Macam Macam Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya

Macam-macam penyakit ginjal dan penyebabnya. Mempunyai tubuh yang sehat dan prima merupakan impian setiap orang. selain penampilan, kesehatan tubuh jauh lebih penting karena terjadi sedikit saja masalah dengan anggota tubuh kita maka pekerjaan kita sehari-hari mampu terbengkalai. Salah satu bagian tubuh yang sangat rentan terhadap gangguan ataupun masalah adalah ginjal.

Seperti yang sudah diketahui, ginjal mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Ginjal berfungsi sebagai tempat penyaringan untuk mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme dalam tubuh sehingga jika terjadi sedikit masalah zat-zat tersebut akan menumpuk dan menjadikan berbagai penyakit dalam tubuh.

Macam-Macam Penyakit Ginjal dan Penyebabnya

Ada berbagai macam-macam penyakit ginjal yang sering terjadi diantaranya adalah:

macam-macam-penyakit-ginjal

1. Batu ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu dari macam-macam penyakit ginjal dan penyebabnya yang sering terjadi pada manusia dan sering disepelekan oleh manusia.

Batu ginjal dapat disebabkan oleh banyaknya mineral dan benda-benda organic pada bagian ginjal. Batu ginjal terbentuk karena adanya pengendapan garam kalsium dalam rongga ginjal, saluran ginjal atau kantong kemih.

Batu ginjal ini berbentuk Kristal yang tidak dapat larut akibat dari banyaknya konsumsi garam mineral dan terlalu sedikit mengkonsumsi air putih. Untuk mencegah penyakit anda, maka perbanyaklah mengkonsumsi serat serta air putih sehingga mampu menetralisir kandungan garam dalam tubuh anda.

2. Gagal ginjal

Gagal ginjal merupakan salah satu dari macam-macam penyakit ginjal yang mengakibatkan hilangnya sebagian atau bahkan seluruh fungsi bagian ginjal pada tubuh.

Penyakit ini mampu terjadi karena rusaknya tubulus di dalam organ ginjal karena terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan ataupun larutan organic seperti karbontetraklorida, aseton serta etilen glikol dan terlalu banyak bersentuhan dengan senyawa logam seperti merkuri, timah dan uranium.

BACA:  Penyakit Lupus dan Pengobatannya

Selain kerusakan tersebut, gagal ginjal juga dapat terjadi karena penyakit diabetes yang merusak medulla atau bagian inti ginjal serta terlalu banyak kandungan garam kalsium di dalam ginjal. Untuk mencegah penyakit ini adalah dengan melakukan pola hidup sehat dengan memenuhi kebutuhan nutrisi secara seimbang, mengurangi konsumsi berbagai bahan kimia sehingga tubuh benar-benar seimbang dan steril dari kandungan zat berbahaya.

3. Diabetes militus

Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat pancreas hanya mampu menghasilkan sedikit insulin atau bahkan tidak menghasilkan insuli. Diabetus mellitus juga termasuk dalam salah satu penyakit dari banyaknya macam-macam penyakit ginjal yang sering terjadi.

Insulin merupakan hormone yang berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi glikogen untuk mengurangi kadar gula dalam darah dan membantu digunakan sebagai sumber energy sehingga ketika ginjal hanya mampu memproduksi sedikit insulin atau bahkan tidak menghasilkan insulin maka akan terjadi penumpukan glukosa dalam tubuh dan dalam sel darah.

Banyaknya glukosa sangat tidak baik karena mampu menurunkan daya imunitas serta kinerja berbagai sel dalam tubuh seperti sel-sel dalam hati, otot, dan lemak yang tidak mampu memberikan respon yang tinggi terhadap kinerja anggota tubuh. Untuk mencegah penyakit ini, maka perhatikan konsumsi gula dan lemak dalam tubuh anda. perbanyak lakukan olahraga sehingga mampu meningkatkan kinerja anggota tubuh bagian dalam.

4.  Glomerulonephiritis

Glomerulonephiritis merupakan salah satu penyakit dari macam-macam penyakit yang sering terjadi pada manusia. Penyakit ini disebabkan oleh sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang menurun atau lumpuh.

Gejala yang diberikan dari penderita ini adalah adanya darah dalam urine yang kita keluarkan, pembengkakan pada jaringan tubuh serta adanya kandungan protein dalam urine yang disebabkan oleh bakteri streptococcal. Penyakit ini pada umumnya disebabkan oleh alergi terhadap racun yang diproduksi oleh bakteri tersebut sehingga mampu menginfeksi tubuh lainnya termasuk tenggorokan.

BACA:  Penyakit Kolera Pencegahan dan Pengobatan

Penyakit ini sangat memungkinkan untuk sel-sel darah merah dan protein tecampur dengan urine. Untuk mencegah penyakit ini antara lain dengan banyak mengkonsumsi air putih dan segera memeriksakan ke dokter apabila terjadi gejala tersebut.

Itulah macam-macam penyakit ginjal yang sering terjadi pada manusia dan cara pencegahannya. Terjadinya permasalahan pada ginjal maka mampu memberikan dampak yang buruk dalam tubuh manusia karena mampu mempengaruhi kinerja anggota tubuh yang lainnya. Dengan menjaga kesehatan serta keseimbangan bagian tubuh maka anda mampu memberikan investasi jangka panjang dalam hidup anda.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */