Ciri Ciri Penyakit Kista Rahim dan Ovarium Pada Perempuan

Belakangan ini sangat lekat dengan wanita, dimana resiko kista semakin meningkat. Hal itu di buktikan oleh banyaknya kasus wanita yang tanpa di sadari ternyata memiliki kista atau pun miomi di dalam dinding rahim.

Nah sebenarnya apa itu yang di sebut dengan kista. Bagi anda yang belum memahami, dan bagi remaja, kista merupakan sebuah penyakit atau tumoe yang bentuknya mirip dengan kapsul obat. Namun di dalam kapsul tersebut mengandung cairan. Untuk lebih mudah membayangkannya, bisa di kiaskan menjadi balon yang di dalamnya terdapat airnya.

Mengenai ukuran kista tersebut sangat beragam. Letak kista ini tidak hanya di bagian dinding rahim saja. Melainkan kista ini juga bisa tumbuh pada dinding vagina. Pasalnya dinding vagina juga merupakan sel kelenjar bartolini. Tentunya pengobatan kista ini akan lebih baik jika di ketahui sejak awal atau ukuran kista masih kecil. Untuk itulah setiap wanita sangat perlu mengetahui ciri ciri penyakit kista.

Ciri – ciri Penyakit Kista pada Wanita

ciri-ciri-awal-penyakit-kista-rahim-ovarium-wanita

Tentunya setiap wanita tidak menginginkan terdapat kista di dalam dinding rahim ataupun didinding vaginanya. Mengingat kista ini akan mampu mengakibatkan resiko kanker dan tumor endometrial. Tidak hanya itu pada tahap selanjutnya, kista juga bisa mengakibatkan terjadinya kemandulan. Nah untuk itulah penanganan sejak dini sangat di butuhkan. Seorang wanita dituntut untuk perhatian akan kesehatan diri sendiri terutama mengenai ciri ciri penyakit kista.

Usia rentan seoran wanita mengidap kista yaitu pada usia 20 hingga 3 tahun. Pada usia tersebu bisa di pastikan akan memungkinkan muncul kista non neoplastik ataupun kista neoplastik. Dimana ciri-ciri awal penyakit kista ini dapat ditentukan, apakah kista tersebut membutuhkan tindakan operasi atau tidak. Mengingat kista non neoplastic ini bisa disembuhkan dengan obat-obatan yang dikonsumsi.

BACA:  Penyakit Ginjal Penyebab Dan Pencegahannya

Namun hal tersebut juga berkaitan dengan mempertimbangkan besar kecilnya ukuran kista tersebut. Ciri ciri penyakit kista selanjutnya adalah ketika perut terasa tertekan dengan rasa sakit yang muncul sudah sangat sering. Hal itu merupakan gejala dari penyakit ini.

Tanda – Tanda Penyakit Kista Rahim dan Ovarium

Ciri ciri penyakit kista juga bisa di buktikan ketika seorang perempuan sedang malakukan hubungan suami istri. Dimana saat melakukan hubungan badan, panggul sang wanita akan terasa nyeri yang tak tertahankan.

Dengan munculnya ciri-ciri penyakit kista rahim tersebut sudah bisa dicurigai bahwa anda mengidap kista. Namun alangkah baiknya anda terlebih dahulu melakukan pemeriksaan. Selain itu yang menjadi gejala kista adalah merasakan nyeri yang hebat pada bagian panggul ketika akan memasuki masa haid ataupun setelah masa haid.

Pada tahap yang telah parah, ciri ciri penyakit kista ditandai dengan perut dan dada seorang wanita akan terjadi pembengkakan. Selain itu di perut akan terasa kembung banyak angin di dalamnya. Hal tersebut juga bisa di buktikan saat buang air kecil apakah kandung kemih terasa tertekan. Hal tersebut mengakibatkan frekuensi dalam buang air kecil menjadi semakin meningkat. Selain ciri-ciri di atas, juga terdapat ciri-ciri penyakit kista ovarium diantaranya adalah perut terasa sakit ketika di gunakan untuk beraktifitas dan bergerak. Hal tersebut di akibatkan adanya robekan kista yang mengakibatkan pendarahan

Pada kasus yang telah banyak di tangani oleh dokter, seperti yang di ungkapkan di atas, bahwa kista juga terdapat kista neoplastic yang dimana membutuhkan penanganan operasi untuk pengobatan. Inilah yang dinamakan sebagai miom.

Dimana miom ini merupakan kista yang tidak berisi air namun benjolan padat yang berupa daging tumbuh. Nah tentunya gejala-gejala miom maupun kista tidak bisa diprediksi dengan langsung, melainkan ciri-ciri penyakit kista dan miom perlu mendapat pemeriksaan lebih lanjut oleh tenaga ahli dokter kandungan. Nah itulah beberapa ciri ciri penyakit kista yang bisa menjadi sumber ilmu bagi anda.

BACA:  Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Usus Buntu dan Penyebabnya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */