Macam Macam Penyakit Menular, Penyebab dan Gejalanya

Macam-macam penyakit menular tentunya perlu untuk anda ketahui karena penyakit menular ini tentunya tak hanya kan membahayakan anda sendiri, tetapi juga orang lain yang ada di sekitar anda. Penyakit menular, bisa diartikan dengan banyak kata.

Penyakit bisa saja tertular karena anda melakukan kontak langsung dengan penderita. Atau, penyakit tersebut dibawa melalui perantara virus atau bakteri yang ada di sekitar anda. Untuk itu, agar anda bisa terhindar dari penyakit yang menular, tak ada salahnya anda mengetahui jenis-jenis dari penyakit yang bisa menular tersebut. Untuk informasi selengkapnya, simak informasi berikut ini.

Macam-Macam Penyakit Menular

macam-macam-penyakit-menular

Macam-macam penyakit menular – penyakit menular yang pertama adalah kolera. Penyakit ini biasanya menyerang saluran pencernaan, terutama usus.

Penyakit kolera ini memang disebabkan oleh bakteri yang bernama Vibrio Cholerae, tetapi biasanya bakteri ini menempel pada makanan sehingga ketika anda memakan makanan tersebut, usus anda akan mengalami gangguan dan akhirnya anda akan mengalami diare terus-terusan.

Jika hal tersebut terjadi, maka cairan tubuh anda akan bisa habis. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan minum air putih sebanyak-banyaknya.

Macam-macam penyakit menular – penyakit menular yang kedua adalah penyakit pes. Penyakit pes ini dulunya sering menyerang orang yang tinggal di pelosok atau orang yang tinggal di pedesaan. Ya, maklum orang pedesaan seringnya kurang memperhatikan kebersihan rumahnya.

Penyakit pes ini disebabkan oleh kutu-kutu yang biasanya dibawa oleh tikus. Sebenarnya bukan kutu-kutu tersebut yang membawa penyakit, tetapi bakteri yang bernama Yersinia. Oleh karena itu, bagi anda yang tak ingin terkena penyakit ini, anda harus rajin menjaga kebersihan lingkungan sekitar anda supaya penyakit menular tersebut tidak anda rasakan.

BACA:  Penyakit Asam Lambung Naik Akut dan Pengobatannya

Penyakit menular yang ketiga yaitu penyakit tipus. Mungkin kebanyakan orang menganggap penyakit ini tidak menular, tetapi ternyata tipus ini malah dikategorikan menjadi salah satu penyakit yang menular karena penyakit ini disebabkan oleh bakteri salmonella typhi.

Ketika bakteri ini menyerang tubuh anda, anda akan sering mengalami gejala pusing, mual, atau nafsu makan yang berkurang. Jika anda membiarkannya begitu saja, anda akan mendapati tubuh menjadi demam tinggi.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memakan makanan yang halus dan anda juga tidak boleh membiarkan perut kosong atau kekurangan cairan.

Penyakit menular yang selanjutnya, penyakit flu. Banyak orang yang mengentengkan penyakit ini karena dianggapnya penyakit flu adalah penyakit yang ringan. Padahal, tahukah anda jika penyakit flu termasuk penyakit yang menular.

Ketika virus influenza sudah menyerang anda, anda kan merasakan tenggorokan terasa gatal dan tubuh juga menjadi lemas. Ada lagi gejala dari penyakit ini, anda akan merasakan tubuh anda sedikit panas dan anda mengalami batuk-batuk. Jika gejala sudah anda lihat, lebih baik anda bisa menanggulanginya dengan cara meminum air hangat dan mengkonsumsi air sebanyak-banyaknya.

Penyakit menular yang terakhir adalah penyakit demam berdarah. Penyakit DB inilah yang biasanya sangat ditakuti oleh orang. Penyakit DB ditularkan oleh nyamuk Aidis Agypty yang biasanya malah bersarang di tempat-tempat yang bersih. Ketika anda terjangkit virus DB ini, anda akan merasakan demam yang tinggi dan demam tersebut seperti pelana kuda, naik turun.

Ketika keadaan semakin parah, bintik-bintik merah akan keluar dari tubuh anda. Penyakit menular ini bisa diatasi dengan cara meminum jus jambu biji merah secara rutin. Atau, anda bisa mengkonsumsi jambu biji ini secara langsung. Semoga informasi tentang macam-macam penyakit menular di atas bermanfaat bagi para pembaca.

BACA:  Gejala Penyakit Ginjal dan Pengobatannya serta Pencegahannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */