Ciri Ciri Penyebab Penularan dan Diagnosa Penyakit Ebola

Ebola adalah nama sebuah virus yang mematikan. Penyakit ebola pertama kali di temukan di afrika pada tahun 1976 di republik kongo. Penyakit yang diakibatkan oleh virus ebola ini telah menjadi penyakit endemik yang paling mematikan di afrika terutama di kongo.

Penyebaran penyakit ini telah meluas ke banyak negara di dunia. Walaupun ditemukan sejak 35 tahun yang lalu hingga kini penyakit ebola belum bisa disembuhkan. Penyebaran penyakit ini sangat mematikan. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui ciri ciri penyakit ebola.

Penyebab dan Hewan Penyebar Penyakit Ebola

ciri-ciri-penyakit-ebola-penularan-penyebab-diagnosa

Penyebab penyakit ebola adalah virus ebola yang disebut dengan filovirus. Virus jenis ini merupakan virus yang membuat seseorang terkena demam yang sangat tinggi kemudian diikuti pendarahan yang berada di luar tubuh. Ada beberapa jenis dari virus ebola itu sendiri. Jenis ini dibedakan berdasarkan lokasi dimana virus ini ditemukan.

Ada beberapa jenis virus ebola yaitu ebola bundibugyo, ebola reston, ebola tai forest, dan ebola zaire. Virus ebola sendiri merupakan virus yang berasal dari kelelawar buah yang ada di afrika. Virus ini merupakan virus zoonotic atau virus yang ditransmisikan dari hewan ke manusia. Selain itu sesama manusia juga bisa menularkan virus ini.

Baca Juga :

Penyakit yang disebabkan oleh Virus yang menyerang Manusia

Jenis dan Penyebab Penyakit Menular dan Tidak Menular

Ciri Ciri Penderita Penyakit HIV pada Pria dan Wanita

Gejala Penyakit Meningitis pada Balita , Anak dan Orang Dewasa

Hewan penyebar penyakit ebola antara lain adalah simpanse, antelope, gorilla, monyet dan landak porcupine. Hewan hewan tersebut merupakan hewan yang bisa menularkan penyakit ini dari hewan ke manusia. Jika manusia telah terkena penyakit ini maka virus ini bisa di tularkan baik ke binatang atau manusia lainnya.

BACA:  Penyebab Penyakit Herpes Pada Kulit Dan Pengobatannya

Caranya adalah dengan mentransmisikan virus ke cairan tubuh. Penderita ebola bisa menularkan penyakit ini melalui beberapa cairan seperti Asi, tinja atau kotoran, air liur, sperma ( di dalam sperma bahkan virus ini dikabarkan bisa bertahan hingga 3 minggu) ,keringat dan urine.

Penularan Penyebaran dan Diagnosa Penyakit Ebola

Berbagai cairan tubuh tersebut yang membawa virus ebola akan bisa menular ke manusia lainnya melalui kontak tubuh. Kontak yang bisa menyebabkan penularan penyakit ebola melalui kontak dengan mata, hidung, mulut ataupun kulit orang yang terluka.

Oleh karena itu pekerja medis yang menangani penderita penyakit ebola sangat rentan untuk terkena penyakit ini. Selain itu ebola juga menyebar akibat benda yang telah di gunakan oleh penderita ebola dan terjangkiti virus. Seperti jarum suntik ataupun berinteraksi dengan binatang. Bahkan serangga seperti nyamuk bisa menjadi penyebar virus ebola.

Diagnosa penyakit ebola bisa di lihat dengan tanda-tanda yang menyertai oleh penderita penyakit ebola itu sendiri. Penyakit ebola akan terlihat menunjukkan gejalanya yang spesifik setelah 3 minggu virus itu berada di dalam tubuh manusia.

Beberapa gejala yang umum nampak adalah diare, demam, pusing, nyeri otot, mules, pendarahan tanpa ada sebab yang jelas, muntah dari muntah biasa hingga darah. Jika hal ini terjadi bahkan hingga demam diatas suhu 101,4 F sebaiknya segera mendapat pertolongan medis yang tepat.

Ciri ciri penyakit ebola pada umumnya sangat mirip dengan gejala flu atau malaria atau thypoid. Namun penyakit ini akan segera berubah karena mas ainkubasi virus untuk menyerang tubuh hanya dalam waktu 2 atau tiga hari.

Jika penderita tersebut di diagnosis menderita ebola maka harus segera di isolasi. Hal ini penting untuk melindungi penyebaran penyakit ebola lebih meluas. Pemahaman mengenai seluk beluk penyakit ini sangat penting. Karena bahaya ebola yang bisa menyebar dengan cepat dan mematikan

BACA:  Penyakit Lupus dan Pengobatannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */