Ketahui Jenis Obat Penghilang Bau Badan di Apotik untuk Atasi Bau Badan

Sering merasa terganggu dengan bau badan yang menyengat? Tentu hal ini harus segera diatasi. Pasalnya bau badan yang tidak sedap tidak hanya membuat Anda tidak nyaman, namun juga orang di sekitar Anda. Beberapa bagian tubuh yang berbau misalnya bagian ketiak, sekitar organ intim, atau bau kaki karena udara lembab. Lalu apa sih yang memicu munculnya bau badan? Munculnya bau badan tak sedap diakibatkan karena adanya bakteri pada keringat sehingga timbul bau tak sedap yang harus diobati dengan obat penghilang bau badan di apotik.

Mengapa bau badan harus segera diatasi? Bau badan faktanya akan sangat mengganggu orang-orang di sekitar kita. Apalagi ketika Anda menjalin hubungan dengan seseorang, maka pasangan tentu akan sering merasa tidak nyaman ketika berada di dekat Anda. Pada beberapa kasus, bau badan juga dapat menghambat perjalanan karir, hingga proses sosialisasi dengan orang di sekitar. Hal ini lah yang membuat bau badan menjadi suatu kondisi yang penting untuk segera diobati dengan obat penghilang bau badan di apotik.

Faktor Pemicu Bau Badan dan Obatnya

Obat Penghilang Bau Badan di Apotik

Jika Anda sedang mencari obat penghilang bau badan yang ada di apotik, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa-apa saja sih yang faktor yang dapat memicu bau badan?

  • Tubuh gemuk. Seseorang yang memiliki tubuh gemuk biasanya cenderung lebih cepat berkeringat, dimana hal inilah yang menyebabkan orang bertubuh gemuk banyak memiliki masalah bau badan. Untuk itu jika Anda salah satu diantaranya, berdiet bisa jadi solusi terbaik agar bau badan tak sedap bisa segera lenyap.
  • Penyakit diabetes. Seseorang yang memiliki riwayat penyakit diabetes juga dapat memicu munculnya bau badan. Untuk mengatasinya, sebaiknya ikuti aturan dari dokter, misalnya dengan tidak mengkonsumsi makanan manis, dan lain sebagainya. Hal ini juga dapat membantu mengurangi bau badan.
  • Hormon. Faktor hormon merupakan faktor yang sulit untuk dihindari, dimana biasanya bau badan karena faktor hormon banyak di alami oleh anak-anak remaja menjelang dewasa. Solusi yang tepat untuk mengurangi bau badan karena kenaikan hormon ini dapat diatasi dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.
  • Terlalu banyak beraktivitas. Jika Anda termasuk orang yang memiliki mobilitias tinggi, sebaiknya sediakan terus baju ganti dan jangan lupa deodorant. Ketika tubuh banyak beraktivitas, maka akan memicu keluarnya keringat yang berbau. Jika Anda tidak sempat untuk pulang dan mandi, bisa diganti dengan selalu membawa baju inner ganti, plus jangan lupa deodorant untuk membantu menyerap keringat di ketiak.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berminyak dan pedas. Suka makan pedas? Sebaiknya kontrol mengkonsumsi makanan satu ini karena ternyata bisa memicu munculnya bau badan tak sedap. Tidak hanya makanan pedas, makanan yang terlalu banyak mengandung rempah-rempah juga bisa memicu bau badan.
BACA:  Obat Kurap di Apotik Dan Langkah Pengobatan Yang Tepat

Dari beberapa faktor penyebab bau badan tersebut di atas, adakah Anda salah satunya? Tentu ketika bau badan menyerang, maka penting untuk segera diatasi dengan obat penghilang bau badan di apotikagar tidak mengganggu orang-orang di sekitar.

Obat Penghilang Bau Badan di Apotik

Pada dasarnya ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengurangi bau badan pada tubuh, bisa dengan cara alami, atau dengan obat penghilang bau badan yang dijual di apotik. Nah sebagai referensi, kali ini kita akan mengulas bahan-bahan pada obat penghilang bau badan di apotik, diantaranya adalah:

  • Sabun antibakteri. Menggunakan sabun antiseptik atau antibakteri merupakan salah satu cara menghilangkan bau badan yang paling banyak dipilih. Hal ini karena dengan sabun antibakteri biasanya lebih terasa khasiatnya secara langsung. Sabun antibakteri berkerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri jahat, virus, dan jamur yang menjadi pemicu munculnya bau badan.
  • Clindamycin. Obat satu ini merupakan obat yang banyak digunakan di apotik untuk mengatasi bau badan. Namun untuk dapat menggunakan obat yang dapat berbentuk kapsul, larutan, hingga krim oles ini diperlukan resep dari dokter. Obat jenis ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang mudah terkena alergi, penderita gangguan pencernaan, ibu menyusui, dan ibu hamil.
  • Erythromycin. Obat jenis Erythromycin ini merupakan obat penghilang bau badan di apotik yang terbolong antibiotik. Obat ini bekerja dengan cara melawan bakteri jahat pada tubuh salah satunya adalah yang dapat menyebabkan bau badan. Jenis Erythromycin bisa dalam bentuk gel, kapsul, atau cairan. Meskipun tergolong ampuh, namun jenis obat satu ini tidak boleh digunakan oleh orang-orang penderita gangguan hati, jantung, ibu hamil, dan ibu menyusui. Efek samping yang dapat muncul ketika mengkonsumsi obat ini adalah bisa menyebabkan alergi, nyeri dada, diare ringan, hingga mata kekuningan.
  • Bedak MBK. Obat bau badan satu ini juga banyak tersedia di apotik. Dengan cukup menuangkan bedak dan diaplikasikan langsung pada bagian ketiak, maka akan membantu menyerap keringat pada ketiak sehingga bau badan tak muncul lagi, Bedak MBK ini disarankan untuk digunakan setiap habis mandi.
  • Chlorhexidine. Jenis obat antiseptik satu ini bisa berbentuk kapsul atau gel oles. Selain bisa untuk mengurangi bau badan dengan membunuh bakteri jahatnya, obat satu ini juga banyak digunakan untuk kebutuhan pengobatan gingivitis. Hanya saja perlu diketahui bahwa obat ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, dan anak di bawah umur. Efek samping yang dapat timbul setelah mengonsumsi obat ini adalah munculnya iritasi kulit, dan membuat kulit jadi mudah kering.
  • Alumunium Klorida. Zat yang satu ini dapat membantu menghambat proses perubahan sel-sel keringat yang dapat memicu bau. Untuk Anda yang memiliki alergi obat, atau sedang hamil, sebaiknya jangan konsumsi obat ini karena dapat meningkatkan kemungkinan munculnya efek samping yang lebih tinggi.
BACA:  Cara Menyembuhkan Bisul Dari Alami Sampai Sintetis

Demikianlah beberapa ulasan mengenai obat penghilang bau badan di apotik. Pada dasarnya, penggunaan obat untuk mengurangi bau badan ini memang boleh-boleh saja, namun harus lebih waspada melihat dari kandungan bahan kimianya yang dapat berbahaya jika dikonsumsi tidak sesuai dosisnya.

Pada dasarnya, bau badan bisa diatasi dengan sangat mudah. Hal paling mendasar yang harus diubah adalah dengan mengatur pola hidup sehat, yakni dengan olahraga teratur, mengonsumsi makanan sehat, perbanyak minum air putih, hindari stress, dan istirahat yang cukup. Dengan pola hidup sehat tersebut, maka akan membantu meminimalisir munculnya bau badan. Sebagai cara alternatif, pengobatan untuk menghilangkan bau badan bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti menggunakan daun sirih, jeruk nipis, dan yang lainnya.

Dengan menggunakan bahan alami, maka akan dapat membantu meminimalisir terjadinya efek samping berbahaya seperti halnya pada obat berbahan kimia. Selain itu, penggunaan bahan alami untuk pengobatan juga jauh lebih hemat. Ingin tahu informasi lengkapnya? Baca juga cara menghilangkan bau badan, dan info tentang penyebab bau badan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca!

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */