Ciri-Ciri Penyakit TBC Pada Bayi , Anak dan Orang Dewasa

ciri-ciri penyakit tbc sepertinya menjadi sesuatu yang wajib untuk kita ketahui, hal tersebut tentu saja mengingat bahwa penyakit tuberculosis atau tbc ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit tbc ini juga merupakan salah satu penyakit yang menular dan bisa berpotensi serius untuk mempengaruhi kinerja paru.

Untuk itu sangat perlu kiranya bagi anda untuk mengenali ciri-ciri dari penyakit yang satu ini, tentu saja dengan tujuan agar penderita segera mendapatkan pengobatan dan penyakit berbahaya ini tidak semakin menyebar secara luas. Lantas apa saja ciri-ciri dari penyakit tbc ini? simak dalam penjelasan singkat berikut ini.

Ciri – Ciri Penyakit TBC pada Bayi, Anak dan Orang Dewasa

ciri-ciri-orang-terkena-penyakit-tbc

Sebelum membahas apa saja ciri-ciri orang yang terkena penyakit tbc, sebelumnya anda juga wajib tahu jika penyakit tbc ini ada 2 jenis, yakni TBC laten dan TBC aktif. TBC laten merupakan suatu kondisi di mana seseorang yang terinfeksi TBC terjangkiti bakteri di dalam tubuhnya namun dalam keadaan yang tidak aktif serta tidak menimbulkan gejala.

Akan tetapi TBC laten ini bisa saja berubah menjadi TBC aktif, maka dari itu pengobatan rutin sangat diperlukan. Sedangkan TBC aktif merupakan suatu kondisi di mana seseorang terinfeksi bakteri TBC serta bisa menyebarkan atau menularkannya ke orang lain.

ciri-ciri penyakit tbc pada bayi atau anak di bawah umur 5 tahun pada umumnya, latent TBC nya tak akan terlihat sama sekali bahkan pada saat dilakukan pemeriksaan oleh dokter dengan menggunakan X-ray sekalipun bakteri Mycobacterium tuberculosis tidak akan terdeteksi.

Hingga akhirnya pada suatu saat bakteri tersebut akan nampak pada saat dokter melakukan pengecekkan atau tes tuberculin skin terhadap bayi atau balita penderita TBC, jika hasil tes tersebut menyatakan positif itu artinya bayi atau balita tersebut tengah mengidap penyakit TBC dan sangat membutuhkan penanganan medis yang serius.

BACA:  Macam Macam Penyakit Hati dan Penyebabnya

Sedangkan untuk ciri-ciri penyakit tbc pada anak sebenarnya juga masih susah untuk diketahui, hal tersebut sering menimbulkan salah prediksi. Namun begitu, berikut beberapa gejala atau ciri-ciri yang biasa didapati pada anak penderita TBC, di antaranya adalah demam dengan waktu yang lama maupun berulang, anoreksia atau hilang nafsu makan, berat badan anak tidak kunjung bertambah, gangguan gizi atau malnutrisi.

Selain itu anak menjadi letih, lesu, lemah, loyo, lemas dan lambat. Ciri atau gejala lain adalah batuk yang lama serta berulang yang mirip dengan gejala asma. Ciri atau gejala TBC lain pada anak adalah diare yang berulang.

Kemudian untuk ciri-ciri penyakit tbc pada orang dewasa sebenarnya malah sangat gampang dikelani, di antaranya adalah sering mengalami panas atau demam yang tak terlalu tinggi namun berlangsung dengan waktu yang lama atau berulang. Selain itu seseorang yang mengidap penyakit TBC ini biasanya akan berkeringat pada saat malam hari. Seseorang dengan TBC biasanya juga akan sangat mudah terkena flu yang berulang.

Kemudian gejala atau ciri lain dari penyakit TBC ini adalah semakin menurunnya berat badan serta hilangnya nafsu makan. Gejala atau ciri lainnya adalah batuk berkepanjangan yang jika kondisinya parah akan disertai dengan darah. Kemudian gejala lain yang dialami jika seseorang terserang penyakit TBC adalah perasaan tubuh yang mudah lelah, letih, lemas dan loyo. Demikian sedikit informasi mengenai ciri-ciri penyakit tbc semoga bisa bermanfaat.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */