Obat Bisul Alami yang Mudah Anda Buat Sendiri di Rumah

Obat Bisul Alami ,Terkena bisul adalah suatu keadaan yang cukup mengganggu menjalankan aktivitas Anda sehari-hari apalagi yang terkena adalah area bokong atau wajah yang bisa mengganggu penampilan. Bisul merupakan benjolan kemerahan akibat radang disekitar kulit dan area bisul. Penyebab utama terjadinya bisul disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang biasanya terdapat di permukaan kulit manusia namun karena tingkat kebersihan yang buruk atau alergi makanan, bakteri tersebut masuk melalui bekas luka sayatan bahkan gigitan serangga yang ditandai dengan benjolan pada kulit dan terasa nyeri jika disentuh langsung atau sentuhan dengan barang misalnya pakaian. Bisul dapat terkena oleh siapa saja bahkan bayi yang berusia dua hingga tiga bulan juga dapat terkena bisul.

Faktor resiko terkena bisul adalah

1. Biasanya yang terkena bisul adalah remaja terutamanya laki-laki, hal ini disebabkan oleh usia remaja merupakan usia lonjakan hormon dalam tubuh yang memasuki masa pubertas. Sehingga hormon tersebut dapat mempengaruhi sistem imun tubuh,
2. Tingkat kebersihan yang buruk baik dari diri sendiri maupun lingkungan. Kebersihan diri yang buruk dapat mengakibatkan kulit jadi rentan terhadap infeksi bakteri dan kuman dan ketika kulit Anda terluka maka bakteri dan kuman akan mudah masuk melalui pori-pori tubuh.
3. Masalah kulit yang parah seperti jerawat juga dapat memicu terjadinya bisul apalagi ketika jerawat tersebut pecah dan terluka.
4. Masalah pada kesehatan seperti sistem autoimun tubuh yang rendah sehingga bakteri dan kuman gampang masuk ke dalam tubuh.
5. Kontak langsung dengan orang yang terkena bisul misalnya memegang cairan bisul yang telah pecah dan mengenai misalnya luka Anda, bakteri dalam bisul bisa langsung menular melalui luka Anda.
Selain mengobatinya secara medis, banyak juga terdapat obat bisul alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, tentunya jika bisul Anda semakin parah dan tidak kunjung sembuh Anda segera mengunjungi dokter yang akan memberikan Anda resep obat bisul ampuh di apotik.

BACA:  Obat Kurap di Apotik Dan Langkah Pengobatan Yang Tepat

Obat Bisul Alami Paling Ampuh

Terdapat banyak sekali obat bisul alami di sekitar kita, bahannya pun dapat dengan mudah Anda dapatkan dan bisa Anda buat sendiri di rumah. Anda dapat membuat obat bisul alami paling ampuh dengan cara:

1. Menggunakan daun singkong yang sudah tua

Siapa sangka bahwa daun singkong yang lezat bisa dijadikan sebagai bahan alternatif yang ampuh sebagai obat bisul alami. Anda hanya perlu merebus daun singkong yang telah tua biarkan hingga mendidih, setelahnya Anda bisa membubuhkan daun singkong tersebut pada bisul Anda. Lakukan setiap hari hingga bisul Anda mengempes sendiri.

2. Obat bisul alami bawang putih

Bawang putih memiliki banyak khasiat menakjubkan, selain untuk melezatkan rasa masakan, bawang putih juga dapat mengobati bisul yang telah ada sejak dahulu kala. Ternyata kandungan yang terdapat di dalam bawang putih dapat bertindak sebagai antiseptik alami dan menghilangkan infeksi karena kuman dan bakteri. Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat bisul alami, Anda cukup menumbuk halus satu biji bawang putih dan membalurkannya ke bisul Anda. Lakukan setiap hari hingga bisul Anda sembuh. Selain itu, bawang putih juga dapat menghilangkan bekas luka bisul dengan cara yang sama.

3. Dengan menggunakan kunyit

Selain sebagai pelengkap bumbu masakan, kunyit juga bisa sebagai obat bisul alami yang ampuh untuk digunakan dan memiliki khasiat untuk meredakan pembengkakan akibat bisul. Caranya yaitu, campurkan bubuk kunyit dan bubuk jahe, tambahkan sedikit air, lalu oleskan di bisul setiap hari. Anda juga bisa menyembuhkannya dengan meminum ramuan air hangat yang dicampur dengan satu sendok kunyit bubuk, Anda dapat meminumnya tiga kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

BACA:  Berbagai Macam Bisul Dan Cara Mengobati Bisul

4. Dengan menggunakan cuka sari apel

Selain bawang putih, cuka sari apel juga dapat bertindak sebagai obat antiseptik alami bagi infeksi bakteri dan kuman. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan cuka sari apel pada bisul dengan menggunakan kapas atau kain kasa setiap hari.

5. Dengan cara mengkompres air hangat dan garam

Cara ini telah ada sejak dahulu kala, tujuannya yaitu untuk melunakkan bisul dan mempercepat pengumpulan nanah sehingga bisul akan cepat meletus. Rendam handuk atau kain ke dalam air hangat yang telah dicampurkan sedikit garam, letakkan di atas bisul selama beberapa detik. Cara ini juga ampuh sebagai obat alami nyeri bisul dan membuat bisul cepat pecah.

6. Menggunakan daun sirih

Satu lagi obat bisul alami yang bertindak sebagai anti bakteri. Selain membuat bisul cepat kempes, daun sirih juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas bisul. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menumbuk halus beberapa lembar daun sirih, campurkan sedikit air lalu balurkan pada bisul Anda. Lakukan setiap hari.

7. Menggunakan jintan hitam

Selain enak sebagai bahan kue, jintan hitam memiliki khasiat untuk meredakan nyeri bisul yang sangat menyiksa. Anda cukup menghaluskan beberapa jintan hitam lalu mencampurkannya dengan sedikit air kemudian balurkan perlahan di atas bisul. Lakukan setiap hari hingga bisul Anda sembuh.

Tanaman Obat untuk Menghilangkan Bisul

Selain cara di atas, Anda juga dapat menggunakan tanaman obat yang banyak ditemukan di sekitar rumah Anda. Ini juga cukup berkhasiat sebagai obat bisul tradisional dan alami.
1. Bahan daun asam jawa, Anda cukup menumbuk daun asam jawa dan kunyit hingga halus, selanjutnya balurkan di atas bisul setiap hari.
2. Bahan daun bayam duri, tumbuk daun bayam duri hingga halus, balurkan di atas bisul kemudian tambahkan sedikit madu di sekelilingnya. Balut perlahan dengan kain kasa.
3. Bahan bunga matahari, sangrai bunga matahari yang telah dipetik lalu tumbuk halus, campurkan sedikit minyak wijen dan bubuhkan di atas bisul. Bunga matahari ini berkhasiat sebagai obat bisul alami dan meredakan nyeri bisul.
4. Bahan daun belimbing manis, tumbuk daun belimbing manis dan campurkan dengan air cucian beras selanjutnya bubuhkan di atas bisul Anda yang membengkak setiap hari hingga sembuh.
Cara di atas dipercaya secara turun temurun sebagi obat bisul secara alami dan tradisional yang ada sejak dahulu kala. Anda dapat membuat sendiri ramuannya di rumah untuk menyembuhkan bisul Anda. Selain itu, yang paling penting adalah jagalah selalu kebersihan diri dan lingkungan agar bakteri penyebab bisul tidak gampang memasuki tubuh. Perhatikan kesehatan tubuh, jangan sampai sistem imun rendah sehingga bakteri dapat menyerang tubuh Anda.
Bisul memang cukup menyiksa jika tidak segera diobati selain obat bisul alami yang dapat Anda temukan dan buat sendiri, Anda juga dapat mengunjungi dokter kulit untuk konsultasi masalah bisul Anda. Biasanya, Anda akan diberi resep untuk mengobati bisul Anda. Anda dapat membaca “obat bisul salep” yang pas untuk mengetahui lebih lanjut cara menyembuhkan bisul Anda secara medis.

BACA:  Obat Kurap di Pasaran Yang Ampuh

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */