Mewaspadai Penyakit Gastritis Kronis dan Akut

Penyakit gastritis menyebabkan radang yang menyerang pada lambung sehingga penderita akan merasakan rasa perih pada lambung, mual dan panas pada lambung, penyakit gastritis lebih dikenal sebagai maag oleh masyarakat awam, penyakit gastritis juga merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh umat manusia, pada tataran tertentu penyakit gastritis akan sangat menyakitkan dan menyiksa anda, penyakit gastritis bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung yang dapat merusak lambung anda dan menyebabkan peradangan sehingga lambung anda menjadi terluka dan terkadang muncul tukak pada lambung anda.

Penyakit gastritis adalah salah satu penyakit yang paling banyak ditangani oleh dokter mengingat penyakit ini dapat menyebabkan rasa nyeri yang hebat disertai muntah-muntah karena mual dan terkadang juga berlanjut pada rasa pening dan pusing pada kepala.

Penyakit Gastritis Kronis dan Akut

Penyakit gastritis pada dasarnya disebabkan oleh dua macam hal, yaitu pertama adanya bakteri dan atau virus patogen yang merugikan kesehatan dan menyebabkan peradangan pada lambung anda, penyebab kedua yaitu pola hidup yang tidak sehat sehingga meningkatkan konsentrasi asam pada lambung anda padahal lambung anda dalam keadaan kosong, sehingga asam lambung yang seharusnya digunakan untuk membantu pencernaan anda malah menyebabkan peradangan pada lambung.

penyakit-gastritis-kronis-akut

Penyakit gastritis yang lebih dikenal maag ini juga memiliki dua jenis pola serangan yang pertama adalah pola serangan gastritis kronis yang mana paling sering disebabkan oleh bakteri dan juga virus gastritis tipe ini lebih berbahaya dari pada tipe gastritis akut, luasan inflamasi dan peradangan pada gastritis kronis lebih luas jangkauannya daripada gastritis akut.

Gastritis kronis juga memiliki dua jenis yaitu gastritis kronis tipe B dan gastritis kronis tipe A yang lebih banyak disebabkan oleh auto imun seperti kegagalan penyerapan vitamin B12 gastritis kronis tipe A banyak disebabkan oleh bakteri Helicobacter Pylori.

BACA:  Gejala Penyakit Liver dan Penyembuhannya

Penyakit gastritis yang lainnya adalah penyakit gastritis akut yang mana jenis gastritis tipe ini lebih sering disebabkan oleh faktor fisiologis tubuh seperti stres dan efek dari mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu yang merangsang asam lambung dan mengacaukan sistem metabolisme tubuh kita.

Saat tubuh kita stress akan syaraf simpatis pada lambung kita akan mengalami peningkatan rangsangan dan menyebabkan peningkatan produksi asam klorida salah satu jenis asam yang diproduksi secara alami pada lambung kita saat kita mencerna makanan. Gastritits atau magh akut lebih banyak laporan kasusnya daripada gastritis kronis.

Untuk mengobati dan menghindari terserangnya penyakit gastritis ada banyak hal yang harus kita perhatikan, yang paling pertama anda perhatikan adalah jam biologis anda, makan haruslah teratur sehingga tidak mengganggu sistem metabolisme tubuh kita, selain itu tidur malam juga harus terjadwal, selanjutnya yang harus anda hindari adalah makanan pedas dan makanan-makanan yang merangsang produksi asam lambung jika anda sudah terlanjur terserah penyakit gastritis.

Penyakit gastritis juga bisa disebabkan oleh bakteri dan virus sehingga anda harus memperhatikan kebersihan makanan yang anda konsumsi, makanan terbaik yang dapat anda konsumsi adalah makanan yang anda buat sendiri.

Penyakit gastritis yang sudah terlanjur anda alami dapat anda hindari dengan diet makanan yang tepat. Jika anda terserang penyakit gastritis baik kronis maupun akut maka diet makanan yang dapat anda lakukan pada pagi hari adalah jenis makanan yang mengandung tepung pati atau tepung kanji seperti ketela dan juga gandum murni dengan kualitas terbaik.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */