Ciri Penyakit Ginjal dan Pengobatannya

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Ginjal menjadi tempat penyaringan semua zat yang masuk dan keluar dalam tubuh kita. Jika ginjal mengalami gangguan akan banyak sekali akibat yang dapat mengganggu system pada tubuh manusia.

Terutama yang paling mengalami gangguan adalah system metabolisme tubuh. Ada banyak sekali jenis penyakit ginjal ada batu ginjal, gagal ginjal, infeksi saluran kemih dan masih banyak lainnya. Berikut beberapa ciri penyakit ginjal yang bisa anda ketahui. Supaya lebih waspadai tentang penyakit satu ini.

Jika mengetahui sejak dini tentang gejala dan juga ciri penyakit ginjal. Anda menjadi lebih cepat untuk menanganinya. Jika semakin parah gangguan pada ginjalnya akan menyebabkan hal yang lebih berbahaya seperti kematian. Hal ini terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat dan juga terlalu sering menahan buang air kecil. Jika sering menahan buang air kecil akan mengakibatkan rusaknya system metabolisme pada ginjal. Untuk penderita diabetes lebih mudah untuk terserang penyakit ginjal.

ciri-penyakit-ginjal-pengobatannya

Ciri Penyakit Ginjal dan Pengobatannya

Bengkaknya Bagian Pergelangan Tangan dan Kaki

Gejala pertama pada ciri sakit ginjal awal adalah dengan membengkaknya pada bagian pergelangan tangan dan juga pada pergelangan kaki. Hal ini dikarenakan fungsi ginjal yang sudah tidak maksimal. Akibatnya banyak kotoran dalam tubuh yang tidak terbuang dengan sempurna sehingga mengakibatkan pembengkakan. Cairan-cairan dalam tubuh yang terkumpul akan mengumpulkan dan membentuk benjolan. Terkadang pembengkakan tersebut tak hanya terjadi pada tangan dan kaki. Tetapi juga terjadi pada wajah atau bagian tubuh lainnya. Jika anda merasakan pembengkakkan tersebut maka anda harus waspada.

Penurunan Berat Badan Yang Drastis

Orang yang menderita penyakit ginjal akan mengalami berkurangnya nafsu makan sehingga mengakibatkan berat badan yang turun dengan drastis. Makanan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk tubuh. Makanan membawa banyak nutrisi untuk melancarkan semua system dalam tubuh manusia. Sedangkan pada penderita ginjal akan mengalami gangguan pada proses penyerapan nutrisi dan juga proses pembuangan kotoran dalam tubuh. Tetapi walaupun anda menderita penyakit ginjal harus tetap memasukkan nutrisi yang banyak dalam tubuh. Supaya daya tahan tubuh tetap sehat. Daya tahan tubuh menjadi salah satu kunci utama seseorang sehat dan kuat.

BACA:  Penyakit Kulit Eksim Basah Pada Bayi dan Pengobatannya

Sesak Napas dan Sering Cepat Lelah

Gejala awal penyakit ginjal yang selanjutnya adalah sering merasa sesak nafas dan juga lebih cepat merasa lelah. Akibat gangguan pada fungsi ginjal akan menjadikan fungsi ginjal tidak bekerja dengan maksimal. Sehingga hormone yang dihasilkan oleh ginjal tidak optimal. Hormone tersebut yang membantu darah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika ginjal mengalami gangguan, hormone tersebut akan mengalami pengurangan produksinya. Sehingga darah merah, dan trombosit tidak menyebar secara merata ke seluruh tubuh. Ciri penyakit ginjal dan pengobatanya tersebut harus anda waspadai sejak dini.

Untuk mengobati penyakit ginjal bisa dengan menggunakan obat tradisional seperti kumis kucing. Tetapi itu jika penyakit ginjalnya belum parah. Tetapi jika sudah parah harus dilakukan cuci darah setiap bulannya atau operasi ginjal baru. Jadi anda harus menjaga dengan benar ginjal anda, agar terhindar dari penyakit ginjal yang berbahaya. Itulah beberapa ciri penyakit ginjal semoga dapat memberi sedikit informasi. Hal yang harus anda pahami untuk sehat itu tidak mahal dan anda hanya cukup menjalankan pola hidup yang tepat.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */