Cara Menyembuhkan Batuk Kering dengan Tips Sehat

Batuk kering merupakan jenis batuk yang sedikit atau tidak memiliki dahak. Batuk kering dapat terjadi pada siapa saja. Umumnya, batuk kering terjadi karena adanya kuman dan bakteri di dalam tenggorokan. Kuman dan bakteri tersebut menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman sehingga penderita biasanya akan memaksa tenggorokan agar batuk.

Pada beberapa kasus, penderita batuk kering tidak hanya batuk-batuk, namun ia juga akan mengalami gangguan pada rongga pernafasan, gangguan selera makan, sakit kepala dan sebagainya. bahkan, orang yang terus memaksakan batuk mungkin juga bisa batuk darah jika batuk kering yang dialaminya disertai dengan darah. Berikut ini diuraikan cara menyembuhkan batuk kering.

Cara Menyembuhkan Batuk Kering

cara-menyembuhkan-batuk-kering

Obat Kimia Dari Dokter. Cara paling praktis untuk mengobati batuk kering adalah dengan obat kimia yang diresepkan oleh dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat yang mengandung zat ekspektoran. Dengan zat ini, dahak yang mungkin ada dalam tenggorokan bisa diredakan sehingga ketika batuk dahak akan keluar.

Sementara itu, selain ekspektoran, ada zat lain yang bisa mengobati batuk kering yaitu supresan. Obat batuk dengan kandungan supresan digunakan karena ia akan bekerja untuk mengurangi perasaan ingin batuk. Cara menyembuhkan batuk kering seperti yang telah dijelaskan merupakan pengobatan kimia terhadap batuk kering.

Pengobatan Tradisional. Cara menyembuhkan batuk kering juga dapat dilakukan dengan resep tradisional. Pengobatan batuk kering seperti ini memanfaatkan bahan-bahan herbal yang dapat diolah sendiri. Bahan-bahan herbal yang bisa digunakan sebagai obat adalah kulit jeruk mandarin, bunga mawar, air garam, madu dan lada, serta buah-buahan dengan banyak kandungan vitamin C.

Air ramuan kulit jeruk mandarin dan kencur dapat diminum saat hangat saat batuk kering menyerang. Sementara jika menggunakan mawar, maka bunga tersebut di tim dan dicampur dengan gula batu. Ramuan ini dapat diminum 2 kali sehari.

BACA:  Obat Sakit Perut Mencret Untuk Keluarga Anda

Diantara cara menyembuhkan batuk kering secara alami seperti yang disebutkan di atas, resep menggunakan air garam, serta madu dan lada merupakan yang paling mudah dilakukan. Rebusan air garam bisa digunakan untuk berkumur sebanyak 3 kali sehari. Jika anda memilih pengobatan dengan madu dan lada, anda bisa menggunakan sesendok madu dan sejumput lada saja. Campuran keduanya dijilat perlahan-lahan. Pengobatan dengan madu dan lada harus dilakukan sesudah makan.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */