Ciri – Ciri Penderita Terserang Penyakit HIV pada Pria dan Wanita

Human immunodeficiency virus atau yang lebih dikenal dengan istilah hiv ini memang telah memakan banyak korban manusia di Indonesia, bahkan diseluruh dunia sekalipun. Virus yang satu ini merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Cara penularan virus hiv ini pun cukup beragam. Dimana salah satunya yaitu melakukan hubungan seks tanpa menggunakan alat pengaman.

Selain itu juga, virus hiv ini juga bisa ditularkan melalui penggunaan jarum suntik secara bergantian dengan orang yang positif mengidap hiv, melalui tranfusi darah ataupun ibu yang hamil positif mengidap hiv dan otomatis anaknya juga mengidap penyakit yang sama. Tentunya bagi seseorang yang positif mengidap penyakit ini akan muncul ciri-ciri penyakit hiv. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Ciri – Ciri Penyakit HIV AIDS

tanda tanda terserang penyakit hiv aids

Seseorang kebanyakan tidak menyadari apabila dirinya telah terserang virus hiv. Namun infeksi virus tersebut pada sistem immune tubuh juga menimbulkan beberapa gejala atau ciri yang sebenarnya bisa di sadari. Dimana salah satu ciri-ciri penyakit hiv adalah mengalami demam yang cukup tinggi hingga mencapai 38 derajat celcius.

Tidak hanya itu munculnya gejala tersebut juga di sertai dengan pembengkakan getah bening sehingga menyebabkan rasa yang nyeri pada tenggorokan. Pada tahap selanjutnya, saat virus telah bergerak di aliran darah, penderita akan merasa cepat lelah. Dimana hal tersebut di akibatkan oleh sistem immune tubuh yang bekerja aktif melawan virus tersebut.

Ciri-ciri penderita penyakit hiv aids selanjutnya adalah munculnya ruam-ruam pada kulit. Kemunculan ruam-ruam tersebut berbentuk juga seperti bisul ini akan tidak kunjung sembuh. Dimana bisul tersebut berwarna merah dan akan terasa gatal. Jika bisu tersebut hilang pada bagian tubuh yang satu akan muncul pada bagian tubuh yang lainnya.

BACA:  Epidemiologi, Latar Belakang Penyakit Diare dan Pencegahannya

Ciri-ciri penyakit hiv lainnya, penderita akan mengalami rasa mual yang disertai dengan muntah. Hal ini disebabkan sistem immune tubuh yang sudah menurun sehingga sangat mudah berbagai virus ataupun bakteri menyerang tubuh, dimana salah satunya adalah virus flu. Pada tahap yang lebih lanjut, penderita juga akan mengalami diare yang berkepanjangan.

Tanda – Tanda Terserang Penyakit HIV AIDS pada Pria dan Wanita

Selain mengalami flu terus menerus, penderita hiv juga akan mengalami batuk-batuk kering. Munculnya batuk kering ini juga masih berkaitan dengan penurunan sistem immune di dalam tubuh. Dengan demikian pengobatan obat batuk juga tidak akan mampu menyembuhkan batuk tersebut. Dengan berbagi macam ciri-ciri penyakit hiv diatas juga akan menjadi berat badan si penderita akan mengalami penurunan secara drastic. Penurunan berat badan tersebut bisa mencapai 10 hingga 20 persen dari total berat badan sesungguhnya.

Ciri-ciri terserang penyakit hiv aids ternyata juga dapat di bedakan atas jenis kelamin si penderita hiv. Dimana ciri-ciri penyakit hiv yang umumnya juga di alami oleh penderita hiv yang pria sekalipun. Dimana yang lebih mencolok yaitu terserang candidiasis yang menyebabkan tubuh menjadi gatal-gatal. Selain itu penyakit hiv juga di tandai dengan muncul nya bintik-bintik yang biasa disebut dengan candidiasis. Ciri ciri penyakit hiv pada pria mulai di rasakan saat pertama kali virus tersebut memulai menginfeksi sistem immune tubuh. ‘

Begitu pula ciri-ciri penyakit hiv pada wanita juga tidak jauh berbeda dengan ciri-ciri yang muncul pada penderita pria. Pada tahap selanjutnya, ciri ciri penyakit hiv ini juga akan di tandai dengan kripsokoka meningitis. Dimana keadaan ini merupakan infeksi yang telah terjadi pada otak. Dengan demikian penderita akan mengalami demam, sakit kepala leher kaku , dan merasakan bingung. Ciri-ciri tersebut juga bisa digunakan menentukan apakah seorang anak kecil mengidap penyakit tersebut ataupun tidak.

BACA:  Penyakit Tidak Menular dan Pencegahannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */