Jenis Penyakit Kulit Pada Bayi Dan Pengobatannya

Penyakit kulit bisa menyerang siapa saja, tak hanya orang dewasa, anak anak hingga bayi juga bisa terkena penyakit kulit. Berbagai macam jenis penyakit kulit juga bisa menyerang bayi. Apalagi bayi memiliki struktur kulit yang belum sesempurna orang dewasa.

Kulit adalah lapisan terluar dari manusia yang bisa menangkal masuknya bakteri dan melindungi organ atau lapisan dibawah kulit dari berbagai bahaya dari luar. Saat bayi berumur satu tahun pertama kulit bayi sangatlah rentan.

Hal ini disebabkan struktur epidermis kulit bayi belumlah sempurna. Bayi masih membutuhkan waktu pada satu tahun berikutnya untuk menyempurnakan struktur lapisan kulitnya.

Jenis Penyakit Kulit Pada Bayi

perawatan-kulit-pada-bayi

Jenis penyakit kulit pada bayi beragam bentuknya. Apalagi bayi yang kulitnya lebih tipis, ikatan antar selnya belum solid dan halus. Hal ini membuat kulit bayi memiliki pigmen yang kurang jumlahnya dari manusia dewasa sehingga belum mampu mengatur temperatur suhu tubuh dengan baik.

Jenis penyakit kulit yang sering menyerang bayi diantara adalah intertigo, eksim, biang keringat, seborrhe dan dermatitis kontak. Macam macam penyakit kulit itu bisa disembuhkan dengan cara yang berbeda beda.

Intertigo adalah jenis penyakit kulit pada bayi yang menyebabkan peradangan pada bagian lipatan tubuh bayi. Misal pada ketiak, payudara, perut dan paha bagian dalam. Hal ini menyebabkan merah dan gatal pada bayi. Apalagi jika terjadi gesekan akan membuat bayi merasa perih.

Biang keringat adalah penyakit kulit yang sering menyerang bayi. Ciri ciri yang terlihat adalah adanya gelembung gelembung kecil pada kulit bayi, berwarna kemerahan dan membuat gatal sehingga bayi sering rewel.

Selain itu adalah seborrhea. Bayi mengalami peradangan kulit pada bagian atas tubuhnya, misalnya pada kulit kepala, belakang telinga, pipi dan leher. Pada kulit kepala biasanya bersisik kuning seperti ketombe bahkan hingga berkerak. Hal ini biasanya terjadi pada bayi berusia di bawah 6 bulan.

BACA:  Macam Macam Penyakit Hati dan Penyebabnya

Eksim atau dermatitis juga menyerang bayi. Biasanya adalah terdapat gelembung kecil atau kulit yang melepuh. Biasanya akan mengeluarkan cairan dan bahkan bisa bernanah dan menimbulkan kerak.

Jenis Penyakit Kulit dan Pengobatannya

Jenis penyakit kulit dan pengobatannya untuk bayi juga berbeda beda tergantung apa jenis penyakit kulit yang menyerang bayi. Jika terkena biang keringat sebaiknya bayi diberi pakaian yang longgar sehingga ruam pada bayi akan berangsur-angsur kurang.

Penyebab biang keringat adalah udara yang terlalu panas ataupun lembab. Berbeda lagi jika bayi anda terkena intertigo. Cara mengobati intertigo pada bayi dengan menggunakan krim penghalang zinc oxide atau petroluemm jelly pada bayi. Caranya dengan membasuh lipatan kulit bayi dan memberinya krim tersebut.

Sedang kan untuk eksim dan demartitis sebaiknya berkonsultasi pada dokter. Pasalnya bayi membutuhkan antibiotik untuk mengobati penyakit kulitnya. Untuk seborrhea anda bisa menggunakan baby oil untuk dioleskan pada bagian yang terkena.

Penyakit kulit tak hanya menyerang orang dewasa. Bayi malah sangat rentan terkena penyakit kulit pasalnya struktur sel masih lemah dan ikatan sel yang belum solid. Sehingga jika terlihat gejala gejala kulit kemerahan dan menimbulkan bercak atau gelembung yang tak wajar sebaiknya segera ditangani.

Hal ini juga akan terlihat dengan bayi yang tak bisa diam akan terus rewel karena merasakan gatal dan perih. Penyakit kulit seperti itu tentu menyebabkan bayi menjadi tak nyaman. Selain itu juga mengganggu kesehatan bayi. Bayi pada tahun pertama adalah masa emas tumbuh kembang organ dan sistem imun tubuh jadi sebaiknya para orang tua benar benar memperhatikan kesehatan bayi.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Penyakit Lambung Dan Gejalanya Serta Obatnya




Artikel Pilihan:

Comments
  1. Airin Zafira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */