Cara Menyembuhkan Bisul Dari Alami Sampai Sintetis

Bisul merupakan benjolan atau adanya nodul atau papul yang muncul di kulit yang terdapat nanah kekuningan yang terjadi di rongga atau jaringan integumen akibat dari infeksi bakteri, debu maupun kotoran. Benjolan yang muncul pada jaringan integumen dan berisi nanah ini lebih sering disebut dengan pustul. Bisul sendiri terjadi akibat dari kurangnya ketahanan tubuh terhadap bakteri. Atau lebih tepatnya lagi jika terdapat benda asing yang masuk kedalam tubuh melalui suatu jaringan misalnya kulit maka dapat membunuh sel yang ada di sekitarnya dan menyebarkan toksin. Toksin ini yang dapat membuat peradangan atau inflamasi pada tubuh dan sel darah putih yang mengalir ke daerah tersebut dapat meningkatkan aliran arah merah namun terendap pada adanya bisul.

Bisul biasanya terjadi pada anak-anak yang sering bermain yang terkena debu atau bakteri. Namun tidak memungkinkan juga terjadi pada dewasa dan keadaan yang bersih. Sehingga kita sebagai orang yang dianggap bersih harus tahu bagaimana cara menyembuhkan bisul agar kelak jika ada pasien yang terkena bisul dapat mengobati sendiri, baik itu dengan pengobatan alami atau bukan. Penyebab bisul dapat terjadi akibat dari infeksi bakteri yang sebagian besar disebabkan oleh Staphylococcus aureus. Bakteri ini ditemukan pada kulit tanpa memicu infeksi apapun, namun infeksi akan terjadi apabila bakteri masuk hingga ke folikel melalui luka gores atau gigitan serangga. Terkadang bakteri dari bisul juga bisa menyebar ke bagian lain tubuh, seperti menyebar di lapisan kulit akan timbul selulitis, impetigo atau luka melepuh, dan yang lebih parah lagi penyebaran ini dapat memicu terjadinya sepsis yang berpotensi menyebabkan infeksi pada organ tubuh lain.

Sumber gambar wikipedia

Bisul sering muncul di tempat-tempat seperti wajah, ketiak, leher, paha, dan tempat lain yang sering mengalami gesekan dan berkeringat. Gejala utama pada bisul biasanya muncul benjolan pada kulit dan di sekitar benjolan tersebut sedikit memerah. Jika infeksi telah menyebar ke kulit sekelilingnya diketahui dengan terasa hangat jika di sentuh dan bengkak. Benjolan tersebut akan bertambah besar dan berisi nanah. Dalam kondisi seperti ini, biasanya bisul dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan atau terapi ke dokter. Namun, bisul juga dapat berakibat buruk jika pasien mengalami demam, benjolan yang terus menerus membesar dan terasa sakit, di lokasi yang sama namun tumbuh lebih dari satu, tidak sembuh dalam beberapa hari dan sering kambuh. Jika hal tersebut terjadi maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara menyembuhkan bisul tersebut. Adanya bisul di kulit tersebut sangat meresahkan dan membuat tidak percaya diri terutama di tempat yang mudah terlihat oleh orang seperti wajah. Maka dari itu orang yang menderita bisul lebih banyak mencari cara menghilangkan bisul di hidung, di muka atau wajah secara alami terdahulu untuk pertolongan pertama, karena dengan pertolongan pertama bisul tidak akan begitu terlihat benjolannya sehingga dapat mempertahankan kepercayaan diri ketika sedang berhadapan dengan orang lain.

BACA:  Penyakit Paru-Paru Basah dan Pengobatannya

Pengobatan Bisul di Rumah yang Alami

Bawang Putih

Pengobatan untuk cara menyembuhkan bisul secara alami dapat dengan menggunakan bawang putih, parutan mentimun, ubi jalar, daun cabai, daun kangkung, lidah buaya, temulawak, daun sirih, masih banyak lagi. Sedangkan cara untuk mengobati bisul di miss V dan bisul yang sudah pecah lebih baik menggunakan salep atau antibiotik tertentu yang memang di indikasikan untuk bisul. Adapun cara menyembuhkan bisul yang lebih efektif dan aman adalah dengan menggunakan salep dan antibiotik karena dapat bekerja langsung membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri. Jika bisul yang dialami tidak sembuh dan secara kebetulan sedang tidak ada bahan alam, menyembuhkan bisul dengan cepat menggunakan pertolongan pertama dapat digunakan. Yakni dengan mengompres bisul dengan air hangat dengan menggunakan kain lembut dan dibasahi dengan air hangat. Ditempelkan ke bagian bisul selama minimal 3x sehari, kompres dapat membantu menguras rasa sakit dan dapat membuat nanah berkumpul di puncak benjolan. Setelah itu pijit halus bagian pinggiran benjolan sehingga nanah dapat keluar, begitu cara memecahkan bisul tanpa rasa sakit. Kemudian bersihkan bisul yang pecah dengan kain kasa dan alkohol juga sabun antibakteri. Setelah itu cuci tangan dengan bersih agar bakteri tidak menginfeksi bagian tubuh yang lain.

Kebanyakan orang akan segera berkonsultasi ke dokter jika bisul yang muncul ada di wajah karena dikhawatirkan akan membekas sehingga nanti akan lebih menurunkan kepercayaan diri seseorang terutama wanita. Untuk cara menyembuhkan bisul di wajah, di ketiak, di telinga, di bokong dan di kepala memang lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk pengobatannya. Atau mungkin bisa langsung ke apotek untuk membeli salep bisul dengan konsultasi ke apoteker, namun tidak akan diberi obat antibiotik. Jika Anda ingin pengobatan antibiotik Anda mau tidak mau harus menemui dokter terlebih dahulu untuk mengetahui antibiotik mana yang cocok untuk cara menyembuhkan bisul tersebut. Mungkin seperti itulah bagaimana cara menghilangkan bisul dan mengobati bisul yang bernanah. Jika bisul pada dewasa dapat kita cermati dengan ciri tersebut, namun bagaimana halnya jika bisul pada bayi baru lahir?

BACA:  Gejala Penyakit Jantung Koroner, Lemah, dan Bengkak

Bisul pada bayi terjadi ketika adanya akar keringat rambut atau pori-pori kulit bayi yang mengalami infeksi. Dimana hal ini dapat terjadi karena ibu yang melahirkan mengalami diabetes gestasional, kurangnya gizi pada bayi, kekebalan bayi yang kurang, bayi yang terkena penyakit eksim, dan iritasi kulit bayi. Untuk cara pengobatannya hampir sama dengan pertolongan pertama pada bisul pada dewasa. Yaitu dengan membersihkan bisul yang sudah pecah dan kompres dengan air hangat, tidak boleh menekan bisul dan juga tidak boleh sering menyentuh bisul bayi, terakhir oleskan madu pada bisul bayi tersebut.

Perawatan Kulit Penderita Bisul

Selain dengan pengobatan oleh dokter dan apoteker atau pengobatan dengan bahan alam, cara mengobati bisul dapat dengan kesehatan kulit juga yang harus tetap terjaga. Anda juga harus memperhatikan pola hidup Anda karena kekebalan tubuh yang buruk dapat membuat rentan terhadap bakteri dan dapat menyebabkan bisul, sehingga Anda harus dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda sendiri untuk menghindari bisul dengan cara memulai diet sehat makanan bergizi dan mengubah pola hidup Anda, seperti rajin berolahraga dan tidur teratur. Untuk dapat mencegah bisul dapat dilakukan beberapa hal seperti mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan kamar mandi, sebelum mencabut bulu ketiak lebih baik di bersihkan terlebih dahulu dengan sabun dan air bersih, tidak boleh mengeluarkan komedo atau bekas jerawat dengan kuku terutama jika belum cuci tangan, untuk menjaga kulit bebas bakteri disarankan agar mandi minimal 2x sehari, hindari menggosok kulit yang luka, mencuci pakaian, seprai, dan handuk, dan yang terakhir menghindari pemakaian bersama baju, celana, kaus kaki, dan handuk dengan orang lain meskipun merupakan keluarga. Dengan kebiasana hidup sehat, kita bisa mengurangi adanya gejala dan penyakit bisul di keluarga kita, mari kita mulai hidup sehat.

BACA:  Penyebab Penyakit Herpes pada Kulit Dan Pengobatannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */