Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Asma pada Manusia

Apa sajakah penyebab penyakit asma itu? Anda tentu harus tahu penyebab terjadinya penyakit asma agar bisa melakukan pencegahan lebih awal dan terhindar dari penyakit sesak nafas ini. Asma sendiri merupakan masalah pada saluran pernafasan. Asma terjadi pada keadaan dimana saluran pernafasan tubuh mengalami penyempitan yang disebabkan aktivitas berlebihan pada rangsangan tertentu sehingga terjadi peradangan dan menimbulkan rasa sesak ketika bernafas.

Penyempitan saluran pernafasan sendiri bisa dipicu oleh beberapa faktor atau rangsangan seperti asap, debu, bulu binatang, udara dingin dan lain sebagainya. Keadaan nafas yang sesak tentu sangat membuat tidak nyaman bahkan membahayakan karena saluran pernafasan yang merupakan salah satu alat untuk hidup ini bermasalah. Untuk itu, tetap simak ulasan kami tentang penyakit asma ini berikut cara mengatasinya.

Penyebab Penyakit Asma Pada Manusia

penyebab-penyakit-asma-pengobatannya

Secara umum, penyebab penyakit asma pada manusia memiliki beberapa beberapa faktor yang memicunya. Yang pertama adalah faktor bawaan sejak lahir atau bisa juga disebut faktor keturunan. Penyakit asma memang merupakan salah satu penyakit yang bisa diturunkan dari orang tua atau keluarga sedarah seperti kakek atau nenek yang memiliki riwayat mengidap penyakit asma.

Hal ini tentu tidak bisa dicegah jika anda memang menerima penyakit turunan tersebut. Namun yang bisa anda lakukan sebagai langkah terbaiknya adalah memeriksakan diri sesegera mungkin ke dokter untuk mendapat penanganan lebih dini dan menghindari hal-hal yang menjadi penyebab penyakit asma kambuh atau bisa memperparah penyakit asma anda.

Faktor Penyebab Penyakit Asma dan Pengobatannya

Faktor penyebab penyakit asma yang selanjutnya adalah faktor lingkungan. Lingkungan memang memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kesehatan manusia dan lingkungan kotorlah yang menjadi salah satu pemicu segala bentuk penyakit yang ada termasuk asma ini. Lingkungan yang penuh dengan debu sangat memicu timbulnya penyakit asma.

BACA:  Gejala Penyakit Jantung Koroner, Lemah, dan Bengkak

Begitu pula dengan asap, baik itu asap dari api, asap kendaraan, ataupun asap rokok yang memang sangat berbahaya jika kita menghirupnya. Untuk itu, pola hidup sehat memang sangat penting. Anda harus rajin membersihkan debu di sekitar rumah dan menghindari segala bentuk asap, terutama asap rokok yang masing-masing merupakan faktor pemicu penyakit asma.

Kemudian ada juga faktor makanan dan udara dingin. ada beberapa makanan yang diketahui dapat memicu terjadinya asma seperti makanan yang mengandung pengawet dan kadar MSG yang tinggi, minuman dingin, cokelat dan juga kacang-kacangan. Sementara itu, udara dingin memang menjadi salah satu penyebab asma seperti penggunaan AC atau kipas angin ataupun suhu udara yang memang cenderung dingin.

Dan melihat kasus asma yang banyak terjadi, maka ulasan mengenai penyebab penyakit asma dan pengobatannya tentu menjadi pembahasan yang banyak dicari sebagai alternatif pencegahan sekaligus pengobatan. Mengatasi penyakit asma tentu bisa anda lakukan dengan melakukan pengobatan medis di rumah sakit.

Namun jika anda tidak terbiasa dengan obat-obatan kimia, maka anda bisa menggunakan pengobatan tradisional atau herbal dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar seperti buah cermai dan lengkeng misalnya. Buah ini ternyata bisa mengatasi masalah asma. Caranya dengan merebus 6 buah cermai, 8 lengkeng, 2 bawang merah dan sedikit akar kara. Saring dan minum.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan bunga kenanga yang kering dengan merebusnya dan meminumnya ketika dingin. lakukan secara teratur maka anda akan merasakan khasiatnya. Nah itulah ulasan mengenai penyakit asma dan penyebabnya. Hindari berbagai faktor penyebab penyakit asma dalam bentuk apapun sebagai bentuk pencegahan dari penyakit ini.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Penyakit Kulit Herpes Zoster dan Simplex




Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */