Mengenal Jenis Penyakit Tulang Pada Manusia

Tulang adalah penyangga rangka tubuh pada vertebrata termasuk manusia. Tulang merupakan jaringan sel yang di dominasi oleh matrik kolagen yang disebut osteoid. Osteoid ini termineralisasi oleh kalsium menjadi kaku dan kuat. Pertumbuhan tulang dimulai dari bayi hingga dua dekade dalam susunan yang teratur. Tulang juga bisa terkena penyakit.

Penyakit tulang merupakan sebuah gejala penyakit yang seringkali tidak disadari oleh manusia. Seseorang yang menderita sakit tulang kadang kala tak merasa kalau tulangnya sedang sakit. Biasanya orang menyadari kalau dirinya mengidap penyakit tulang saat penyakit tersebut sudah tak bisa di obati.

Informasi mengenai penyakit tulang sangat dibutuhkan untuk kita semua agar mengenali gejala dan tanda tanda tulang kita yang sakit. Dengan tulang yang sehat tentunya kita akan mampu menjalankan aktivitas sehari hari dengan maksimal. Tulang manusia terdiri dari kolagen yang berisi kalsium fosfat dan mineral yang membuat tubuh dapat disangga dengan baik oleh tulang.

Penyakit Tulang Pada Manusia

penyakit-tulang-pada-manusia

Tulang yang terdiri dari kalsium dan kolagen memungkinkan manusia untuk menyangga tubuh dan beraktivitas. Hampir 99 persen kalsium berada pada tulang dan gigi sisanya berada dalam darah. Tulang manusia berkembang dan tumbuh sepanjang hidup. Walaupun begitu tulang juga bisa terserang penyakit. Berikut ini adalah berbagai macam penyakit tulang pada manusia.

Penyakit tulang yang paling familiar adalah osteoporosis. Penyakit ini dapat menimbulkan turunnya kepadatan tulang atau tulang menjadi semakin rapuh. Osteoporosis menggerogoti tulang trabecular yang membuat kekuatan tulang menjadi turun secara drastis. Hal ini membuat tulang menjadi mudah patah.

Bisanya penyakit ini menyerang perempuan yang berusia lanjut setelah menopause. Selain itu ada pula yang bernama osteonmleitis penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan kekuatan tulang menjadi hilang.

BACA:  Penyebab Penyakit Herpes pada Kulit Dan Pengobatannya

Penyakit lain yang mirip dengan osteoporosis adalah osteomalacia penyakit ini disebabkan karena kurangnya vitamin d atau juga disebabkan karena ada proses metabolisme dalam tubuh salah yang membuat tulang mudah lunglai. Selain lunglai jika menderita penyakit ini tulang juga akan mudah patah.

Selain itu ada satu jenis penyakit yang sering menyerang anak anak yaitu ricket ricket. Hal ini disebabkan karena adanya penumpukan kalsium pada bagian tubuh tertentu. Biasanya diakibatkan karena terlalu banyak minum susu kalsium atau karena paparan sinar matahari.

Agar terhindar dari berbagai macam penyakit pada tulang sebaiknya kita merawat dan melindungi tulang sejak dini. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat tulang dan menjaga kesehatannya. Berolahraga secara teratur untuk menghindari resiko penyakit tulang. Dengan berolahraga dan banyak bergerak maka komposisi tulang akan menjadi padat dan tidak mudah keropos. Selain itu asupan makanan yang bergizi dan mengandung serat yang tinggi sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Selain hal hal diatas cara merawat dan menghindari penyakit tulang adalah dengan mengkonsumsi susu kalsium tinggi. Jika ada tanda tanda nyeri atau sakit pada tulang atau persendian segera konsultasi ke dokter.

Diet seimbang dengan rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dan banyak mengandung vitamin D sangat baik untuk kesehatan tulang. Alkohol dan rokok sangat tidak baik untuk kesehatan. Dan yang paling penting adalah melakukan tes pemeriksaan tulang secara rutin. Tulang dan tubuh adalah anugerah tuhan yang wajib kita syukuri dan jaga. Oleh karena itu menjaga kesehatan tubuh serta tulang adalah hal yang patut kita lakukan sebagai rasa syukur dan upaya merawat kesehatan.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Ciri Ciri Penyakit Kolesterol Tinggi dan Pencegahannya




Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */