Ciri Ciri Penyakit Maag Kronis Akut Kambuh

Ciri ciri penyakit maag merupakan gejala atau tanda yang timbul ketika seseorang menderita penyakit maag. Penyakit maag merupakan rasa tidak enak atau bahkan nyeri di daerah lambung, dan biasanya tepat di ulu hati.

Penyakit yang seringkali disebut juga dengan sakit radang lambung ini bisa menyerang siapapun dan di usia berapapun. Dan jika penyakit ini telah memasuki kategori kronis, intensitas sakit penderita tak lagi hanya sebuah rasa nyeri di daerah lambung, akan tetapi meningkat hingga bisa membuat penderitanya muntah darah.

Ciri Ciri Penyakit Maag Kronis dan Akut

Bahkan sangat perlu diwaspadai karena maag kronis bisa berujung kepada liver. Untuk itu, mengenali ciri ciri penyakit maag kronis sejak dini merupakan hal yang sangat penting agar bisa ditindak lanjuti lebih awal.

ciri-ciri-penyakit-maag-parah-akut-kronis

Sebelum membahas lebih jauh mengenai ciri ciri penyakit maag akut atau kronis, ada baiknya jika anda tahu terlebih dahulu tentang penyebab terjadinya penyakit maag sebagai alternatif pencegahan sebelum maag bisa bersarang di tubuh anda. Maag merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri pada daerah lambung akibat meningkatnya produksi asam lambung.

Nah peningkatan produksi asam lambung ini, terjadi karena beberapa faktor penyebab seperti terlambat makan dan setelahnya makan dengan porsi yang berlebihan, makan dengan makanan yang pedas dan asam, mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan dengan dosis yang tinggi dan juga faktor stres yang berlebihan. Jadi, hindarilah hal-hal tersebut agar tidak memicu naiknya asam lambung yang berujung pada penyakit yang satu ini.

Ciri Ciri Penyakit Maag Kambuh yang sudah Parah

Secara umum, maag memang ditandai dengan rasa nyeri dan juga perih di daerah lambung. Jika anda telah mengidap maag, ciri ciri penyakit maag kambuh biasanya berupa rasa panas, mual dan rasa melilit pada perut seperti diperas.

BACA:  Gejala Penyakit Tipes Pada Anak dan Pengobatannya

Anda juga akan merasakan nafsu makan anda menghilang secara drastis akibat rasa mual yang terus-terusan menyerang anda. Maag kambuh juga bisa anda ketahui dengan tanda-tanda seperti sendawa berkepanjangan atau juga seperti perasaan masuk angin meskipun anda tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu masuknya angin ke dalam tubuh.

Ketika rasa mual tersebut bertambah dan dibarengi dengan muntah, maka anda harus melakukan tindakan lebih lanjut karena ini merupakan salah satu ciri ciri penyakit maag yang sudah parah. Sesuatu yang dimuntahkan pun tak seperti muntahan biasanya karena muntahan ini biasanya berwarna kekuningan dan memiliki bau yang sangat menyengat.

Intensitas Rasa mual yang diikuti muntah ini juga cenderung sering, meskipun perut anda dalam keadaan kosong. Hal ini tentu membuat rasa yang sangat tidak nyaman karena mulut menjadi masam dan seketika rasa pusing juga menyerang.

Ciri lainnya yang harus anda waspadai juga adalah diare. Diare merupakan gejala umum yang dialami oleh penderita maag dan biasanya dipicu oleh faktor makanan yang dikonsumsi seperti makanan asam ataupun pedas. Ini mungkin hal yang juga wajar dialami orang. yang membedakannya adalah penderita maag biasanya mengalami diare atau buang air besar biasa dengan warna tinja yang cenderung menghitam. Hal ini disebabkan karena saluran pencernaan bermasalah dan bercampur dengan darah.

Jika anda mendapati ciri-ciri yang sama terjadi pada anda, maka yang perlu anda lakukan tentu saja memeriksakan diri ke dokter agar diketahui kejelasannya. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan penanganan lebih awal untuk mencegah maag yang lebih parah karena maag yang kronis atau akut bisa memicu penyakit lainnya seperti liver. Demikian ulasan mengenai penyakit maag dan ciri-cirinya. Kenali ciri ciri penyakit maag sejak dini untuk mencegah potensi maag menjadi lebih parah.

BACA:  Macam Macam Penyakit Hati dan Penyebabnya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */