Macam – Macam Penyakit Mata dan Gejalanya serta Penyebabnya

Macam-macam penyakit mata perlu anda ketahui karena mata adalah salah satu organ yang penting bagi tubuh anda. Tanpa mata, anda tidak bisa melihat dunia dan seisinya. Tanpa mata, andapun tak bisa melihat orang-orang yang anda sayang. Cobalah anda tengok orang yang buta, pastilah mereka sangat ingin bisa melihat dunia walaupun hanya sedetik.

Sehingga, bagi anda yang dianugerahi penglihatan yang normal, tak ada salahnya anda berusaha untuk selalu menjaga mata anda agar tetap sehat. Dan jangan lupa ketahui gangguan-gangguan pada mata agar anda bisa mencegahnya sejak dini. Berikut ini informasi selengkapnya.

Macam-Macam Penyakit Mata dan Gejalanya

macam-macam-penyakit-mata-gejala-penyebab

Penyakit mata yang pertama adalah miopi. Miopi atau rabun jauh ini biasanya disebabkan oleh mata yang digunakan secara terus-menerus tanpa istirahat. Penderita miopi ini biasanya akan mengalami gejala sering pusing atau mata merah dan perih jika digunakan secara berlebihan.

Biasanya, miopi ini disebabkan oleh aktivitas d depan computer yang terlalu lama atau membaca sambil tiduran. Tentunya miopi ini tidak bisa anda entengkan begitu saja, anda bisa mengatasinya dengan memakai kacamata cekung atau minus dan jangan lupa untuk mengkonsumsi wortel dan tomat secara rutin.

Penyakit mata yang kedua, presbiopi. Presbiopi bisa dikatakan kebalikan dari penyakit mata yang sudah dijelaskan sebelumnya. Presbiopi atau mata tua ini mengakibatkan orang tidak bisa melihat benda dengan jarak yang dekat ataupun jauh.

Biasanya, factor usialah yang menyebabkan orang terkena gangguan ini. Nah, untuk menanggulanginya gangguan mata tua ini, selain anda rajin mengkonsumsi sayur dan buah, anda juga sebaiknya memakai kacamata yang berlensa rangkap, yaitu lensa cekung dan cembung.

Informasi tentang macam-macam penyakit mata dan gejalanya tentunya tak hanya sampai disitu saja, masih ada gangguan mata yang lain. Penyakit mata yang selanjutnya adalah rabun senja. Gangguan mata yang satu ini disebabkan karena ketidakmampuan mata untuk menangkap cahaya sehingga ketika hari mulai gelap, penderita akan kesulitan dalam melihat.

BACA:  Penyakit Demam Berdarah Pada Anak dan Cara Pencegahannya

Gejala yang biasanya dirasakan adalah pandangan akan terasa kabur dan mata tiba-tiba akan merasa gelap. Gangguan mata seperti ini mungkin hanya bisa diatasi dengan operasi. Untuk pengobatan alaminya, ya paling anda harus rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel.

Macam-Macam Penyakit Mata dan Penyebabnya

Masih tentang macam-macam penyakit mata dan penyebabnya. Kali ini penyakit mata tidak bisa dientengkan begitu saja. Gangguan mata yang disebut konjungtiva ini biasanya akan menimbulkan gejala awal yang berupa mata gatal dan juga mata merah.

Jika anda mengucek mata terus menerus, maka mata anda akan berair. Gangguan mata ini disebabkan oleh virus sehingga bisa dikatakan menular. Cara mengatasinya bisa anda lakukan dengan cara mengopresnya dengan air hangat atau mengimbrang mata dengan daun sirih.

Penyakit mata yang terakhir, trachoma. Trachoma adalah infeksi mata yang biasanya disebabkan oleh lingkungan yang tercemar. Ketika gangguan mata ini terjadi pada anda, maka mata anda akan membengkak dan terlihat merah.

Cara mengobati trachoma adalah dengan memberikan tetes mata atau menjaga dari lingkungan sekitar. Hati-hati penyakit ini bisa menular jadi hindari kontak langsung dengan orang lain supaya anda tidak menularkan kepada orang lain. Alangkah baiknya, anda tidak menggunakan handuk bersama-sama.

Atau, jika anda ingin keluar rumah, sebaiknya anda memakai kacamata hitam agar mata anda bisa terlindungi. Semoga informasi tentang macam-macam penyakit mata di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. Tan
  2. Suriyati Bt Ab Kadir
  3. Mengeriting rambut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */