Mengenal Penyakit Kawasaki Secara Cermat

Penyakit Kawasaki merupakan penyakit dengan peradangan menyeluruh pada seluruh pembuluh darah. Kawasaki merupakan penamaan terhadap penyakit ini yang diambil dari seorang Dokter anak di jepang bernama Tomisaku Kawasaki pada tahun 1967.

Dari penamaan tersebut, penyakit ini banyak diketemukan di jepang. Namun bukan berarti penyakit ini tidak ditemukan dinegara lain, karena penyakit ini merupakan penyakit dalam kategori umum terjadi. Di Negara atau daerah lain memungkinkan memiliki penamaan sendiri. Secara pasti penyebab penyakit ini belum diketahui, yang ada masih bersifat praduga atau spekulasi.

Para peneliti banyak yang mengungkapkan disebabkan oleh factor infeksi yang dipengaruhi oleh virus atau bakteri. Pendapat lain juga mengarah pada factor keturunan sebagai pemicunya. Penyakit ini mewabah terutama pada daerah atau lokasi tertentu dan lebih banyak ditemukan pada musim dingin atau musim semi.

Mengenal Penyakit Kawasaki

Gejala orang yang terserang penyakit yang disebut Kawasaki adalah terjadinya demam yang semakin meninggi berlangsung dalam waktu cukup lama, bahkan hingga dua atau tiga minggu. Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening pada salah satu sisi leher.

penyakit-kawasaki-pada-anak

Bercak merah menjadi penanda awal munculnya penyakit ini dan banyak dijumpai pada sekitar selangkangan. Kedua mata mengalami peradangan tanpa disertai keluarnya kotoran. Gejala selanjutnya muncul yang dinamakan lidah strowberi, karena bentuknya bintil-bintil merah mirip seperti buah strowberi.

Selaput lendir mulut lebih merah dari biasanya disertai bibir yang berwarna merah, kering dan pecah-pecah. Telapak tangan dan kaki membengkak dan berwarna merah disertai pengelupasan kulit seiring meredanya demam. Nyeri pada lutut, pinggul dan mata kaki yang terkadang tetap berlangsung untuk beberapa waktu setelah penyakit hilang.

Penyakit Kawasaki Pada Anak

Penyakit Kawasaki pada anak paling sering dijumpai terutama pada anak laki-laki. Hal ini mungkin disebabkan oleh daya tahan tubuh anak-anak yang masih lemah sehingga rentan terserang virus dan berbagai pemicu penyakit lainnya. Saat anak diperiksakan ke Dokter, sering mereka mendiagnosa terkena campak, alergi obat, infeksi virus atau gondokan.

BACA:  Penyakit Paru-Paru Basah Menular atau Tidak

Hal ini disebabkan gejala yang hampir sama pada anak yang mengalami penyakit tersebut, yaitu demam tinggi disertai munculnya bercak-bercak merah dibadan seperti penderita campak. Kedua mata memerah yang bukan kategori belekan serta pembengkakan kelenjar getah bening seperti orang gondokan pada satu sisi leher.

Penyakit ini bukanlah penyakit yang menular, namun cukup berbahaya apabila terlambat penanganan karena bisa beresiko dengan kematian. Keterlambatan penanganan bisa merusak pembuluh arteri jantung dengan adanya peradangan.

Pembuluh jantung bisa semakin membengkak yang membuat dinding pembuluh menipis. Pembengkakan ini bisa menyebabkan turbulensi yang mengakibatkan aliran darah tidak lancar bahkan jika fatal bisa menyebabkan pembekuan darah. Pasokan oksigen dari darah yang kurang lancar dapat merusak otot jantung.

Penderita penyakit ini dalam kasus lebih lanjut harus meminum obat pengencer darah yang bisa berlangsung seumur hidup. Apabila hal ini terjadi pada anak, harus benar-benar dijaga kesehatan dan daya tahan tubuhnya serta melakukan kontrol tahunan untuk jantungnya.

Pengobatan penyakit ini adalah dengan rawat inap terlebih pada anak dengan pengawasan oleh dokter spesialis jantung. Pengobatan bisa dengan pemberian immunoglobulin yang diperoleh dari plasma donor darah dengan dosis pemakaian 2 gram/kg BB secara infuse selama 10-12 jam. Obat ini guna menekan resiko kerusakan jantung dan meredakan Kawasaki desease.

Harganya yang mahal menjadi kendala untuk pemakaiannya. Asam salisilat juga diberikan pada penderita untuk mencegah sumbatan pembuluh koroner dan kerusakan jantung. Apabila pengobatan dengan obat tidak berhasil diperlukan operasi pintas koroner bahkan ekstrimnya dengan transplantasi jantung. Pengobatan alami bisa menggunakan obat herbal yang mengandung antiseptic alami dan meningkatkan system imun tubuh seperti yang terdapat pada teripang emas maupun propolis.

BACA:  Penyakit Cacar Air Api Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Penyakit Kawasaki termasuk penyakit tersembunyi. Secara pasti untuk pencegahan penyakit ini juga belum diketemukan. Namun mengacu pada gejala yang muncul pada penderita, peningkatan system imun tubuh menjadi penting dilakukan. Terlebih pada anak-anak, orang tua harus memberikan perhatian yang lebih.

Pengenalan ciri-ciri dan gejala pemicunya menjadi penting untuk dapat melakukan langkah penanganan cepat bila muncul tanda-tanda tersebut. Memeriksakan ke dokter atas gejala penyakit yang dialami terutama anak-anak menjadi hal utama, jangan sampai menunggu waktu yang lama, karena penyakit ini juga kadang masih rancu dalam penegakan diagnosanya dengan penyakit lain, bahkan oleh dokter sekalipun.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */