Obat Kurap Alami Untuk Dewasa Dan Anak-Anak

Penyakit kulit menjadi jenis penyakit yang mudah menyerang manusia. Apa lagi semakin lama udara semakin dipenuhi polusi, khususnya di negara Indonesia. Belum lagi cuaca yang berganti-ganti menambah potensi spora jamur berkembang biak lebih cepat. Salah satu penyakit kulit yang sering diderita penduduk Indonesia adalah kurap. Ada banyak obat kurap alami untuk mengobati penyakit kulit ini. Kurap ialah penyakit yang disebabkan jamur dermatofit. Jamur tersebut dapat tumbuh dan berkembang di kulit manusia dan hewan tepatnya di bagian keratin. Perkembangan dan penyebaran spora jamur dermatofit sangat mudah dan cepat, apa lagi didukung dengan kurangnya memerhatikan kebersihan. Sebelum menelusuri apa saja obat alami untuk kurap serta langkah yang lebih baik dilakukan dan dihindari, mari memahami lebih lanjut tentang penyebab, gejala, dan diagnosis penyakit kurap.

Penyebab-Penyebab Seseorang Terkena Kurap

Obat Kurap Alami Untuk Dewasa Dan Anak-Anak

Seperti yang sudah disebutkan, penyebab utama dari penyakit kurap adalah adanya jamur dermatofit yang berkembang dan menyebar pada daerah lapisan kulit mendasar yaitu keratin. Nah, lebih lanjut terdapat penyebab-penyebab mengapa seseorang dapat terkena jamur ini. Spora jamur dermatofit dapat masuk dalam lapisan kulit melalui banyak media. Karena spora jamur ini memang sangat mudah berganti tempat. Mereka dapat berada di tanah dan benda-benda. Maka tidak heran kalau obat kurap yang alami lebih banyak dipilih, karena penyakit ini termasuk mudah datang dan pergi. Sehingga pemakaian obatnya dapat berjalan lebih lama dan berangsur-angsur sesuai tingkatan penyakit. Berikut kelompok orang yang lebih mudah terkena kurap:

  • Bayi Dan Anak-Anak

Anak-anak menjadi kelompok yang mudah terkena kurap karena lebih aktif dan belum bisa memerhatikan kebersihannya sendiri. Apa lagi bila anak tersebut memang banyak bermain di luar ruangan, menyentuh banyak benda. Begitu juga dengan bayi. Bayi yang kurang diperhatikan kebersihannya dapat terkena kurap. Obat kurap alami untuk bayi di antaranya minyak kelapa dan minyak lavender. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa secara rutin setelah anak-anak atau bayi dimandikan. Untuk mengaplikasikan minyak lavender, campurkan terlebih dahulu dengan minyak jojoba sebelum dioleskan.

  • Orang Yang Mengalami Obesitas
BACA:  Cara Menyembuhkan Bisul Dari Alami Sampai Sintetis

Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas juga mudah terkena kurap. Mengapa? Karena biasanya pada bagian lekukan tubuhnya terdapat lipatan-lipatan yang saling bergesekan dan tingkat kebersihannya kurang terjaga. Spora jamur akan mudah berkembang. Untuk itu obat kurap alami dapat menjadi pilihan dalam pengobatan. Obat-obat alami tersebut di antaranya cuka sari apel, bawang putih, dan serai.

Caranya, untuk menjadikan cuka sari apel sebagai obat alami yaitu dengan mengoleskan cuka sari apel menggunakan bola-bola kapas pada area ruam. Sedangkan untuk mengaplikasikan bawang putih menjadi obat kurap alami dan cepat ialah dengan menghancurkan bawang putih dan mencampurkan dengan beberapa tetes minyak zaitun serta madu. Sementara untuk serai, giling serai sampai hancur, lalu campur dengan buttermilk sampai berbentuk pasta, oleskan pada ruam. Sebelum mengoleskan obat kurap alami dari tumbuhan pastikan Anda sudah membersihkan area ruam dan mengeringkannya.

  • Pria Muda

Kelompok selanjutnya yang dapat terkena kurap adalah pria muda yang masih dalam usia produktif. Untuk kelompok ini, ada beberapa bagian tubuh yang paling sering terkena yaitu area selangkangan dan sekitarnya seperti paha. Obat kurap di selangkangan paha dapat menggunakan bahan-bahan alami yang telah disebutkan di atas. Tetapi ada lebih baik menggunakan salep anti jamur agar lebih merasa nyaman. Atau menggunakan bahan alami berupa minyak. Obat kurap di selangkangan pria dengan minyak di antaranya minyak zaitun, minyak lavender, minyak jojoba, minyak kunyit, minyak serai, dan minyak kelapa. Jangan lupa untuk menghindari memakai pakaian ketat selama proses penyembuhan.

  • Riwayat Dan Kondisi Fisik

Mereka yang memiliki riwayat terkena penyakit jamur sebelumnya juga berpotensi terkena kurap lebih besar. Penyakit yang disebabkan jamur sering muncul kembali bila pernah mengalaminya, khususnya saat-saat tertentu seperti saat cuaca kembali tidak stabil, dan saat kondisi tubuh kurang sehat. Begitu juga dengan yang memiliki kondisi fisik tertentu seperti orang bersistem kekebalan tubuh menurun misalnya penderita HIV serta pemakai tablet steroid. Obat kurap alami dan ampuh mulai dari obat yang dioles hingga yang diminum tergantung pada reaksi tubuh orang yang terkena kurap. Lebih baik konsultasi terlebih dahulu pada dokter agar penyakit ini tidak kembali muncul.

BACA:  Obat Bisul Alami yang Mudah Anda Buat Sendiri di Rumah

Hindari Hal-Hal Ini Agar Penyakit Kurap Cepat Sembuh

Bukan sekadar pengaplikasian obat kurap alami saja agar kurap dapat terobati, tetapi mengubah pola hidup menjadi lebih baik lagi juga sangat penting. Ada banyak hal yang lebih baik dihindari agar proses pengobatan lebih cepat dan bekerja secara maksimal. Kurap adalah penyakit berupa ruam yang menimbulkan rasa gatal. Tingkatannya juga berbeda-beda. Maka bila Anda hanya menjalani pengobatan dengan obat kurap alami yang ampuh tanpa dibarengi mengubah pola hidup atau hanya asal-asalan, tingkatan penyakit dapat naik, bahkan semakin parah. Berikut gala-hal yang lebih baik dihindari selama masa pengobatan:

  • Memakai Pakaian Ketat

Langkah pertama yang harus dihindari adalah untuk menghindari memakai pakaian ketat. Karena pakaian ketat akan memperburuk kondisi kurap akibat gesekan. Khususnya bila Anda terkena kura pada bagian yang tertutup pakaian. Seperti pada bagian punggung, bokong, paha, dan selangkangan. Percuma bila memakai obat kurap alami di selangkangan tetapi masih memakai pakaian ketat. Yang ada malah semakin menambah peradangan dan infeksi pada area ruam kurap.

  • Jarang Mengganti Pakaian

Mungkin ada sebagian dari Anda yang cuek dan terbiasa untuk memakai pakaian yang sama dalam sehari. Hal ini dirasa nyaman dan aman-aman saja karena tidak ada masalah yang terjadi. Apa lagi bila memang sistem kekebalan tubuh sangat baik. Berbeda ketika sedang terserang kurap, sangat dianjurkan untuk rutin mengganti pakaian. Dari mulai pakaian dalam, sampai pakaian luar demi mendukung proses pengobatan menggunakan obat kurap alami paling ampuh yang sedang dijalani.

  • Jangan Asal-Asalan Memilih Obat Kurap Alami

Meski yang digunakan dalam pengobatan adalah bahan-bahan alami yang terasa aman, ada lebih baik memilih dan disesuaikan dengan kondisi Anda. Sebab ada sebagian orang yang memiliki alergi terhadap bahan-bahan tersebut. Misalnya, hindari memakai pengobatan dengan kunyit bila memang alergi dengan kunyit, walau kunyit menjadi obat kurap alami tradisional yang banyak disarankan. Anda juga dapat konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli.

BACA:  Ketahui Jenis Obat Penghilang Bau Badan di Apotik untuk Atasi Bau Badan

Bagaimana? Bahan-bahan alami yang menjadi bahan untuk obat kurap secara alami mudah sekali ditemukan dan tidak mahal, bukan? Kalau tingkatan penyakit kurap Anda tinggi dan merasa perlu tindakan lebih lanjut, silakan konsultasi dan melakukan pengobatan dengan dokter ahli. Semoga ulasan seputar obat kurap alami ini membantu Anda dan bermanfaat. Baca juga ulasan tentang pil obat kurap paling ampuh, obat kurap di apotik, cara menghilangkan bekas kurap yang menghitam, dan cara mengobati kurap dengan kunyit untuk lebih jelas lagi.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */