit dalam bentuk bubuk saja yang dapat digunakan untuk mengobati kurap, akar kunyit dan minyak kunyit juga dapat menjadi obat alami. Caranya dengan mencampurkan air pada akar kulit yang telah digiling, lalu oleskan pada bagian yang terkena kurap. Untuk minyak kunyit, dapat langsung dioleskan saja.

BACA:  Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Menyusui Yang Tepat

Itu dia ulasan seputar cara mengobati kurap dan bagaimana menggunakan bawang putih juga kunyit sebagai obat alami. Baca juga ulasan tentang cara menghilangkan kurap dengan cepat, obat kurap paling ampuh, dan obat kurap di apotik kimia farma untuk tambahan.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */