Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan di Tangan dan Kaki

Penyakit mata ikan dalam istilah kedokteran sering disebut dengan clavus. Dalam istilah sehari hari sering dikenal dengan sebutan kapalan. Biasanya muncul pada bagian telapak kaki, tangan bahkan jari jari tangan atau kaki.

Umumnya jika terkena mata ikan maka bagian kaki atau tangan yang terkena akan lebih keras kulitnya dibandingkan dengan bagian yang lainnya. Kulit keras yang menebal biasanya akibat terlalu sering menggunakan alas kaki yang tidak sesuai .

Ada ciri ciri khusus dari penyakit ini adalah berupa lapisan tebal pada sel kulit yang mati biasanya berwarna putih atau kuning. Kadang kadang permukaannya terlihat akibat terkelupas seperti kulit yang kering.

penyakit-mata-ikan-ditangan-kaki

Penyakit Mata Ikan di Kaki

Mata ikan juga memiliki biji yang terlihat kecil dan bulat rasanya cukup sakit. Selain sakit mata ikan juga bisa mengurangi harga diri jika anda ingin menggunakan sandal jepit atau sandal yang memperlihatkan kaki atau telapak kaki.

penyakit mata ikan di kaki disebabkan oleh adanya virus human papilomavirus. Virus untuk mata ikan ini merupakan virus jenis HPV-1 dan HPV-2. Untuk mata ikan yang ada di kaki disebabkan oleh virus HPV-1. Selain itu tekanan pada bagian telapak kaki atau kaki juga semakin membuat infeksi atau borok yang berlebihan.

Misalnya jika anda sering menggunakan sepatu atau sandal kekecilan. Apalagi jika penderita memiliki badan yang gemuk dan menggunakan sandal atau sepatu yang terlalu sempit maka hal ini akan memperparah mata ikan. Pasalnya untuk orang gemuk tekanan yang diberikan pada kaki tentu akan semakin besar.

Penyakit Mata Ikan di Tangan

Penyakit mata ikan di tangan disebabkan oleh virus HPV-2. Sama seperti pada mata ikan di bagian kaki pada bagian tangan juga bisa mengakibatkan infeksi jika tidak segera ditangani. Anda bisa mengobatinya dengan ke dokter atau menggunakan bahan bahan alami secara tradisional.

BACA:  Obat Flu Untuk Ibu Menyusui Yang Aman Untuk Bayi

Biasanya jika anda mengobati mata ikan di rumah sakit anda akan disarankan untuk melaksanakan bedah minor atau bedah kecil untuk mengambil akar dari mata ikan. Sehingga jika anda terkena mata ikan sebaiknya anda segera mengobatinya.

Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan

Cara mengobati penyakit mata ikan bisa dilakukan menggunakan cara tradisional dengan membuat ramuan sendiri dirumah. Cara tradisional juga terbukti ampuh bahkan tidak beresiko Jika dibandingkan dengan menggunakan bahan bahan kimia. Selain itu bahannya juga mudah diperoleh.

Anda bisa menggunakan cuka sari apel, pepaya, bawang putih dan lemon. Untuk menggunakan cuka sari apel caranya adalah dengan merendam bagian yang terkena mata ikan dengan larutan cuka sari apel. Rendam kira kira 25 menit. Setelah itu gosoklah dnegan menggunakan batu apung. Kemudian perban mata ikan dengan perban yang telah dibasahi cuka apel. Setelah seminggu akan terlihat perbedaannya.

Bahan alami bisa dibuat menjadi ramuan atau salep untuk mata ikan. Pepaya bisa digunakan untuk mengobati mata ikan. Caranya dibuat jus kemudian dioleskan pada mata kaki. Jika anda menggunakan bawang putih, caranya adalah dengan menggosokkan irisan bawang putih pada mata ikan kemudian perban mata ikan dengan lumuran bawang putih halus.

Lemon juga bisa digunakan untuk mengobati mata ikan. Caranya dengan mengoleskan cairan lemon tiga kali sehari agar mata ikan menjadi lunak sehingga bisa digosok dengan batu apung. Penyakit mata ikan bisa disembuhkan dengan ramuan tradisional. Kunci agar tak terkena mata ikan adalah dengan menjaga kebersihan kaki dan tangan.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. Tips Kesehatan dan Kecantikan
  2. uil
    • Gusfi
  3. soim kizmark
  4. anggi
  5. Ara Tamara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */