Macam Macam Penyakit Jantung dan Gejalanya

Macam-macam penyakit jantung tentunya perlu untuk anda ketahui karena penyakit ini adalah salah satu penyakit yang mematikan manusia. Organ yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh ini adalah organ manusia yang terbilang paling penting. Ketika jantung terganggu, maka secara otomatis, kerja organ-organ lainnya juga akan terganggu.

Gangguan pada jantung ada beberapa jenis, tergantung dari penyebabnya. Nah, untuk itu, bagi anda yang ingin memiliki jantung yang sehat, tak ada salahnya anda mengetahui gangguan-gangguan pada jantung agar anda bisa mencegahnya lebih dini. Berikut ini informasi selengkapnya.

Jenis penyakit jantung yang pertama, yaitu Aterosklerosis atau jantung koroner. Penyakit jantung koroner ini bisa terjadi karena adanya lemak dan kolesterol yang mengendap pada dinding jantung. Tentunya, penebalan pada dinding jantung tersebut akan menyebabkan jantung tidak bisa bekerja dengan optimal.

macam-macam-penyakit-jantung

Macam-Macam Penyakit Jantung dan Gejalanya

Gejala yang biasanya dirasakan oleh para penderita jantung koroner adalah nyeri pada bagian dada sebelah kiri. Jika anda membiarkan penyakit ini, yang ada anda akan membahayakan pembuluh darah karena bisa saja pembuluh darah macet akibat banyaknya lemak yang menempel pada jantung.

Informasi tentang macam-macam penyakit jantung dan gejalanya tentunya masih berlanjut, kali ini adalah penyakit jantung yang dinamakan infark miokard akut. Penyakit ini adalah lanjutan dari penyakit jantung koroner. Ketika lemak yang menempel pada jantung semakin banyak, maka arteri akan sulit mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Akibatnya, otot-otot pada jantungpun akan melemah karena tidak mendapatkan suplay darah dengan baik. Jika hal tersebut terjadi terus-menerus maka otot-otot jantung akan mengalami disfungsi yang bisa membahayakan jantung anda. Gejala yang dirasakan hampir sama, yaitu anda akan merasakan nyeri pada jantung.

BACA:  Penyakit Jantung Koroner, Bawaan, Rematik, Lemah

Penyakit jantung yang selanjutnya, kelainan katup jantung. Katup jantung adalah salah satu bagian jantung yang mengontrol aliran darah ke jantung atau yang keluar dari jantung. Nah, saat katup pada jantung anda mengalami kelainan, entah bocor atau katup tidak bisa menutup dengan sempurna, maka kerja jantung anda bisa terganggu.

Kebanyakan, orang yang menderita kelainan katup jantung dikarenakan penderita sering mengkonsumsi obat-obatan kimia. Atau, bisa jadi kelainan katup jantung tersebut sudah dibawa sejak ia lahir. Gejala yang biasanya akan anda rasakan adalah denyut jantung yang tidak teratur dan nyeri pada jantung.

Penyakit jantung yang ketiga, gagal jantung. Dari penyakit jantung yang telah dijelaskan sebelumnya, gagal jantunglah yang bisa dikatakan paling mengerikan. Bagaimana tidak, ketika jantung anda mengalami kegagalan, maka organ vital tersebut tidak dapat memompa darah dengan optimal ke seluruh tubuh.

Jantung masih tetap bisa bekerja, tetapi makin hari kerja jantung akan melemah dan bisa saja akan menimbulkan kematian bagi penderitanya. Gejalanya yang mungkin akan anda rasakan, nyeri pada jantung, terasa lemas, detakan jantung yang tidak teratur, dan lain sebagainya. Gagal jantung biasanya disebabkan oleh pola hidup anda yang tidak sehat, sering merokok, sering makan makanan yang berlemak dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana cara mencegah atau mengatasi penyakit jantung? Jika penyakit ini belum parah, anda sebaiknya tak usah banyak mengkonsumsi obat-obatan. Anda bisa mengatasinya dengan cara-cara yang alami, misalnya dengan menjaga pola makan dengan menghindari makanan yang berlemak dan berkolesterol tinggi.

Anda juga harus rajin berolahraga supaya jantung anda bisa tetap bekerja dengan optimal. Tentunya, olahraga yang anda lakukan tidak harus olahraga yang berat. Anda bisa jogging atau bersepeda saja, asalkan itu anda lakukan secara rutin. Semoga informasi tentang macam-macam penyakit jantung di atas bermanfaat bagi para pembaca.

BACA:  Gejala Awal Penyakit Jantung Koroner, Bengkak dan Lemah

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. RSCM Indonesia
  2. Boiexaudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */