Manfaat Air Bagi Kehidupan Manusia Wajid Dilestarikan

Air merupakan bagian yang paling utama dari planet bumi. Oleh karena itu, manfaat air bagi kehidupan tidak bisa disangkal sebagai satu hal yang sangat penting juga. Tanpa adanya air, maka seluruh makhluk hidup tak akan bisa melanjutkan kehidupan mereka dengan sentosa. Satu alasan mengapa manusia belum bisa pindah ke planet lain adalah karena tidak adanya air sebagai penopang kehidupan di planet-planet selain planet bumi. Bisa dikatakan bahwa 80 persen kandungan bumi tersusun dari air.

Menjaga Manfaat Air Bagi Kehidupan Manusia

manfaat-air-bagi-kehidupan

Seluruh makhluk hidup memang membutuhkan air. Meskipun demikian, di antara sekian manfaat air bagi kehidupan makhluk hidup, adalah lebih penting lagi manfaat air bagi kehidupan manusia. Manusia memiliki lebih banyak kebutuhan akan air karena perbedaan karakteristik dan juga konsep bagaimana mereka hidup.

Sementara makhluk hidup yang lain hanya membutuhkan air demi kebutuhan-kebutuhan parsial, maka bagi manusia air sangat berguna untuk sangat banyak kebutuhan, misalnya untuk minum, untuk mandi, untuk mencuci, untuk transportasi, dan lain sebagainya.

Berhubung sangat banyak manfaat air bagi manusia, maka akan sangat penting untuk menjaga keberadaan dan kelestariannya supaya ragam manfaat air bagi kehidupan masih bisa dinikmati. Kelangkaan air akan menyebabkan tambahan masalah dalam kehidupan manusia sehari. Lihat misalnya kondisi perkotaan yang memang memiliki sedikit sumber air.

Maka untuk mendapatkan air dengan segala kegunaannya, penduduk perkotaan harus mengeluarkan biaya yang terkadang tak sedikit. Hal itu merupakan hal yang sedikit menyusahkan khususnya bagi mereka yang bukan orang kaya.

Berbeda dengan misalnya di pedesaan. Karena masih ada banyak sumber air di sana, maka akan lebih mudah pula untuk mendapatkan manfaat air bagi kehidupan manusia di sana. Oleh karena itu, demi menjaga kelestarian air dan manfaatnya, maka sudah sepantasnya bagi manusia untuk melakukan berbagai tindakan pencegahan kelangkaan air, misalnya dengan menghindari membuang sampah di sungai supaya aliran airnya tetap jernih dan bisa digunakan. Hal itu akan meminimalisir pengeluaran biaya demi mendapatkan air.

BACA:  Daun Sirsak Untuk Kista Sebagai Penyembuhan Tradisional

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */