Macam Macam Penyakit Paru Paru, Gejalanya, dan Penyebabnya

Macam-macam penyakit paru-paru perlu untuk anda ketahui karena paru-paru adalah salah satu organ vital dalam tubuh yang perlu untuk anda jaga kesehatannya. Ketika paru-paru anda mengalami gangguan, pastilah anda akan merasakan sangat tidak enak. Bayangkan, anda tidak bisa bernapas dengan baik, anda sering merasakan sesak.

Pastinya hal tersebut akan membuat anda tidak nyaman dalam beraktivitas dan aktivitas andapun bisa terganggu. Nah, jika anda mengaku cinta dan sayang dengan paru-paru anda, tak ada salahnya anda mengetahui beberapa gangguan yang biasanya terjadi pada paru-paru, agar anda bisa melakukan pencegahan sejak dini. Untuk lebih detailnya, simak informasi berikut ini.

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru dan Penyebabnya

macam-macam-penyakit-paru-paru-gejala-penyebab

Macam-macam penyakit paru-paru dan penyebabnya – penyakit paru-paru yang pertama adalah radang paru-paru. Radang paru-paru dalam istilah medis disebut dengan pneumonia. Radang paru-paru disebabkan oleh bakteri yang dikenal dengan nama streptococcus pneumonia.

Jika bakteri tersebut sudah menyerang paru-paru anda, gejala yang biasanya dialami oleh penderita seperti: sesak pada dada, hilangnya kesadaran, demam, muntah darah, nyeri pada dada. Nah, jika anda pernah mendapati gejala tersebut, alangkah baiknya anda langsung check up ke dokter.

Penyakit paru-paru yang kedua adalah emfisia. Apa itu emfisia? Mungkin nama istilah medis tersebut masih asing di telinga anda. Emfisia adalah gangguan pada paru-paru yang biasanya menyebabkan kerusakan pada alveoli paru-paru.

Saat gangguan tersebut menyerang tubuh anda, maka gejala yang akan anda rasakan adalah anda akan sering merasakan kesulitan dalam bernapas, muntah darah, dan sesak napas. Emfisia ini kebanyakan akan menyerang orang-orang yang sangat suka dengan rokok atau perokok berat. Jadi, bagi anda yang merasa sangat suka dengan rokok, berhati-hatilah karena emfisia bisa saja menyerang anda sewaktu-waktu.

BACA:  Jenis Penyakit Kulit Pada Bayi Dan Pengobatannya

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru dan Gejalanya

Macam-macam penyakit paru-paru dan gejalanya – penyakit paru-paru yang keempat adalah tubercolusis atau lebih dikenal dengan nama TBC. Penyakit ini adalah penyakit paru-paru yang bisa menular karena penyakit ini disebabkan oleh bakteri mycobacterium tubercolusis.

Gejala yang dirasakan oleh penderita adalah demam tinggi, terutama pada pagi dan sore hari, batuk-batuk disertai muntah darah, dan nafsu makanpun menjadi menurun sehingga berat badan merosot drastic.

Ketika anda mendapati gejala tersebut, langkah baiknya anda langsung berkonsultasi ke dokter supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut. Penyakit ini biasanya dapat terjadi karena penderita kurang menjaga kebersihan, stress, dan memiliki pola hidup yang tidak sehat.

Penyakit paru-paru yang selanjutnya kanker paru-paru. Tentunya dari beberapa gangguan pada paru-paru yang telah disebutkan di atas, kanker paru-paru inilah yang paling membahayakan karena penyakit ini bisa menyebabkan penderitanya meninggal dunia alias mati.

Kanker paru-paru biasanya bisa menyerang orang-orang yang suka melakukan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum miras, orang yang terkena radiasi kimia, atau orang-orang yang sehari-harinya kerja di pabrik bahan-bahan kimia.

Gejala kanker pada paru-paru ini hampir sama dengan gangguan paru-paru yang lain, yaitu: sesak pada dada, muntah darah, nyeri pada dada, dan mudah lemas, dan berat badan turun dengan drastic.

Setelah anda mengetahui beberapa gangguan pada paru-paru tersebut, anda bisa mengatasi penyakit tersebut atau melakukan pencegahan dengan cara melakukan pola hidup teratur dan sehat.

Anda bisa mulai menghindari kebiasaan buruk seperti, merokok dan miras, memakai masker jika harus berkontak langsung dengan bahan-bahan kimia, jangan terlalu stress, mengkonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga secara rutin, dan masih banyak lagi.

BACA:  Penyakit Pada Mata Manusia dan Cara Mengatasinya

Bukankah ketika anda bisa mencegah penyakit tersebut akan terasa lebih baik daripada anda harus mengobatinya. Semoga informasi tentang macam-macam penyakit paru-paru di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. Doni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */