Obat Kurap di Apotik Dan Langkah Pengobatan Yang Tepat

Ada banyak penyakit kulit yang mudah menyerang kita. Seperti penyakit kulit jerawat, panu, kadas, dan juga kurap. Kurap merupakan penyakit yang sering datang ketika cuaca sedang tidak stabil ada masuk musim pancaroba. Selain itu, kurap juga sering datang ketika musim banjir tiba. Obat kurap di apotik ada berbagai macam. Sebelum memilih obat apa yang biasanya disarankan oleh para apoteker atau dokter, temukan dahulu apa saja penyebab dan gejalanya. Memang, penyakit kulit seperti kurap adalah penyakit yang dapat kita obati sendiri misalnya menggunakan obat kurap di apotik yang ampuh dan sudah dikenal oleh banyak orang. Karena dari segi gejala, tidak begitu menurunkan daya tahan tubuh atau mengganggu aktivitas.

Rasa Gatal Pada Ruam Dan Perkembangannya

Obat Kurap di Apotik

Gejala pada penyakit kurap berupa timbulnya rasa gatal yang disertai ruam berbentuk seperti lingkaran cincin. Ruam tersebut memiliki warna merah kecokelatan yang apa bila tidak ditangani dengan tepat dapat berubah menjadi kehitaman. Atau bahkan bila memang tidak langsung diobati dengan obat penyakit kurap di apotik kondisinya dapat lebih parah seperti muncul benjolan pada ruam dan mengeluarkan nanah. Setiap bagian tubuh yang terkena kurap biasanya mengeluarkan gejala yang hampir sama. Kurap dapat mengenai siapa saja dan pada bagian tubuh mana saja. Mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa, hingga manula. Dan mulai dari kulit kepala hingga ujung kaki.

Memang harga obat kurap di apotik termasuk dalam kategori terjangkau. Ada banyak juga macamnya. Seperti obat kurap yang sudah diproduksi secara besar dan dijual bebas di apotek, ada juga yang berupa resep racikan dokter dan hanya dapat dibeli menggunakan resep anjuran dokter tersebut. Jenis obat kurap di apotik biasanya ada dua yaitu obat oles dan obat oral atau diminum. Obat oles yang dianjurkan dapat berbentuk cream atau berbentuk gel. Anda dapat bertanya pada apoteker untuk sekadar mengetahui mana yang cocok dengan Anda. Pada dasarnya obat oles memiliki peran sebagai anti jamur berfungsi untuk membantu membunuh spora jamur yang menjadi penyebab utama penyakit kurap.

BACA:  Obat Kurap Alami Untuk Dewasa Dan Anak-Anak

Penyakit kurap memang disebabkan oleh jamur bernama dermatofit. Jamur tersebut dapat tumbuh dan berkembang di mana saja termasuk pada lapisan dasar kulit manusia. Penyakit kurap tergolong penyakit menular. Kita dapat terkena penyakit ini bila kontak langsung atau memakai barang yang sama dengan penderita kurap. Selain itu jamur dermatofit juga dapat hinggap di benda-benda sekitar kita termasuk menempel pada hewan dan tanah. Obat kurap di apotik menjadi langkah awal untuk membantu membunuh jamur dan mengurangi rasa gatal. Atau juga agar penyakit kurap tidak menyebar lebih luas dan mengenai bagian tubuh yang lain. Karena spora jamurnya sangat mudah berkembang biak di kulit manusia.

Kurap Dapat Menyerang Semua Bagian Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan, kurap adalah penyakit kulit yang dapat menyerang bagian tubuh mana pun di antaranya kulit kepala, wajah, leher, tangan, area pinggang dan bokong, selangkangan, paha, kaki, hingga kemaluan. Ada beberapa golongan yang lebih mudah terkena kurap yaitu mereka yang memiliki berat badan berlebih (obesitas), anak-anak yang aktif bermain, pria muda dalam usia produktif, pernah memiliki riwayat penyakit kulit sebelumnya, dan mereka yang memiliki tingkat kekebalan tubuh di bawah standar. Untuk yang memiliki riwayat penyakit kulit sebelumnya, obat kurap yang bagus di apotik belum tentu dapat bekerja maksimal. Karena berarti pihak penderita memang memiliki pola hidup yang berpotensi besar mengundang munculnya penyakit kulit.

Obat kurap di apotik secara umum dapat dibeli tanpa resep dokter, namun untuk kasus-kasus tertentu obat-obat tersebut tidak mengobati secara maksimal. Contohnya bagi penderita yang memiliki tingkatan penyakit kurap tinggi. Anda dapat menghitung dan memerhatikan sendiri perkembangan proses penyembuhan penyakit kurap yang Anda derita, apakah cocok dengan obat kadas kurap di apotik yang Anda beli atau tidak. Caranya dengan memakai sesuai petunjuk pemakaian dengan waktu 10 sampai 14 hari. Bila penyakit kurap Anda tidak juga membaik dalam jangka waktu tersebut, berarti Anda harus pergi ke dokter untuk mendapatkan tindakan yang lebih lanjut.

BACA:  Obat Kurap di Pasaran Yang Ampuh

Obat Penyakit Kurap Oral Atau Untuk Diminum

Untuk obat kurap yang dipakai secara oral atau diminum, ada beberapa kandungan utama yang biasanya disarankan oleh dokter di antaranya terbinafine, griseofulvin, dan itraconazole. Untuk mengkonsumsi obat kurap pil di apotik dengan kandungan tersebut, lebih baik konsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu karena kandungan-kandungan tersebut ada yang tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak, manula, atau juga penderita penyakit tertentu. Pada dasarnya obat panu kadas kurap di apotik yang berupa anti jamur juga dapat mengurangi peradangan dan infeksi pada area ruam.

Berikut langkah-langkah yang membantu dalam masa pengobatan agar pemakaian obat kurap di apotik berfungsi lebih maksimal:

  • Pakai Pakaian Longgar Dan Berbahan Lembut

Langkah pertama yang disarankan adalah memakai pakaian longgar untuk mengurangi gesekan pada area kulit yang terkena kurap. Pemilihan bahan pakaian juga penting. Pilih bahan yang lembut, namun tetap menyerap keringat dengan baik.

  • Perhatikan Kebersihan Pakaian, Perlengkapan Mandi, Perlengkapan Tidur

Selama masih dalam masa pengobatan dengan obat kadas kurap paling ampuh di apotik rutinlah untuk mengganti pakaian, perlengkapan mandi seperti handuk, dan perlengkapan tidur yang berupa seprai. Sebab spora jamur mudah menempel pada benda-benda sekitar dan malah berpotensi menulari orang di sekitar Anda bila tidak diganti.

  • Bersihkan Bagian Yang Terkena Kurap

Selain itu, jangan lupa membersihkan area tubuh yang terkena kurap dan segera keringkan secara teratur. Begitu juga saat area yang terkena kurap ingin diberi obat berupa obat oles.

  • Hindari Memakai Alas Kaki Tertutup

Untuk Anda yang sedang terkena kurap di area kaki, hindari memakai alas kaki yang tertutup. Apa lagi bila bahan alas kaki yang Anda gunakan mengurangi udara masuk ke area kaki dan memperparah kondisi kurap pada kaki. Biarkan obat kurap di apotik membantu membunuh jamur yang ada di kaki Anda dengan maksimal.

BACA:  Ketahui Jenis Obat Penghilang Bau Badan di Apotik untuk Atasi Bau Badan

Biasanya setelah pengobatannya sembuh, ada bekas luka yang mengganggu rasa percaya diri penderita. Selain dapat mengandalkan obat penghilang bekas kurap di apotik untuk mengembalikan kondisi kulit, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami yang membantu merawat kulit. Seperti memakai minyak essential di antaranya minyak kunyit, minyak lavender, dan minyak zaitun. Memakai cream khusus untuk mengembalikan warna kulit bekas luka juga dapat dicoba selama area yang terkena kurap bebas dari kurap atau hanya tinggal bekasnya saja.

Anda dapat mengunjungi toko obat terdekat untuk bertanya dan membeli langsung dengan berbagai macam merk. Merk obat kurap di apotik dan nama obat kurap di apotik Kimia Farma sangat beragam.

Baca juga ulasan tentang obat kurap tradisional, pil obat kurap paling ampuh, serta cara menghilangkan bekas kurap yang menghitam sebagai informasi tambahan.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */