Gejala dan Macam Penyakit Pes

Penyakit pes merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh tikus. Pes biasa disebut dengan penyakit black death atau plague. Sebenarnya penyakit ini tidak sepenuhnya disebabkan oleh tikus. Tetapi oleh bakteri yersinia pertis.

Bakteri ini dibawa oleh hewan-hewan pengerat seperti tikus, anjing gurun, hamster dan masih banyak lainnya. Bakteri ini dapat hidup di kutu hewan pengerat dan juga kucing atau anjing. Jika kutu sudah menular ke tikus atau anjing dan meninfeksi manusia akan menyebabkan penyakit plague ini.

Penyakit plague ini dapat menular melalui batuk dan juga bersin. Jadi jika anda berada di dekat penderita penyakit ini harus menggunakan pelindung agar tidak mudah tertular. Jika penyakit ini sudah menyerang manusia bisa menyebabkan penyakit pneumonik.

Penyakit ini bisa terjadi karena terkena gigitan hewan yang sudah terinfeksi bakteri yersinia pertis, dan bisa juga karena makan daging yang masih mentah. Penyakit ini juga sangat mudah terbawa oleh udara dan tehirup oleh manusia. Jadi bisa langsung masuk ke paru-paru dan menginfeksi paru-paru.

gejala-penyakit-pes

Gejala Penyakit Pes

Ada beberapa gejala awal yang harus anda waspadai. Agar anda bisa langsung menanganinya ke dokter. Ada beberapa tipe penyakit pes antara lain plague pneumonik, plague pestis minor, plague bubonik, dan plague septikemik. Setiap jenis mengalami gejala yang berbeda-beda dan setiap orang juga akan mengalami hal yang berbeda. Gejala-gejala penyakit pes tersebut biasanya muncul sekitar hari ke 3 sampai 6 hari. Hal ini dikarenakan masa pertumbuhan bakteri ini memakan waktu yang cukup lama.

Plague Pneumonik

Jenis penyakit ini adalah penyakit yang menyerang paru-paru. Gejala yang timbulkan berupa demam tinggi, sakit kepala yang sangat hebat, denyut jantung yang semakin cepat dan juga menggigil. Gejala ini akan muncul pada hari kedua. Setelah itu akan mulai terinfeksi dan mulai muncul gejala batuk yang hebat. Batuk ini akan mengeluarkan dahak yang jernih. Jika tidak langsung diobati akan muncul dahak yang muncul bercak merah. Akhirnya dahak akan berwarna merah mudah dan berbentuk seperti sirup. Jika tidak langsung ditangani oleh dokter dalam waktu 2 hari, penderita akan meninggal dunia.

BACA:  Penyakit Cacar Air Api Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Plague Bubonik

Penyakit pes jenis plague bubonik merupakan jenis penyakit yang paling banyak ditemui. Setelah terinfeksi bakteri kurang lebih selama 24 jam sampai 12 hari. Penderita akan mengalami gejala seperti demam tinggi dan juga menggigil yang sangat hebat. Walaupun keadaan pada saat itu masih panas.

Detak jantung yang melemah dan juga berdenyut sangat cepat. Tekanan darah yang juga semakin menurun. Biasanya penderita juga mengalami gangguan seperti mengigau dan juga gelisah yang berkepanjangan. Jika sudah semakin parah akan terjadi perbesaran getah bening pada bagian leher, paha, ketiak dan masih banyak lainnya. Sebagian besar penderita yang mengalami gejala ini, setelah maksimal 2 hari akan meninggal dunia.

Penderita penyakit pes harus dilakukan isolasi diruang khusus atau diisolasi. Orang-orang yang mengobatinya juga harus mempunyai pelindung khusus. Hal ini dikarenakan bakteri penyakit ini sangat mudah menular melalui udara. Pengobatannya harus menggunakan antibakteri khusus. Masih jarang pengobatan alami yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Untuk mencegah terkena penyakit ini, anda dapat menyutik vaksin hewan peliharaan anda. Selain itu hindari hewan pengerat liar yang masuk ke rumah ada dan juga lingkungan sekitar anda.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */