Ciri – Ciri Orang Terkena Penyakit Tipes pada Anak dan Orang Dewasa

Ciri-ciri penyakit tipes memang harus diketahui sejak dini. Penyakit tipes bukan termasuk penyakit yang berbahaya tetapi jika dibiarkan saja akan menyebabkan penyakit yang lebih fatal. Supaya bisa mengatasinya sejak dini, anda harus mengetahui gejala awal dan cara penanganan penyakit tipes ini. Penyakit tipes bisa menyerang siapa saja, entah anak-anak maupun orang dewasa.

Secara umum ciri-ciri penyakit tipes pada anak hampir sama dengan ciri pada orang dewasa. Penyakit tipes atau dalam bahasa medisnya disebut sebagai typoid fever merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas mengenai gejala awal dan pengobatan yang tepat untuk penderita tipes.

Penyebab Terkena Penyakit Tipes

ciri-ciri-terkena-penyakit-tipes-pada-anak-anak

Pertama mari kita bahas mengenai penyebab penyakit tipes. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, penyakit tipes ini disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Secara umum penyakit ini disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang sudah terinfeksi bakteri salmonella type ini.

Makanan atau minuman yang sudah terinfeksi bakteri tersebut akan menginfeksi usus dan menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya. Biasanya anda yang kurang menjaga kebersihan, makan atau minuman yang kotor akan sangat mudah terinfeksi bakteri ini. ditambah lagi dengan daya tahan tubuh yang menurun, ini akan membuat tubuh anda akan sangat mudah terinfeksi penyakit tipes.

Ciri – Ciri Orang Menderita Penyakit Tipes

Ciri-ciri orang terkena penyakit tipes sebenarnya bisa dideteksi sejak awal. Supaya tidak semakin parah. Gejala awal dari penyakit tipes sebenarnya hampir sama dengan penyakit demam pada umumnya. Oleh karena itu biasanya orang-orang akan menyadarinya jika sudah parah.

Ciri yang pertama adalah demam tinggi. Biasanya suhu demamnya mencapai 39 sampai 40 derajat celcius. Terutama pada malam hari, akan lebih tinggi dibandingkan pada siang hari. Demam ini akan berlangsung terus menerus kurang lebih selama 1 minggu. Jika anda merasakan hal ini, cobalah untuk melakukan test darah lebih lanjut.

BACA:  Penyakit Kulit Eksim Basah Pada Bayi dan Pengobatannya

Ciri-ciri penyakit tipes pada orang dewasa selanjutnya adalah nafsu makan yang menurun, sakit kepala yang berlangsung lama, nyeri otot. Sembelit atau diare,lemas, muncul ruam merah dan masih banyak lainnya. Untuk sembelit biasanya di alami oleh orang dewasa sedangkan diare di alami oleh anak-anak.

Jika anda mengalami hal-hal tersebut kurang lebih selama 3 hari berturut-turut, cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Lakukan test darah, supaya anda mengetahui hasilnya dengan pasti. Dengan begitu anda bisa melakukan pengobatan lebih lanjut.

Cara Mengobati Penyakit Tipes

Anda sudah mengetahui penyebab dan ciri penyakit tipes. Kini saatnya anda mengetahui cara mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi ini. Buat anda yang masih dalam tahap awal biasanya akan diberi anti biotic dan analgesic oleh dokter.

Tetapi jika tipes ada sudah semakin parah biasanya harus diberikan obat melalui infuse. Ini akan membantu mempercepat pemulihan. Untuk obat alaminya anda bisa menggunakan obat cacing tanah. Cacing tanah mengandung banyak protein yang akan membantu membunuh bakteri yang menginfeksi usus anda.

Selain itu anda juga harus banyak beristirahat dan makan makanan yang bergizi. Untuk orang yang menderita tipes sangat dianjurkan untuk makan makanan yang halus atau lembut terlebih dahulu. Seperti bubur, hal ini dikarenakan usus masih belum bisa memproses makanan yang terlalu berat. Untuk ciri-ciri penyakit tipes sudah sembuh, biasanya demam akan mulai turun, sudah mulai nafsu makan dan lebih sehat. Itulah beberapa yang bisa saya sampaikan mengenai ciri-ciri penyakit tipes.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */