Macam Macam Penyakit Mata serta Gejala, Penyebab, Ciri-Ciri

Mata adalah salah satu indra yang sangat penting bagi manusia. Mata merupakan indra penglihatan yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada seluruh umat manusia. Dengan mata, semua orang bisa melihat dan mengenal satu dengan yang lain. Akan tetapi, tidak semua mata kita sehat. Ada macam macam penyakit mata yang sering terjadi pada kita baik kita sadari maupun tidak kita sadari. Seperti trachoma, rabun jauh, rabun dekat, rabun senja dan lain sebagainya.

Seringkali tanpa kita sadari, mata kita tiba-tiba sakit dan tentu saja hal ini akan membuat kita panik. Terlebih banyaknya berbagai macam penyakit mata yang kita temui dewasa ini membuat kita semakin takut.

Macam Macam Penyakit Mata dan Gejalanya serta Penyebabnya

Namun, tahukah anda jika macam macam penyakit mata dan gejalanya dapat kita ketahui sebelumnya. Gejala-gejala yang kita rasakan dapat menjadi tanda peringatan bagi kita bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan organ tubuh kita, yakni mata kita.

Gejala-gejala yang timbul pada sakit mata umumnya berbeda-beda namun jika anda sering merasakan pusing, mata merah, berair, gatal, perih, terasa nyeri, keluar belekan, bengkak, penglihatan kabur. Nah, maka anda harus bergegas untuk memeriksakan kondisi mata anda kepada dokter untuk mengetahui jenis sakit mata anda dan mengantisipasinya agar tidak parah.

macam-macam-penyakit-mata-gejala-penyebab

Setiap gejala yang timbul tentu ada penyebabnya. Demikian juga dengan penyakit mata tentu ada penyebab yang menjadikan mata kita menjadi sakit. Berikut macam macam penyakit mata dan penyebabnya yang mungkin tanpa anda sadari seringkali terjadi pada anda.

Pertama, mungkin anda mempunyai riwayat alergi pada sesuatu, bisa debu, angin, bulu, asap, serbuk dan lain sebagainya yang tanpa kita sadari masuk ke mata kita sehingga dapat menimbulkan rasa sakit pada mata.

BACA:  Macam Macam Penyakit yang Menyerang Paru Paru

Kedua, jika anda merupakan orang yang suka menggunakan lensa kontak dalam kehidupan sehari-hari maka anda perlu waspada, karena bisa jadi penggunaan lensa kontak nya kurang bersih sehingga menimbulkan infeksi dan juga bakteri. Atau bisa juga anda mengucek-ngucek mata anda dengan tangan yang kotor sehingga banyak bakteri yang masuk ke mata anda dan menimbulkan infeksi.

Macam Macam Penyakit Mata dan Ciri Ciri juga Cara Mengatasinya

Bagi anda yang sudah terlanjur terkena penyakit mata, tentu rasanya sangat tidak mengenakkan. Namun, anda tak perlu berkecil hati. Berikut macam macam penyakit mata dan cara mengatasinya. Pertama, perbanyak makan sayur-sayuran yang kaya dengan vitamin A seperti wortel atau tomat.

Kedua, jika mata anda sakit karena rabun jauh, rabun dekat, dan sebagainya, anda dapat menggunakan kacamata yang sesuai dengan penyakit anda. Pilihlah kacamata yang nyaman untuk anda kenakan. Ketiga, pastikan anda selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang area dekat mata.

Keempat, hindari asap, debu dan juga kotoran lainnya. Kelima, hindari membaca, menonton televisi, atau bermain handphone dengan jarak antara benda dan mata pendek. Usahakan dengan jarak yang ideal, kurang lebih 30cm.

Macam macam penyakit mata dan ciri-cirinya dapat kita lihat secara kasat mata. Jika mata memerah dan mengeluarkan belek bisa jadi mata anda terkena penyakit atau bermasalah. Selain itu, ciri yang lain yakni mata bengkak, merah dan berair. Anda perlu waspada dengan ciri-ciri diatas, karena bisa jadi dari ciri-ciri tersebut seseorang terkena penyakit mata.

Demikian ulasan mengenai macam-macam penyakit mata yang seringkali terjadi pada kita. semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Mulai hidup sehat dan hindari penyebab-penyebab penyakit mata seperti diatas.

BACA:  Penyebab Penyakit Herpes Pada Kulit Dan Pengobatannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. toni
    • Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */