Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Bernutrisi dan Bergizi

Bagi Anda seorang ibu yang baru dikarunia anak pasti akan membutuhkan air susu ibu. Sebagai ibu yang sedang menyusui sudah seharusnya memperhatikan dan menjaga pola makan setiap harinya. Karena ibu menyusui perlu tenaga yang super dibanding ibu-ibu yang tidak sedang menyusui.

Seorang ibu menyusui ini perlu asupan nutrisi dan gizi, agar dapat terserap ke air susu ibu. Lantas makanan yang seperti yang bisa memberikan nutrisi dan gizi yang baik untuk ibu menyusui ? Nah tulisan ini akan membahas tentang makanan sehat untuk ibu menyusui.

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui dg Menu Bergizi dan Bernutrisi

makanan-sehat-untuk-ibu-menyusui

Pada dasarnya makanan khusus untuk ibu menyusui itu tidak ada, namun pola makanan sehat untuk ibu menyusui yang perlu diperhatikan. Diantaranya, Anda perlu memperbanyak cairan tubuh (air putih, air susu dan buah), Beras dan biji-bijian (seperti jagung, gandum, roti yang mengandung nutrisi dan serta), buah-buahan, sayuran segar (yang mengandung zat besi, seperti kangkung, bayam dan katuk), mengonsumsi susu yang lemaknya rendah (yoghurt, keju mengandung kalsium, vitamin, dan protein), dan ikan laut yang mengandung omega 3.

Nah sebagai seorang ibu yang mempunyai anak kecil ini wajib memperhatikan betul pola makan yang sehat dan bergizi sehari-hari, bisa dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti yang sudah disebutkan di atas.

Namun untuk ikan laut tidak semuanya baik dikonsumsi apalagi menjadi makanan sehat untuk ibu menyusui. Sebagaimana yang disebutkan US Environmental Protection Agency (EPA) bahwa ibu yang sedang menyusui tidak diperbolehkan mengonsumsi ikan todak, ikan hiu, ikan ubin, dan makarel raja. Hal ini dikarenakan dalam ikan-ikan tersebut mengandung zat merkuri yang sangat tinggi. Ikan laut yang masih aman untuk dikonsumsi yaitu ikan salmon, pollock tuna, serta ikan patin karena kandungan merkurinya masih rendah.

BACA:  Obat Flu Untuk Ibu Menyusui Yang Aman Untuk Bayi

Ketika Anda sudah mengetahui jenis makanan sehat untuk ibu menyusui, maka Anda juga harus memperhatikan beberapa hal agar ASI Anda tetap sehat untuk bayi Anda. Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu menyusui diantaranya, menjauhi rokok, alkohol, jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, Membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti minyak kelapa atau mentega, jangan mengonsumsi obat, serta jauhi makanan. Nah sampai di sini, Kami yakin pasti Anda sudah memahaminya.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */