Macam Macam Penyakit yang Menyerang Paru Paru

Mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan paru-paru seperti macam macam penyakit paru paru merupakan hal yang patut dilakukan karena menyangkut salah satu bagian tubuh yang sangat vital. Paru-paru sendiri merupakan salah satu alat yang membantu pernafasan manusia sehingga gangguan sedikit saja maka bisa memicu bahaya, bahkan bisa menjadi sesuatu yang berakibat fatal.

Untuk itu, ada baiknya jika anda benar-benar tahu tentang macam-macam penyakit yang menyerang paru-paru sehingga anda bisa mengenali gejalanya sejak dini sebagai bentuk pencegahan ataupun sekedar pengetahuan yang mungkin akan menjadi sangat bermanfaat di kemudian hari.

Macam Macam Penyakit Paru Paru pada Manusia

macam-macam-penyakit-paru-paru-pencegahannya

Dewasa ini, tingkat kesehatan paru-paru masyarakat khususnya di Indonesia memang cukup miris. Pasalnya tingkat konsumsi rokok di Indonesia memang cukup tinggi. Tak hanya perokok aktif yang terkena akibatnya, akan tetapi perokok pasif pun mendapatkan imbasnya dari asap yang ditimbulkan perokok aktif tersebut.

Belum lagi kasus kebakaran hutan yang menimbulkan asap yang tentu saja membahayakan bagi paru-paru manusia. Untuk itu, anda perlu tahu apa saja macam macam penyakit paru paru dan pencegahannya sehingga anda bisa terhindar dan melakukan tindakan pencegahan sejak dini.

Sebagai alternatif pencegahan lainnya, berikut macam-macam penyakit paru-paru dan penyebabnya yang telah kami rangkum untuk anda. yang pertama ada pneumonia atau penyakit radang paru-paru. Penyebab penyakit ini sendiri merupakan bakteri yang menyerang paru-paru bernama streptococcus pneumonia.

Radang paru-paru memiliki gejala-gejala seperti demam, sesak atau nyeri di dada, muntah darah, hingga hilang kesadaran. Kemudian ada juga penyakit yang disebut Emfisia. Emfisia merupakan suatu gangguan paru-paru yang dapat mengakibatkan kerusakan pada salah satu sel penting paru-paru yaitu alveoli. Hal ini tentu merupakan sesuatu yang buruk karena akan membuat anda menjadi sulit bernapas. Mayoritas kasus Penyakit ini terjadi pada perokok karena pemicu utama Emfisia adalah zat-zat yang banyak terkandung di rokok.

BACA:  Penyakit Asam Urat dan Kolesterol dan Gejalanya Pencegahannya

Selanjutnya ada penyakit paru-paru yang mungkin telah sering anda dengar yaitu Tubercolusis atau TBC. Penyakit yang satu ini disebabkan bakteri mycobacterium tubercolusis dan termasuk ke dalam kategori penyakit yang menular. Untuk itu anda harus benar-benar waspada. Gejala TBC sendiri bisa dikenali dengan ciri seperti demam yang sangat tinggi, batuk yang diikuti dengan muntah darah, nafsu makan turun dan berat badan turun drastis.

Terakhir ada penyakit kanker-kanker paru-paru. Penyakit yang satu ini tentu merupakan penyakit paling berbahaya dan mematikan diantara penyakit paru-paru lainnya. kanker paru-paru memiliki gejala-gejala yang cenderung sama seperti sesak nafas, muntah darah, nyeri dada, mudah lelah dan berat badan yang turun drastis. Jadi, mewaspadai gejala-gejala tersebut memang sangat diperlukan.

Jenis penyakit yang menyerang paru paru memang cenderung parah. Untuk itu, pengetahuan mengenai macam macam penyakit paru paru dan gejalanya adalah salah satu solusi yang paling baik. Selain itu, melakukan berbagai pencegahan juga sangat penting untuk dilakukan seperti penerapan gaya hidup yang bersih dan sehat.

Jagalah selalu kebersihan di sekitar anda dan hindari gaya hidup yang tidak baik seperti merokok, mengkonsumsi minuman keras, dan bahan-bahan kimia yang memang dapat memicu salah satu penyakit paru-paru ini.

Anda juga sebaiknya selalu menggunakan masker ketika bepergian terutama di jalan raya yang cenderung memiliki banyak polusi udara. Selalu konsumsi makanan sehat dan bergizi dan lakukan olahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu. Dengan begitu anda bisa terhindar dari macam macam penyakit paru paru yang sangat membahayakan dan beresiko pada kematian.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

BACA:  Penyakit Wasir dan Gejalanya dan Pengobatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */