Gejala Penyakit Tipes Pada Anak dan Pengobatannya

Penyakit tipes merupakan sebuah penyakit akibat adanya infeksi pada usus halus yang disebabkan oleh bakteri. Penyebabnya adalah bakteri salmonella typhi atau salmonella paeartyphi. Bakteri tipus masuk melalui makanan ke saluran pencernaan. Kemudian berkembang biak menembus dinding usus ke saluran limfa, masuk ke pembuluh darah dalam waktu 24 hingga 27 jam.

Setelah itu akan terjadi perkembangbiakan yang menyebar ke pembuluh darah dan menimbulkan ciri ciri khas. Gejala penyakit tipes yang khas adalah badan panas menjadi semakin tinggi dari hari ke hari terutama pada waktu sore dan malam. Hal ini terjadi secara konstan setiap 7 hingga 10 hari.

Gejala Penyakit Tipes Pada Anak

gejala-penyakit-tipes-pada-anak

Biasanya paginya panasnya turun akan tetapi ketika malam panasnya naik lagi. Selain itu biasanya penderita mengalami sakit kepala, sakit perut, susah buang air besar atau diare, sakit tenggorokan, bahkan pada keadaan yang berat penderita bisa mengalami kehilangan kesadaran.

Tipes bisa menyerang siapa saja tak terkecuali anak anak dan bayi. Gejala penyakit tipes pada anak memiliki ciri yang khas. Ciri yang khas pada anak anak adalah demam dan mulut berbau tidak sedap, nyeri perut bahkan hingga diare. Akan tetapi tetapi pada anak anak tidak menimbulkan kehilangan kesadaran. Gejala yang khas pada anak anak adalah fase demam yang naik dan turun. Bayi juga bisa mengalami gejala tipes. Biasanya hal ini akibat kandungan sang ibu terinfeksi bakteri tipes selain itu melalui asi juga bisa menularkan bakteri tipes pada bayi.

Gejala Penyakit Tifus dan Pengobatannya

Sakit tipes harus segera ditangani meskipun terlihat seperti demam biasa, pada fase yang sudah berat penyakit ini bisa menimbulkan terjadinya kebocoran di usus bahkan hingga kematian. gejala penyakit tifus dan pengobatannya yang alami adalah istirahat total. Secara medis pengobatan penyakit tipes adalah dengan menggunakan analgesik dan antibiotika. Biasanya adalah menggunakan antibiotik jenis Chloramphenikol dan Thiamphenikol yang diberikan hingga 7 -10 hari. Walaupun panasnya sudah turun antibiotik ini harus diminum sampai habis. Pasalnya jika tidak diminum hingga habis bakteri tipus yang belum mati akan kembali menyebabkan penyakit ini lagi.

BACA:  Penyakit Stroke Dan Penanganannya Serta Penyembuhannya

Pengobatan sakit tipes secara tradisional biasanya menggunakan cacing tanah atau rebusan labu. Jika anda ingin menggunakan cacing caranya dengan direbus kemudian diminum air rebusanya atau bisa menggunakan kapsul china yang berisi bubuk cacing tanah. Jika menggunakan labu caranya dengan membuat jus labu yang telah dibuang kulitnya kemudian di minum rutin setiap hari. Penderita tipes harus istirahat total dan diet makanan yang berserat tinggi. Penderita banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori dan protein.

Penyakit tipes diakibatkan adanya bakteri salmonella typhi yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan atau minuman. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kebersihan makanan dan minuman. Sebaiknya selalu cuci tangan sebelum makanan, menjaga makanan dari berbagai kotoran. Untuk anak anak sebaiknya di beri pengertian agar tak suka jajan dipinggir jalan. Selain itu daging ayam yang dimasak tidak matang bisa tercemar bakteri ini.

Untuk menghindari penyakit gejala tipes ini terdapat vaksin tipes yang bisa disuntikan ataupun diminum. Vaksin ini bisa melindungi tubuh dari penyakit tipes. Sebaiknya jaga kesehatan dengan olahraga teratur dan jangan beraktivitas hingga stamina turun. Stamina yang turun memudahkan berbagai kuman dan bakteri menerobos pertahanan kekebalan tubuh. Jika telah terkena tipes sebaiknya menjaga kesehatan dan jangan beraktivitas terlalu melelahkan.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */