Obat Kurap Tradisional, Pilihan Pengobatan Alami

Ada dari Anda yang sedang terkena penyakit kulit kurap dan bingung bagaimana cara mengobatinya? Tidak sedikit dari kita yang menganggap mengobati penyakit kulit yang tergolong umum dapat dilakukan sendiri saja tanpa pergi ke dokter. Seperti halnya penyakit kurap yang merupakan penyakit kulit lumayan umum dan kasusnya banyak terjadi pada penduduk Indonesia. Penggunaan obat kurap tradisional banyak ditempuh dalam mengobati penyakit ini. Iklim Indonesia yang merupakan tropis berpengaruh dengan kondisi fisik penduduknya. Penyakit kulit mudah menyerang karena cuacanya yang mudah berganti, terkadang panas, terkadang hujan. Kira-kira apa saja kumpulan obat kurap tradisional yang dipercaya ampuh mengobati kurap? Dan bahan-bahan alami apa saja yang dapat dimanfaatkan sebagai obat kurap? Berikut ulasannya.

Obat Tradisional Penyakit Kurap Dapat Memerangi Rasa Gatal

Obat Kurap Tradisional

Membicarakan obat gatal kurap tradisional ada banyak jenis dan rupanya. Mulai dari pemilihan bahan, hingga cara meramunya. Salah satu fungsi dari penggunaan obat tradisional adalah untuk memerangi rasa gatal yang ditimbulkan oleh pertumbuhan jamur penyebab penyakit kurap yang membuat iritasi kulit. Iritasi ini dapat memberi gejala berupa rasa gatal dan perih. Jamur dalam jenis dermatofin merupakan jamur yang mudah hidup dan berkembang pada tubuh makhluk hidup. Tidak hanya pada manusia, tetapi juga pada hewan. Begitu juga dengan proses berkembangnya, jamur ini mudah berpindah-pindah dan membentuk spora yang menyebar ke bagian tubuh mana pun.

Penyakit kurap memiliki tingkatan-tingkatan yang berbeda dan gejala yang berbeda di setiap bagian tubuh yang terkena. Contohnya, pada bagian kulit kepala, bila terkena kurap gejalanya berupa rasa gatal dan perih pada area yang terkena, lalu lama-lama membuat rontok rambut, serta kulit pada area tersebut menebal dan mengeluarkan nanah. Obat kurap tradisional untuk mengobati kurap pada bagian kulit kepala salah satunya ialah minyak lavender yang dicampur dengan minyak jojoba. Ramuan tradisional ini dapat dioleskan si bagian kepala yang terkena 30 sampai 60 menit sebelum keramas. Agar hasilnya lebih maksimal, barengi dengan pemakaian sampo khsusus anti jamur.

BACA:  Obat Kurap di Apotik Dan Langkah Pengobatan Yang Tepat

Sementara untuk bagian tubuh lain seperti selangkangan dan paha, rupa dari kurap berupa ruam yang berbentuk seperti lingkaran cincin. Ruam tersebut berwarna merah kecokelatan. Semakin parah tingkatannya, ruam dapat berubah juga menjadi lebih gelap, bersisik, dan bernanah. Rasa gatal mungkin akan sangat terasa dan mengganggu. Obat kurap tradisional di selangkangan dan obat tradisional kurap di selangkan paha dapat dicoba dengan ramuan bawang putih. Caranya, hancurkan bawang putih, campur dengan beberapa tetes minyak zaitun dan madu murni. Ramuan ini dioleskan pada area ruam 2 sampai 3 kali sehari setelah dibersihkan/mandi. Diamkan sekitar 30menit, bilas dengan air hangat, lalu keringkan.

Kurap Yang Menghitam Dan Mengganggu Penampilan

Tidak hanya karena menimbulkan rasa gatal, penyakit kulit seperti kurap juga membuat rasa percaya diri menurun. Apa lagi bila berada di bagian tubuh yang sulit ditutupi seperti di wajah dan leher. Obat kurap tradisional untuk mengobati kurap bagian wajah dan leher dapat menggunakan ramuan tea tree oil atau minyak pohon teh. Tea tree oil telah lama dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, hingga eksim. Sebab tea tree oil mengandung kandungan yang berperan sebagai anti jamur dan anti bakteri. Tidak heran kalau banyak produk perawatan yang menggunakan bahan ini sebagai bahan utamanya. Cara menggunakan tea tree oil sebagai obat tradisional untuk kurapialah dengan mencampurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam segelas air hangat. Usapkan ke area yang terkena kurap menggunakan kapas. Diamkan hingga kering. Lalu oleskan tea tree oil langsung pada area yang sama menggunakan cottonbud.

Sayangnya, tidak hanya gejalanya saja yang mengganggu, bekasnya juga tidak kalah membuat resah. Karena kurap adalah penyakit kulit yang meninggalkan bekas, sering sekali penderita merasa kurang percaya diri. Apa lagi masa pengembalian kondisi kulit ke semula cukup lama. Contohnya pada kurap di bagian tangan dan kaki. Obat kurap tradisional yang paling ampuh pun berperan untuk mengobati kurap, bukan untuk menghilangkan bekasnya. Tenang, banyak bahan alami yang dapat membantu memudarkan bekas luka karena kurap. Di antaranya menggunakan masker lemon, madu,dan oatmeal. Caranya, buat pasta oatmeal dengan mencampurkan satu sendok oatmeal dengan sedikit air, lalu teteskan perasan lemon dan sedikit madu. Anda dapat mengganti sari lemon asli dengan essential lemon oil yang banyak dijual di pasaran. Oles pada bagian bekas kurap 1 kali sehari, diamkan sekitar 30 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. sekali Banyak cara yang lebih cepat untuk menghilangkan bekas kurap seperti laser.

BACA:  Obat Kurap Alami Untuk Dewasa Dan Anak-Anak

Hal-Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Mencegah Terkena Penyakit Kurap

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, mungkin tidak sedikit dari Anda yang sering mendengarnya teori ini. Ya, memang mencegah jauh lebih baik dan harus dilakukan. Termasuk dalam penyakit kurap yang menjadi penyakit menular. Sebelum bingung dengan obat kurap tradisional ada lebih baik menerapkan hal-hal di bawah ini untuk pencegahan.

  • Perhatikan Kondisi Cuaca

Mungkin tidak sedikit dari kita yang merasa cuek dengan cuaca yang berubah-ubah. Yang terpenting selalu sehat dan masih dapat produktif saja sudah sangat baik. Tetapi tahukah bahwa kesadaran akan perkembangan cuaca mempengaruhi kondisi fisik kita sehari-hari. Ketika lebih perhatian dengan cuaca, kita lebih sigap seperti menyediakan pakaian yang lebih tebal dan membawa payung saat musim hujan. Atau menggunakan pakaian yang lebih longgar dan menyerap keringat maksimal saat musim panas.

  • Menjaga Kekebalan Tubuh

Ada beberapa macam kurap, salah satunya adalah kurap kering yang sering menyerang bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan kuku. Ada beberapa cara juga sebagai obat tradisional kurap kering seperti menggunakan bubuk kunyit. Sebenarnya bila kita mampu terus menjaga kekebalan tubuh di tingkat stabil, kita akan lebih jauh dari penyakit kulit. Sebab kurap mudah menyerang mereka yang memiliki daya kekebalan tubuh kurang baik.

  • Kebersihan Nomer Satu

Bingung mengapa dapat terkena kurap? Mungkin kebersihan menjadi salah satu alasannya. Contohnya para pria muda yang di usia produktif cenderung mudah terkena kurap di bagian selangkangan, ini dikarenakan kurangnya memerhatikan kebersihan. Maka untuk mengaplikasikan obat kurap di selangkangan juga harus dibarengi dengan menjaga kebersihan. Sama dengan jenis dan posisi penyakit kurap lainnya. Mandi minimal dua kali sehari, membersihkan pakaian dan perlengkapan yang rutin digunakan, rajin memotong kuku, rutin mencuci tangan, dan lain-lain.

BACA:  Obat Kurap di Pasaran Yang Ampuh

Obat tradisional kurap dan kudis sangatlah banyak. Anda dapat menyesuaikan dengan kondisi penyakit kurap dan juga kulit Anda. Karena banyak bahan alami yang digunakan dalam obat tradisional mengeluarkan efek kurang nyaman untuk kulit sensitif. Semoga ulasan seputar obat kurap tradisional ini bermanfaat. Baca juga tentang cara menghilangkan kurap dengan cepat, obat kurap di apotik, dan obat kurap paling ampuh sebagai informasi tambahan.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */