Gejala Penyakit Meningitis pada Balita , Anak, Orang Dewasa

Berbicara mengenai gejala penyakit meningitis berarti kita berbicara tentang salah satu jenis penyakit yang cukup mematikan. Meningitis atau radang selaput otak merupakan infeksi yang terjadi pada meninges atau selaput yang melindungi otak dan juga saraf pada tulang belakang.

Infeksi ini bisa menyebabkan otak penderitanya rusak sehingga tidak heran jika penyakit yang satu ini disebut penyakit mematikan karena memang sangat berbahaya. Gejala awal penyakit meningitis sendiri biasanya ditandai dengan 3 gejala yang benar-benar harus anda waspadai dan tidak disepelekan yaitu sakit kepala, demam dan juga leher yang kaku.

Gejala Penyakit Meningitis pada Balita dan Anak

gejala-awal-balita-terkena-penyakit-meningitis

Secara umum, penyakit meningitis memiliki 2 jenis penyakit yaitu meningitis bakterialis dan meningitis virus. Meningitis bakterialis merupakan jenis meningitis yang disebabkan oleh penyebaran bakteri seperti streptococcus pneumoniae atau Neisseria meningitidis. Jenis bakterialis adalah kondisi meningitis yang sangat darurat karena memang sangat serius.

Penanganan yang terlambat bisa mengakibatkan kerusakan otak yang sangat parah dan bisa menginfeksi darah. Kasus meningitis bakterialis ini seringkali menimpa bayi yang belum genap berumur satu tahun. Sedangkan meningitis virus merupakan jenis meningitis yang disebabkan oleh penyebaran virus melalui bersin, batuk atau lingkungan yang kotor. Meningitis virus ini merupakan kasus meningitis yang umum terjadi dan tidak seserius meningitis bakterialis.

Gejala umum meningitis biasanya berupa flu sehingga kebanyakan orang tidak terlalu mengkhawatirkannya karena mengira flu biasa. Anda harus benar-benar waspada akan gejala penyakit meningitis pada balita ataupun anak karena penyakit radang selaput otak ini memang lebih banyak menyerang bayi dan juga anak-anak. Anda harus memperhatikan kondisi anak anda dengan baik agar terhindar dari hal buruk yang tidak diinginkan seperti penyakit meningitis ini.

BACA:  Gejala Penyakit Jantung Koroner, Lemah, dan Bengkak

Gejala penyakit meningitis pada anak bisa dikenali dengan beberapa ciri atau tanda seperti demam yang tinggi, namun kaki dan tangannya terasa dingin. gejala lain juga bisa berupa anak yang terus-terusan menangis. Jangan selalu mengartikan bahwa anak yang menangis adalah efek lapar atau rewel biasa karena hal itu bisa saja gejala penyakit yang berbahaya.

Gejala Orang Dewasa terkena Penyakit Meningitis

Anda juga harus waspada jika anak anda menunjukkan gejala-gejala seperti gelisah dan tidak mau disentuh, tampak bingung dan seperti melamun sehingga kurang responsif, mudah merasa ngantuk dan sangat sulit untuk dibangunkan. Terakhir, waspadai juga kemungkinan adanya ruam merah di kulit anak anda yang tidak pudar ketika ditekan.

Selanjutnya, ada pula gejala penyakit meningitis pada orang dewasa yang tentu saja patut anda waspadai. Dengan mengenal gejala-gejala yang ada sejak dini, maka anda akan mendapatkan penanganan yang lebih cepat sehingga kemungkinan bertambah parahnya meningitis menjadi lebih kecil. Gejala pada orang dewasa ini berupa rasa sakit pada kepala yang sangat parah, sering muntah-muntah, leher yang terasa kaku, dan juga demam yang sangat tinggi hingga mencapai suhu 38 derajat celcius atau bisa juga lebih dari itu. Selain itu, gejala lain seperti nafas yang cenderung cepat dan memburu, sensitif pada cahaya dan juga ruam merah pada kulit juga harus benar-benar anda waspadai.

Jika anda menemui gejala-gejala tersebut pada anak, keluarga atau bahkan diri anda sendiri, maka segeralah periksakan diri ke dokter sesegera mungkin karena penanganan yang terlambat sungguh sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal. Terlebih jika ternyata diagnosa menunjukkan positif meningitis bakterialis yang merupakan tipe serius. Jadi, kenalilah gejala penyakit meningitis sejak dini sebelum anda menyesal.

BACA:  Penyakit Kolesterol Tinggi dan Pantangannya serta Pengobatannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */