Mengobati Bisul Dengan Obat Apotik Dan Obat Herbal

Bisul walaupun terdengar sepele untuk sebagain orang, tetapi nyatanya bisul merupakan masalah yang serius bagi penderitanya. Bagi orang yang menderita bisul atau biasa disebut dengan bisulan, rasanya pasti tidak nyaman karena terasa sakit dan pegal apabila dipegang. Bisul dapat timbul di bagian tubuh mana saja, tetapi biasanya timbul di bagian tubuh yang mudah terkena bakteri atau bakteri mudah berkembang biak. Ada beberapa gejala awal yang dapat Anda perhatikan dari penyakit bisul, yaitu :

  1. Jika Anda perhatikan, ketika bisul muncul, di sekitar bisul kulit akan memerah dan bengkak. Hal ini karena adanya bakteri di dalam kulit dan bisul berisikan cairan atau nanah sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi bengkak. Ketika disentuh, di kulit sekitar bisul akan terasa pegal dan hanga. Apabila sudah terasa hangat, tandanya bakteri di dalam bisul sudah menyebar ke sekeliling bisul.
  2. Bila diperhatikan, di pusat titik bisul terdapat titik berwarna putih yang merupakan nanah. Nanah ini lebih keras dari pada nanah yang ada di bawah permukaan kulit.

Apabila bisul tidak segera diobati, bisul dapat menimbulkan gejala-gejala lanjutan, yaitu :

  • Jika tidak segera dilakukan pengobatan untuk mengecilkan bisul atau mengeluarkan cairan bisul, maka dapat menyebabkan bisul membesar.
  • Rasa sakit di bisul dan sekitar bisul akan bertambah.
  • Bakteri penyebab bisul dapat menyebar ke permukaan kulit yang lain, dimana hal ini dapat menimbulkan benjolan-benjolan kecil yang biasa disebut dengan karbunkel. Apabila hal ini terjadi, tandanya bisul sudah mencapai tahap infeksi yang serius.
  • Bisul bahkan dapat menyerang ke organ dalam manusia, seperti tulang belakang.
  • Bila bisul sudah berada pada taraf serius, bisul dapat mengakibatkan demam pada penderitanya.

Obat Bisul Herbal yang Ampuh

Sebenarnya, untuk mengobati bisul ada beberapa cara antara lain dengan menggunakan obat bisul. Obat bisul juga dapat digolongkan menjadi dua kelompok yaitu obat bisul herbal dan obat bisul apotek. Bagi Anda yang lebih suka obat bisul herbal, ada beberapa bahan yang dapat Anda pergunakan untuk obat bisul herbal sebagai salah satu obat bisul andalan Anda.

BACA:  Obat Sariawan Yang Manjur Secara Herbal Alami

1. Mentimun
Mentimun, bukan hanya berkhasiat untuk perawatan atau masker wajah, tetapi juga dapat bermanfaat sebagai obat bisul. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan potongan timun pada bisul atau menumbuknya halus terlebih dahulu kemudian ditempelkan di atas bisul. Rasa dingin dari mentimun akan meredam rasa hangat yang ditimbulkan oleh bakteri bisul. Mentimun mengandung anti-inflamasi tinggi yang berguna untuk mencegah peradangan pada kulit. Mentimun dapat digunakan sebagai obat bisul di kepala atau obat bisul di mata. Hal ini karena sifat mentimun yang dingin. Mentimun dapat dijadikan obat bisul ampuh untuk anggota tubuh yang sensitif seperti mata.

2. Biji pala
Mungkin sebagian dari Anda sangat jarang mendengar biji pala. Biji pala biasanya digunakan untuk bumbu masakan tradisional. Namun, biji pala juga dapat berguna sebagai obat bisul. Caranya menggunakannya, Anda dapat menghancurkannya kemudian tempelkan di atas bisul dan tunggu beberapa menit. Biji pala dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bisulan karena biji pala memiliki kandungan anti-bakterial untuk melawan bakteri dan mencegah infeksi. Biji pala dapat dijadikan sebagai obat bisul di ketiak dan obat bisul di kepala. Biji pala merupakan obat bisul ampuh untuk anggota tubuh yang tidak sensitif seperti ketiak dan kepala.

3. Lidah buaya
Lidah buaya selain dapat digunakan untuk menyuburkan dan meningkatkan kesehatan rambut, dapat pula bermanfaat untuk obat bisul. Lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai obat bisul karena memiliki kandungan vitamin, mineral alami dan antioksidan yang memiliki banyak manfaat. Menggunakan lidah buaya untuk obat bisul dapat dilakukan dengan cara mengoleskan daging lidah buaya secara rutin dan berkala pada bisul. Apabila dinilai kurang efektif, Anda dapat memotong daging lidah buaya kemudian ditempelkan di atas bisul dan ditutup dengan menggunakan kain yang halus. Kandungan vitamin, mineral alami dan antioksidan dapat membunuh bakteri. Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat bisul di mata atau obat bisul di kepala karena sifatnya yang dingin.

BACA:  Manfaat Akar Alang Alang utk Menyembuhkan Penyakit

4. Bawang Merah
Bawang merah juga dapat digunakan untuk obat bisul yaitu dengan memarut bawang merah sebanyak dua sampai dengan tiga butir. Sebelum menempelkan parutan bawang merah ke bisul, Anda dapat mengompresnya terlebih dahulu. Tunggu antara satu sampai dua jam. Setelah dirasa cukup, bilas kembali dengan air hangat.

5. Asam Jawa
Asam Jawa bukan hanya berkhasiat untuk memperlancar datang bulan, tetapi juga dapat digunakan sebagai obat bisul. Namun, untuk menggunakan asam jawa, Anda harus memilih biji asam jawa yang berwarna hitam. Cara menggunakan asam jawa sebagai obat bisul adalah dengan cara mencampurkan asam jawa dengan minyak kelapa dan garam secukupnya. Sebelum menempelkannya pada bisul, bisul terlebih dahulu dibersihkan. Setelah bersih Anda dapat menempelkan asam jawa yang sudah dicampur dengan minyak kelapa dan garam pada bisul. Tunggu lah sampai asam jawa terlihat mengering. Hal ini menandakan bahwa ramuannya meresap ke dalam bisul. Setelah itu, bilas bisul dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Selain menggunakan obat bisul herbal, Anda juga dapat menggunakan obat bisul si apotik. Obat bisul di apotik ada beberapa bentuk seperti obat bisul salep maupun obat bisul tablet, sifatnya dapat sebagai obat bisul antibiotik maupun obat bisul untuk menghilangkan bisul tersebut. Berikut adalah penjelasan untuk obat bisul salep dan obat bisul antibiotik.

1. Obat bisul salep

Obat bisul salep ada beberapa macam, antara lain yaitu :

  • Benzocaine salep
    Salep ini memiliki khasiat untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan oleh bisul. Untuk dapat menggunakan obat bisul salep ini, penderita sebaiknya menggunakannya dengan resep dokter.
  • Mupirocin salep
    Mupirocin salep merupakan obat bisul salep yang temasuk dalam antibiotik. Mupirocin salep sangat efektif untuk membunuh bakteri yang ada dalam bisul. Salep ini dapat digunakan sebanyak tiga kali sehari, namun penggunaannya harus mengikuti resep dokter untuk mengantisipasi timbulnya efek samping.
BACA:  Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Menyusui Yang Tepat

2. Obat bisul pil

Obat bisul juga dapat berupa pil. Obat bisul pil ini merupakan jenis obat bisul yang digunakan untuk mengobati bisul pada bagian-bagian tubuh tertentu, teruatam bagian tubuh yang sensitif. Berikut akan dijelaskan beberapa obat bisul pil yang dapat bermanfaat dalam mengobati bisul

  • Macrolide
    Yang termasuk dalam macrolide adalah eritromisin dan klaritromisin. Untuk penggunaannya harus dengan resep dokter karena memiliki efek samping.
  • Obat anti nyeri
    Obat anti nyeri merupakan obat bisul yang berguna untuk menghilangkan gejala nyeri akibat bisul.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari cara mengobati penyakit bisul dengan obat bisul alami cepat sembuh dan obat bisul tradisional yang paling ampuh atau bagi Anda yang ingin mengobati bisul secara medis dengan obat bisul apotik seperti obat bisul salep dan obat bisul pil. Untuk mengantisipasi timbulnya bisul Anda perlu mengetahui penyebab bisul dan cara mengobatinya.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */