Jenis Dan Penyebab Penyakit Menular dan Tidak Menular

Penyakit menular merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus atau bakteri yang berpindah dari satu penderita ke penderita lainnya melalui udara, cairan atau kontak langsung dengan penderitanya. Ada berbagai jenis penyakit yang dapat menular, mulai dari yang ringan seperti batuk pilek hingga yang membawa kematian seperti HIV/AIDS.

Apapun jenis penyakit yang menular yang diderita, ancamannya terhadap kesehatan sangat besar. Tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang-orang sehat di sekitarnya. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengetahui apa saja penyakit yang menular yang paling sering diderita serta bagaimana cara pencegahannya.

Penyakit Menular dan Tidak Menular

penyakit-menular-tidak-menular

Ada ratusan, bahkan ribuan jenis penyakit menular dan tidak menular di dunia ini. Beberapa sudah ada obatnya dan beberapa lainnya masih belum ditemukan. Baru-baru ini, kita mungkin sering mendengar salah satu penyakit yang menular dan bahkan menjadi endemik di beberapa negara Afrika yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus Ebola.

Penyakit ini sangat membahayakan dan dapat menimbulkan kematian. Sudah tercatat ada banyak sekali korban dari virus Ebola tersebut. Hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat melumpuhkan virus Ebola yang mematikan tersebut.

Selain Ebola, penyakit yang menular yang cukup menghebohkan dunia belum lama ini adalah flu burung. Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza ini ditularkan melalui unggas. Manusia yang melakukan Kontak langsung dengan unggas yang menderita flu burung sangat rentan menderita penyakit yang juga dikenal dengan nama Avian Flu ini.

Virus H5N1 yang menyerang sistim kekebalan tubuh tersebut bergerak sangat cepat sehingga apabila penderitanya tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. Menghindari kontak langsung dengan unggas, mengkonsumsi unggas dengan cara dimasak dengan sangat matang serta rajin mencuci tangan merupakan cara-cara pencegahan awal agar terhindar dari penyakit flu burung ini.

BACA:  Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri pada Manusia

Penyakit yang dapat menular melalui gigitan nyamuk yaitu demam berdarah dengue. Virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aides Aegypti betina ini termasuk penyakit ganas yang mematikan. Demikian juga dengan penyakit malaria yang ditularkan lewat nyamuk.

Meskipun demikian, jumlah penderita malaria saat ini tidak sebanyak dulu dan sudah ada vaksin penangkalnya sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat apabila virus Plasmodium yang dibawa oleh nyamuk Anopheles masuk dan merusak sel darah merah dalam tubuh.

Penyakit yang dapat menular melalui hubungan mesra atau PHS memiliki banyak jenis, mulai dari gonorrhea, sipilis, herpes hingga HIV/AIDs yang mematikan. HIV atau Human Immunodeficiency Virus dapat merusak dan melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia. Virus ini membuat tubuh penderitanya tidak mampu melawan penyakit-penyakit yang menyerang tubuhnya.

Penyebab seseorang menderita HIV/AIDS antara lain hubungan mesra yang tidak sehat, terlalu sering berganti pasangan serta penggunaan jarum suntik bersama dapat menyebabkan seseorang menderita HIV/AIDS. Ibu yang menderita HIV/AIDS juga dapat menularkannya ke anaknya.

Untuk dapat menghindarkan diri dari penularan penyakit-penyakit tersebut, tidak ada cara lain yang lebih efektif selain menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Mencuci tangan merupakan langkah awal untuk mencegah virus dan bakteri apapun masuk ke dalam saluran pencernaan.

Mengkonsumsi makanan yang sehat serta berhenti merusak diri dengan cara merokok, minum alkohol atau menggunakan narkoba juga merupakan cara terbaik untuk menghindarkan diri dari penularan penyakit-penyakit tersebut. Menjaga kesetiaan terhadap pasangan adalah cara terbaik untuk menghindarkan diri dari penyakit menular.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */