Jenis Penyakit Degeneratif Pada Lansia

Semakin bertambahnya usia seseorang maka semakin rentan pula orang tersebut untuk terjangkit suatu penyakit. Sebenarnya bukan hanya orang tua saja yang perlu khawatir, setiap orang mulai dari anak-anak juga harus selalu waspada terhadap serangan penyakit yang mampu datang kapanpun hanya saja, dengan bertambah usia maka daya tahan tubuh terhadap penyakit juga semakin berkurang apalagi ditambah dengan pola hidup yang tidak sehat.

Salah satu penyakit yang siap menggerayangi anda adalah berbagai penyakit yang termasuk dalam penyakit degeneratif.

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang terjadi ataupun mengiringi dengan proses penuaan pada seseorang. Penyakit ini sering terjadi ketika bertambahnya usia seseorang yang juga diakibatkan oleh berkurangnya atau menurunnya fungsi organ tubuh manusia.

Jenis Penyakit Degeneratif Pada Lansia

penyakit-degeneratif-pada-lansia

Tubuh akan mengalami defisiensi produksi enzim dan hormone imunodefisiensi, peroksida lipid, kerusakan sel, pembuluh darah, jaringan protein dan kulit (penuaan) sehingga memunculkan berbagai penyakit degenerative.

Jika anda mendengar penyakit degenerative maka anda akan berfikir bahwa penyakit ini sedikit aneh. Bukan aneh karena memang nama ini adalah nama sekelompok penyakit yang biasa menyerang para lansia.

Ada beberapa jenis penyakit degeneratif diantaranya adalah hipertensi, hiperlipidemia, hypercholesterolemia, stroke, jantung koroner, kerusakan syaraf otak dalam istilah lainnya pikun, arthritis rematoid, diabetes mellitus type 2, penuaan kulit, osteoporosis dan berbagai penyakit lainnya.

Penyakit degeneratif pada lansia ini selain disebabkan oleh bertambahnya usia serta menurunnya fungsi organ tubuh juga mampu disebabkan oleh berbagai hal lainnya seperti pola hidup yang tidak sehat karena kurangnya olah raga, merokok, mengkonsumsi alcohol dan narkoba, kurang istirahat dan stress.

Selain itu juga dapat disebabkan karena banyak mengkonsumsi lemak jenuh yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol, banyak mengkonsumsi gula yang tidak diimbangi dengan serat, berat badan yang diatas normal atau obesitas, terlalu banyak terkena paparan zat kimia dan radikal bebas, banyak mengkonsumsi makanan instan dan penyedap (MSG) serta banyak mengkonsumsi makanan teroksidasi yakni makanan yang dimasak dengan minyak jlantah atau dimasak pada suhu tinggi dan makanan yang dibakar.

BACA:  Penyebab Penyakit Kista Rahim Pada Wanita

Untuk menghindari penyakit degenerative ini ada beberapa tips sehat mudah yang dapat anda praktekkan antara lain, gantilah pola hidup anda dengan pola hidup sehat dengan banyak olahraga dan istirahat yang cukup.

Anda juga harus memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi seimbang, anda bisa menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna.

Untuk mengurangi pengeroposan tulang anda dapat menghindari paparan toxic prooksidan atau radikal bebas. Kalaupun anda tidak dapat menghindari anda dapat menggunakan pelindung kulit seperti hand and body, sunblock ataupun UV protection lainnya pada kulit anda sehingga paparan radikal bebas tidak langsung masuk ke dalam lapisan kulit anda.

Selain pola hidup yang sehat anda juga dapat mengkonsumsi suplemen sebagai penambah antiokasidan dan daya tahan tubuh anda sehingga mampu memaksimalkan ketahanan tubuh anda dari serangan penyakit.

Itulah beberapa keterangan tentang penyakit degeneratif. Penyakit degenerative ini tidak hanya menyerang orang tua atau lansia saja akan tetapi juga mampu menyerang orang-orang yang masih pada tingkat dewasa dikarenakan oleh pola hidup yang tidak sehat.

Sehingga anda perlu mewaspadai bahaya dari penyakit tersebut, mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati. Sebelum anda menyesal karena gaya hidup anda menyebabkan penyakit maka alangkah bijaknya jika anda mulai memperbaikinya sekarang dengan gaya hidup yang lebih baik untuk hidup yang lebih sehat.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */