Ciri Ciri Awal Penyakit Meningitis Pada Anak dan Orang Dewasa

Ciri ciri meningitis mungkin belum diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Penyakit ini memang belum begitu familiar di telinga masyarakat. Terkadang, mendengar nama penyakit ini saja, masyarakat masih harus berfikir untuk mencernanya.

Penyakit meningitis adalah salah satu penyakit yang menyerang otak. Penyakit yang pernah menyerang artis Olga Syahputra ini memiliki gejala yang sebenarnya sering tidak disadari penderitanya. Makanya, agar anda tidak terkena penyakit yang membahayakan otak ini, ketahuilah gejala dan ciri-cirinya sejak awal.

Sebelum anda mengetahui gejala penyakit meningitis, tak ada salahnya anda mengetahui sekilas tentang penyakit meningitis. Penyakit meningitis ini adalah penyakit yang menyerang pada otak manusia. Bagian otak yang diserang adalah selaput otak dan selaput saraf tulang belakang.

Ciri Ciri Awal Penyakit Meningitis

ciri ciri penyakit meningitis

Penyakit yang menyerang selaput otak yang bernama meninges ini disebabkan oleh infeksi pada selaput karena virus atau bakteri sehingga selaput meninges menjadi bengkak bahkan meradang. Makanya, agar anda tidak terserang penyakit otak yang bernama meningitis ini, simak informasi tentang ciri ciri penyakit meningitis berikut ini.

Penyakit meningitis nyatanya bukan hanya bisa menyerang orang dewasa. Penyakit yang menyerang selaput meninges ini bisa menyerang siapa saja bahkan anak-anak. Tentunya, jika penyakit tersebut menyerang anak-anak, akan lebih terasa menyiksa karena anak belum bisa mengeluh kesahkan apa yang dirasakannya sehingga anda sebagai orang dewasa yang mesti waspada akan gejalanya.

Karena penyakit meningitis adalah penyakit yang menyerang otak, tentu saja ciri ciri awal penyakit meningitis adalah sakit kepala. Sakit kepala yang menyerang penderita kerap kali terjadi sehingga itu bisa dikatakan sangat menyiksa.

Ciri Ciri Meningitis Pada Anak dan Orang Dewasa

Jika anda sudah mengetahui gejala awal penyakit meningitis, kini saatnya anda mengetahui beberapa ciri-ciri meningitis pada anak. Sudah disinggung sebelumnya bahwa mengenali gejala penyakit pada anak bukan hal yang mudah karena anak belum begitu bisa mengungkapkan apa yang sedang dirasakannya.

BACA:  Penyakit Mata Ikan dan Merah serta Glukoma

Tetapi menurut para ahli medis, ada beberapa ciri ciri meningitis pada anak yaitu: anak mengalami demam tinggi tetapi pada bagian tangan dan kakinya terasa dingin. Gejala yang selanjutnya adalah kerap menangis dan terlihat bingung, tetapi jika disentuh anak tidak mau. Ada lagi gejala yang lain dari penyakit meningitis pada anak, yaitu anak sering mengantuk dan jika sudah tidur, ia sangat sukar dibangunkan.

Sebenarnya, gejala penyakit meningitis pada anak-anak dan orang dewasa hampir sama. Tetapi ciri ciri meningitis pada orang dewasa dikatakan lebih kompleks. Biasanya, penderita yang divonis terserang penyakit meningitis akan sering mengalami sakit kepala yang hebat. Bukan hanya sakit kepala yang menyerang, tetapi anda juga akan sering muntah muntah. Muntah-muntah tentu saja ada hubungannya dengan otak. Karena otak mengalami gangguan akibat infeksi, keseimbangan pada otak juga akan terganggu sehingga penderita akhirnya sering muntah-muntah.

Ciri lain pada orang yang terserang meningitis adalah leher yang terasa kaku. Leher kaku disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar ke otak. Orang dewasa yang menderita meningitis juga mengalami demam yang tinggi sampai 38 derajat.

Bukan hanya itu saja, jika penyakit meningitis sudah mulai memerah, sakit kepala yang sering terjadi juga akan dibarengi dengan nafas yang cepat, penderita juga akan lebih sensitive terhadap cahaya, serta keluarnya bintik bintik merah pada badannya. Ya, memang tidak semua penderita penyakit meningitis mengalami gejala keluar bintik-bintik merah karena gejala ini hanya akan dialami para penderita yang sudah parah. Semoga informasi tentang ciri-ciri meningitis di atas bermanfaat bagi para pembaca!

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Penyakit Meningitis Pada Orang Dewasa




Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */