Macam Macam Penyakit Hati dan Penyebabnya

Macam-macam penyakit hati perlu untuk anda ketahui karena hati adalah salah satu organ tubuh yang bisa dikatakan penting. Penyakit hati yang lebih dikenal dengan penyakit liver atau hepatitis ini tidak bisa anda entengkan begitu saja karena resiko terbesarnya bisa menyebabkan kematian terhadap penderitanya.

Biasanya, penyakit liver tersebut disebabkan oleh beberapa factor, ada yang karena racun atau toxin, ada juga yang karena pola hidup yang tidak sehat. Nah, jika anda penasaran apa saja jenis-jenis penyakit pada hati, alangkah baiknya anda menyimak informasi yang akan disampaikan berikut ini.

Macam-macam penyakit hati dan penyebabnya

macam-macam-penyakit-hati

Penyakit hati yang pertama ini biasanya disebabkan oleh virus. Virus ini bisa masuk ke dalam liver anda melalui makanan yang anda konsumsi. Hal tersebut bisa terjadi karena anda kurang memperhatikan kebersihan, misalnya anda tidak mencuci tangan setelah melakukan aktivitas atau setelah BAB.

Biasanya, orang yang terserang penyakit hepatitis A ini akan mengalami gejala, air seninya berwarna coklat, pusing, sering mual, nafsu makan berkurang, dan berat badan turun dengan drastic. Penyakit ini bisa disembuhkan asalkan anda menerapkan hidup yang sehat.

Penyakit hati yang kedua ini disebabkan oleh virus hepatitis B. kebanyakan penderita yang terserang penyakit ini tidak sadar bahwa dalam tubuhnya telah berkembang biak virus hepatitis. Alhasil, ia baru akan merasakan setelah penyakit tersebut semakin parah.

Gejala yang biasa tampak dalam penyakit ini adalah mata yang tampak menguning, pembengkakan pada kaki dan mata, sering merasa lemas tanpa sebab, dan tentunya berat badan yang semakin turun dengan drastisnya. Penyakit ini bisa menyerang anda jika anda sering sekali melakukan kebiasaan buruk, seperti mengkonsumsi miras.

BACA:  Macam Macam Penyakit Paru Paru, Gejalanya, dan Penyebabnya

Penyakit hati yang selanjutnya adalah hepatitis C. Penyakit hepatitis C ini juga disebabkan oleh virus. tetapi, virus yang menyerang tak seganas virus pada hepatitis B. Hepatitis C akan mudah anda deteksi asalkan anda tahu gejala awal penyakit ini.

Gejala yang ditimbulkan biasanya berat badan yang merosot drastic, kehilangan nafsu makan, urine berawarna pekat, dan perut yang sering sakit secara tiba-tiba. Virus hepatitis C bisa datang ke tubuh anda jika anda memiliki pola hidup yang tidak teratur, misalnya anda sering telat makan, kurang istirahat dan sangat doyan dengan namanya makanan instan.

Penyakit hati yang bisa dikatakan paling parah adalah kanker hati. Pastilah anda sudah merasa seram jika anda mendengar kata kanker. Kanker hati bisa disebabkan karena virus-virus pada hati yang tidak teratasi.

Radang hati atau hepatitis akan memberikan resiko terburuk yaitu terkena kanker hati. Gejala kanker hatipun hampir sama, anda akan merasakan sakit pada bagian perut, berat badan anda berkurang, urine anda berwarna pekat, badan lemas, kehilangan berat badan, kulit berwarna kuning pucat, dan masih banyak lagi. Untuk itu berhati-hatilah saat anda divonis dokter menderita hepatitis, maka besar resiko anda akan terkena kanker hati.

Beberapa penyakit hati di atas mungkin memang membutuhkan pengobatan medis jika anda ingin benar-benar sembuh. Tetapi, tak ada salahnya anda mencoba cara yang alami untuk mengatasi gangguan pada hati tersebut.

Misalnya, anda sebaiknya rutin melakukan olahraga supaya hati bisa bermetabolisme dengan sempurna, makan yang teratur, istirahat yang cukup, hindari makanan junkfood, dan juga hindari kebiasaan buru seperti merokok dan minuman keras.

Jika anda sudah mau menerapkan gaya hidup sehat, maka penyakit hati tersebut bisa anda cegah dan atasi dengan baik. Semoga informasi tentang macam-macam penyakit hati di atas bermanfaat untuk para pembaca.

BACA:  Faktor Penyebab Utama Penyakit Meningitis pada Manusia

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */