Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Gula Darah Basah dan Kering

Waspada terhadap tanda atau ciri ciri penyakit gula merupakan langkah penting yang harus dilakukan dalam rangka pencegahan penyakit yang semakin parah. Anda harus benar-benar tahu dan mengenal bagaimana ciri ciri orang terkena penyakit gula karena memang cenderung tampak seperti ciri penyakit yang ringan sehingga banyak orang yang menyepelekannya.

Penyakit gula atau yang biasa dikenal juga dengan nama diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang tergolong mengkhawatirkan. Pasalnya penyakit yang satu ini bisa memicu resiko penyakit lain yang lebih parah atau bahkan hingga resiko terburuknya yaitu kematian. Untuk itu, jangan meremehkan ciri atau gejala seringan apapun karena gejala ringan bisa saja memicu gejala penyakit yang lebih berat.

Ciri Ciri Penyakit Gula Darah

ciri-ciri-penyakit-gula-darah-basah-kering

Penyakit gula atau diabetes sendiri merupakan penyakit yang memiliki beberapa jenis seperti gula darah, gula kering dan basah. Secara umum, ketiga jenis penyakit ini sebenarnya memiliki ciri-ciri yang cenderung sama dan harus benar-benar diwaspadai. seperti ciri ciri penyakit gula darah misalnya, yaitu sering mengalami kesemutan.

Kesemutan tentu merupakan hal yang wajar dialami manusia dan kebanyakan orang tentu menganggapnya bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan. Namun siapa sangka jika hal yang ringan ini justru merupakan salah satu gejala diabetes yang masuk dalam kategori berbahaya? Kasus Kesemutan ini sendiri terjadi akibat kadar glukosa di dalam darah yang berlebih, merusak sistem saraf. Jadi, jangan remehkan kesemutan.

Ciri lainnya adalah intensitas buang air kecil yang cenderung sering. Ini memang cukup wajar, akan tetapi sekali lagi jangan pernah menyepelekannya. Salah satu gejala penyakit gula ini juga terjadi akibat kadar glukosa yang tinggi dalam darah sehingga insulin menjadi berkurang dan mengakibatkan kinerja ginjal dalam menyaring glukosa menjadi tidak maksimal.

BACA:  Ciri Ciri Penyakit Kista Rahim dan Ovarium Pada Perempuan

Ciri Ciri Penyakit Gula Basah dan Kering

Hal ini membuat ginjal mengambil banyak air dari darah dan akhirnya kandung kemih menjadi penuh. Karena keseringan buang air kecil ini juga menyebabkan tubuh menjadi sering haus. Ini juga merupakan salah satu ciri penyakit gula yang harus anda waspadai.

Selanjutnya ada ciri atau gejala lain berupa turunnya berat badan dengan drastis secara tiba-tiba. Gejala ini terjadi disebabkan oleh kinerja pankreas yang tidak lagi maksimal akibat serangan virus sehingga produksi insulin menjadi menurun. Kondisi ini kemudian mengakibatkan sel-sel tubuh tidak mendapatkan glukosa dan menggantinya dengan memecah lemak dan jaringan otot yang seharusnya diolah tubuh menjadi energi.

Tubuh pun akhirnya kekurangan asupan energi sehingga membuat berat badan menjadi turun secara drastis. Maka anda jangan senang jika berat badan anda turun karena anda menginginkan tubuh ideal karena bisa jadi penurunan berat badan ini merupakan gejala diabetes yang seharusnya anda waspadai. Hal yang sama juga berlaku pada penyakit gula basah. Hanya saja pada ciri ciri penyakit gula basah, penurunan berat badan tidak terjadi secara drastis, akan tetapi bertahap dan cenderung tidak tampak sebagai gejala penyakit.

Selain itu, ada pula ciri berupa sering merasa lelah dan tubuh menjadi lemah. Ini merupakan salah satu ciri ciri penyakit gula kering yang terjadi akibat produksi glukosa yang terhambat sehingga pendistribusian makanan yang akan diolah menjadi energi ikut terhambat dan asupan energi pun berkurang. Hal inilah yang akhirnya membuat tubuh menjadi lemah dan sering lelah.

Anda juga jangan menyepelekan ciri lain seperti kulit kering, penglihatan yang cenderung kabur, mengalami luka yang tak kunjung sembuh dan sering memar. Waspadailah karena semua itu merupakan ciri ciri penyakit gula dan segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin.

BACA:  Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri pada Manusia

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */