Ciri-Ciri Penyakit Diabetes Insipidus Kering pada Pria dan Wanita

Ciri-ciri penyakit diabetes banyak orang yang tidak mengetahuinya. Sehingga dibiarkan saja dan berlanjut sampai parah. Ciri dari penyakit diabetes ini memang sulit dideteksi. Perlu dilakukan test secara khusus supaya lebih mudah mengetahui.

Tetapi ada beberapa ciri yang sebenarnya bisa menjadi gejala awal dari penyakit diabetes. Mungkin dulu penyakit diabetes hanya dialami oleh orang dewasa. Tetapi sekarang sudah banyak anak muda bahkan bayi yang terkena penyakit gula ini. penyakit diabetes ini disebabkan oleh kandungan gula yang berlebih di dalam darah. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai penyakit diabetes militus ini.

Faktor Utama Penyebab Penyakit Diabetes

tanda tanda penyakit diabetes

Secara umum ada dua jenis penyakit diabetes. Pertama diabetes militus tipe 1 dan diabetes militus tipe II. Untuk diabetes militus tipe I tubuh tidak bisa memproduksi insulin sendiri. Jadi harus dilakukan suntik insulin secara rutin, sedangkan diabtes militus tipe II masih dapat menghasilkan insulin sendiri di dalam tubuh tapi dalam jumlah kecil.

Factor utama penyakit diabetes adalah pola hidup yang tidak sehat, sering konsumsi makanan yang manis dan akibat keturunan. Penyakit diabetes ini memang termasuk penyakit keturunan. Jika orang tua anda mempunyai penyakit diabetes, anda juga berisiko menderita penyakit diabetes militus. Dibawah ini akan saya bahas satu-satu mengenai ciri-ciri penyakit diabetes.

Sering Buang Air Kecil

Ciri-ciri yang pertama adalah sering buang air kecil. Mungkin bagi orang biasa hal ini merupakan hal yang wajar. Tetapi untuk orang diabetes, akan mengalami kencing yang lebih sering dan banyak. Terutama pada malam hari. Pada malam hari frekuensi ingin buang air kecil lebih banyak.

Terkadang sampai 5 kali dalam satu malam. Sering buang air kecil ini, diakibatkan oleh tingginya kadar glukosa dalam darah anda. kandungan insulin di dalam darah menurun dan membuat kinerja ginjal menurun, sehingga anda akan buang air kecil terus menerus. Sering buang air kecil ini, bisa menjadi ciri-ciri penyakit diabetes kering.

BACA:  Penyakit Pada Ginjal dan Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Ciri Ciri Penyakit Diabetes pada Wanita dan Pria

Sering Kehausan

Ciri yang selanjutnya adalah sering kehausan. Pada penyakit diabetes hal yang paling berpengaruh adalah kadar insulin yang semakin menurun. Kadar insulin yang menurun akan membuat kerja ginjal menurun dan membuat anda sering buang air kecil.

Ketika anda banyak buang air kecil, pastilah anda akan sering merasa kehausan. Ciri-ciri penyakit diabetes pada wanita sebenarnya hampir sama pada laki-laki. Ketika anda merasa haus, harus segera minum. Dengan banyak minum terutama air putih akan membantu penghancuran glukosa di dalam darah. Sehingga system metabolisme anda sedikit demi sedikit akan normal. Tetapi jangan konsumsi minuman yang banyak mengandung gula.

Sering Merasa Kesemutan

Sering kesemutan bisa menjadi ciri-ciri penyakit diabetes pada pria. Rasa kesemutan ini biasanya terjadi pada bagian tangan dan kaki. Dalam istilah medis, sering kesemutan ini dinamakan neuropati. Hal ini disebabkan oleh kandungan glukosa yang tinggi di dalam darah, sehingga akan membuat kinerja saraf menjadi terganggu. Banyak orang yang tidak menyadari gejala diabetes satu ini. Mereka menganggapnya sebagai kesemutan biasa. Tetapi jika dibiarkan terus menerus akan semakin merusak kinerja saraf di dalam tubuh.

Ciri-ciri penyakit diabetes insipidus lainnya adalah berat badan yang menurun dratis, sering merasa lemas dan masih banyak lainnya. Biasanya tubuh akan menurun dan kulit seperti kering. Jika hal-hal yang saya sebutkan diatas, sudah anda alami segeralah untuk memeriksanya ke dokter.

Jika ditangani lebih lanjut, anda bisa melakukan diet gula dan olahraga secara teratur. Jika dibiarkan begitu saja, diabetes anda semakin parah dan anda harus disuntik insulin terus-menerus. Salah satu ciri-ciri penyakit diabtes yang sudah parah adalah ketika terluka akan sulit untuk kering.

BACA:  Gejala Awal Penyakit Jantung Koroner, Bengkak dan Lemah

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */