Gejala Penyakit Gondok Penyembuhannya

Gondok merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan pembesaran kelenjar gondok/ tiroid (kelenjar yang memiliki bentuk seperti kupu-kupu dan terletak di bawah pangkal tenggorokan/ depan leher). Penyakit gondok biasanya dibedakan menjadi dua macam yakni gondok biasa dan gondok beracun atau yang sering disebut hiper tiroid.

Awalnya penyakit gondok berawal dari gondok biasa namun jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan terjadinya gondok beracun. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh adanya gangguan yang terjadi pada kelenjar tiroid sehingga tidak mampu mensekresikan hormon tiroid sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga bisa disebabkan adanya kekurangan yodium dalam tubuh.

penyakit-gondok-penyembuhannya

Gejala Dan Tanda-Tanda Penyakit Gondok

–    Sakit pada tenggorokan

–    Adanya kenaikan suhu pada tubuh

–    Kerap kali merasakan dengungan di telinga

–    Mulut terasa nyeri dan kaku saat mengunyah makanan

–    Selera makan menjadi turun

–    Muncul tonjolan kecil pada bagian leher

Salah satu tanda penyakit gondok adalah timbulnya benjolan besar pada bagian depan leher akibat terjadinya pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal. Kekurangan yodium merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit ini.

Beberapa pengobatan alami yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini adalah dengan menggunakan rebusan temu putih yang dicampur dengan sambiloto kering lalu minum secara teratur 2 kali sehari.

Penyakit Gondok dan Penyembuhannya

Bisa juga dengan menggunakan rebusan benalu kering dan daun dewa segar lalu minum teratur 2 kali sehari. Setelah mengetahui penyebab penyakit gondok dan penyembuhannya, maka dari itu diharapkan sejak dini bisa di hindari.

Penyakit ini paling sering diderita oleh perempuan. Ringan atau beratnya penyakit ini bisa ditentukan dari ukuran pembesaran yang terjadi pada kelenjar tiroid serta gangguan produksi hormon yang terjadi.

BACA:  Penyakit Batu Empedu dan Cara Pengobatannya

Pembesaran yang terjadi pada kelenjar tiroid di sekitar leher bisa disebabkan adanya tumor jinak akibat adanya gangguan yang terjadi pada hormon tiroid. Benjolan tersebut juga bisa berubah menjadi tumor yang sangat ganas dan harus di buang dengan jalan operasi.

Untuk itu penting sekali menjaga diri agar tidak terjangkit penyakit ini karena jika penyakit yang diderita semakin parah, gondok bisa berubah menjadi kanker yang sangat ganas. Selain melakukan upaya pengobatan, yang lebih penting sesungguhnya adalah melakukan upaya pencegahan. Dengan demikian akan semakin meminimalisir munculnya penyakit tersebut.

Banyak sekali pertanyaan bermunculan mengenai penyakit gondok menular atau tidak, namun jika dilihat dari penyebabnya, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa sebenarnya penyakit gondok ini tidak menular karena penyebabnya sendiri berasal dari adanya gangguan terhadap kelenjar gondok/ tiroid dan bukan dikarenakan inveksi virus ataupun kuman.

Jadi anda tidak perlu merasa khawatir saat berdekatan atau berkomunikasi dengan penderita penyakit gondok. Hal ini berbeda dengan penyakit gondok yang disebabkan oleh adanya inveksi virus yang dapat menular ke orang lain.

Penyakit gondok mungkin berbahaya bagi penderitanya, namun tidak berbahaya bagi orang-orang yang berada di sekitar mereka. Oleh karena itu penting sekali menjaga diri agar tidak sampai terjangkit penyakit tersebut.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai penyakit gondok yang bisa kami sampaikan. Mulai dari definisi, gejala, penyebab, sampai cara penyembuhannya telah kami sampaikan. Dengan mengetahui berbagai informasi mengenai penyakit ini, diharapkan agar anda mampu lebih menjaga diri serta lebih berhati-hati agar tidak terjangkit penyakit tersebut. semoga yang kami tulis bisa bermanfaat.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Penyebab Penyakit Kista Rahim Pada Wanita




Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */