Macam-Macam Penyakit Jantung Dan Penyebabnya

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai peran yang sangat penting. Pada bagian inilah darah diolah untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Ia bertugas untuk memompa darah melalui pembuluh darah untuk memberikan darah yang kaya akan oksigen bagi seluruh tubuh. Adanya gangguan atau masalah kecil saja mampu menyebabkan kematian bagi seseorang.

Sudah banyak orang di dunia dikarenakan gangguan jantung ini. Penyakit jantung merupakan sebuah kondisi dimana jantung tidak bisa melakukan fungsinya secara normal. Ada banyak macam-macam penyakit jantung yang dapat menyebabkan kematian bagi seseorang.

Macam-Macam Penyakit Jantung Dan Penyebabnya

Ada berbagai macam-macam penyakit jantung dan penyebabnya yang biasa menyerang manusia, diantaranya adalah:

macam-macam-penyakit-jantung-penyebabnya

1. Otot Jantung Melemah

Melemahnya otot jantung yakni suatu kondisi dimana berbagai otot dan rongga dalam jantung tidak mempunyai kekuatan seperti jantung normal lainnya. Penderita penyakit ini biasanya tidak dapat melakukan berbagai aktifitas yang terlalu berlebihan, sebab aktifitas yang terlalu berat pada jantung mampu menimbulkan rasa sakit pada dada bahkan terkadang salah satu dari macam-macam penyakit jantung dan gejalanya yang memberikan rasa sakit pada dada tersebut mampu menjadikan tubuh tampak kebiru-biruan. Penyebab dari penyakit ini biasanya sudah bawaan semenjak orang tersebut lahir sehingga sedikit sulit untuk dilakukan pengobatan.

2. Celah Antar Serambi

Jantung yang normal dan sehat biasanya mempunyai saluran yang kuat dan tertutup tanpa celah. Pada kasus penyakit ini yakni terdapat celah antara bagian serambi kanan dan bagian serambi kiri yang menyebabkan tercampurnya darah bersih dan darah kotor sehingga tidak terjadi penyaringan untuk memberikan darah yang bersih bagi anggota tubuh.

Penyakit ini biasanya terjadi karena ketidak sempurnanya proses pembetukan lapisan yang telah memisahkan antar serambi pada saat masih berada di dalam kandungan. Seseorang yang menderita penyakit ini biasanya tidak bisa melakukan aktifitas yang terasa berat karena mampu menjadikan tubuh yang mengidap penyakit ini berubah menjadi agak kebiru-biruan dan merasakan sesak nafas meskipun tidak menimbulkan rasa nyeri pada dada.

BACA:  Penyakit Hernia Pada Lelaki , Wanita dan Anak

3. Serangan Jantung

Penyakit yang biasa menyerang masyarakat dan menjadi penyebab utama kematian adalah serangan jantung yang menyebabkan stroke. Serangan jantung merupakan kondisi dimana jantung tidak dapat berfungsi sama sekali yang disebabkan oleh terhambatnya proses suplai darah kedalam jaringan otot-otot jantung karena terjadi sumbatan pada pembuluh darah ataupun pembuluh darah yang mengeras yang dapat disebabkan oleh banyaknya kolesterol, lemak ataupun kadar zat kimia dari obat-obatan yang terlalu banyak.

4. Jantung Koroner

Jantung koroner adalah penyakit jantung dimana terjadi penyempitan pada pembuluh kecil yang bertugas mengalirkan darah dan oksigen ke jantung. Penyakit ini disebabkan oleh pembentukan plak pada dinding arteri atau pengerasan arteri yang dapat disebabkan oleh genitas atau pola hidup yang tidak sehat. Penyebab lain yang turut mempengaruhi terjadinya penyakit ini adalah kadar kolesterol yang tinggi, kebiasaan merokok serta penyalahgunaan substansi dan masalah berat badan dalam artian lain pola diet yang terlalu ketat.

Tips Sehat Menjaga Jantung

Penyakit jantung meskipun hanya kecil mampu memberikan kondisi serta permasalahan yang serius bagi tubuh karena terjadi permasalahan sedikit saja pada jantung mampu mempengaruhi suplai darah yang diedarkan ke seluruh anggota tubuh.

Ada beberapa tips sehat untuk tetap menjaga kondisi jantung agar terhindar dari berbagai macam-macam penyakit jantung yang mematikan antara lain adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Perbanyak mengkonsumsi serat serta sayuran, kurangi berbagai makanan yang mampu meningkatkan kadar kolesterol serta gula darah seperti gorengan dan makanan yang terlalu manis.

Lakukan olahraga secara rutin serta istirahat yang cukup setiap harinya maka mampu menghindarkan anda dari serangan penyakit jantung ini yang mematikan.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Penyakit Herpes Pada Wanita dan Pria




Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */