Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Pada saat awal kehamilan adalah masa-masa yang tidak menentu, yaitu antara senang dan khawatir dan pada awal momen ini sang janin merasa sensitif. Penyebab kekhawatiran ini terkadang dipengaruhi oleh kondisi sang ibu, baik dari psikis maupun fisik yang kurang membaik. Sehingga yang terjadi sang ibu akan mengalami drop, baik kondisi emosional, kesehatan, dan nafsu makan.

Sedangkan, sang janin yang ada dalam kandungan membutuhkan ketenangan emosional, energi, dan asupan gizi sang ibu untuk mempertahankan kondisi kesehatan sang janin. Salah satu dari ketiga unsur penting untuk diperhatikan adalah asupan gizi untuk ibu hamil. Untuk itu, tulisan ini akan membahas tentang makanan sehat untuk ibu hamil muda.

Makanan Yang Harus Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-muda

Pada dasarnya makanan sehat untuk ibu hamil muda adalah makanan yang dikonsumsi dalam keadaan matang dan jangan mengkonsumsinya dalam keadaan mentah maupun setengah matang. Hal ini dikarenakan dalam makanan yang tidak dimasak biasanya menyimpan mikroba dan bekteri yang bisa membahayakan sang janin dan masih dalam keadaan sensitiv dari segala macam gangguan.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya ibu hamil mengonsumsi makanan yang sudah dimasak dan benar-benar matang. Berbeda dengan mengonsumsi buah-buahan, yang memang lebih baik dikonsumsi ketika dalam keadaan masih segar.

Makanan sehat untuk ibu hamil muda yaitu makanan yang mengandung vitamin, protein, karbohidrat, dan zat besi. Makanan yang mengandung protein (seperti kedelai, daging, kacang-kacangan, dan daging), untuk makanan yang kaya vitamin (buah, susu, daging, ikan yoghurt, kacang-kacangan, telur, sayuran), karbohidrat (beras merah dan coklat ini merupakan makanan kaya karbohidrat), zat besi (sayuran, daging, dan hati).

Selain makanan-makanan tersebut, air putih ini wajib untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pada umumnya ketika kondisi normal minimal mengonsumsi air putih setiap harinya 8 gelas. Pada saat hamil, kebutuhan air ini akan lebih banyak. Hal ini untuk agar terhindar dari dehidrasi ketika hamil. Semua ini perlu diperhatikan, demi untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi yang ada di dalam kandungan.

BACA:  Obat Radang Tenggorokan Untuk Anak Murah Dan Mujarab

Selain beberapa Makanan sehat untuk ibu hamil muda sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, buah – buahan yang banyak mengandung vitamin C juga merupakan makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil muda. Hal ini dikarenakan vitamin C akan membantu proses penyerapan pada zat besi di dalam tubuh ibu hamil. Sehingga jika Anda ibu hamil mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, namun tidak diimbangi dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C akan sia-sia.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */