Penyakit Anemia dan Penyebabnya serta Penyembuhannya

Penyakit anemia atau orang sering menyebutnya kurang darah yaitu penyakit dimana jumlah hemoglobin atau sel darah merah jumlahnya di bawah normal. Hemoglobin tersebut memiliki peran yang sangat penting didalam tubuh manusia.

Karena berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Akibat dari penyakit anemia, maka akan menghambat sistem transportasi sel darah merah ke seluruh tubuh sehingga mengakibatkan penderita kekurangan oksigen untuk menghasilkan energi.

Maka tidak heran apabila seseorang yang menderita anemia akan merasa cepat lelah, terlihat pucat dan terlihat gelisah. Bahkan ada beberapa penderita anemia yang mengalami sesak nafas. Biasanya penderita penyakit ini akan ditandai ciri-ciri tubuhnya terlihat pucat seperti pada bagian kelopak mata dan lidah.

Penyakit Anemia dan Penyebabnya

penyakit-anemia

Penyakit anemia dan penyebabnya biasanya terjadi karena kekurangan zat besi, mengalami pendarahan, kekurangan vitamin B12, gangguan pada sumsum tulang, kekurangan asam folat bahkan bisa terjadi karena faktor genetik. Apabila seseorang memiliki riwayat hidup dari keluarga yang menderita anemia, maka ada kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama.

Gejala-Gejala Anemia (Kurang Darah)

– Kelopak Mata Terlihat Pucat

Untuk mendeteksi seseorang yang mengalami anemia cukup mudah dengan memperhatikan bagian kelopak matanya dan pada bagian bawah mata. Maka pada bagian tersebut akan terlihat pucat berbeda dengan orang yang tidak mengalami anemia.

– Sering Merasa Kelelahan

Penderita anemia biasanya akan merasa cepat lelah meskipun melakukan aktivitas yang ringan. Apabila Anda sering merasa lelah dalam waktu yang lama atau kurang lebih 1 sampai 2 bulan, ada kemungkinan Anda menderita anemia. Karena pasokan energi di dalam tubuh bergantung terhadap oksidasi dan juga sel darah merah. Semakin rendah jumlah sel darah merah di dalam tubuh, maka tingkat oksidasi di dalam tubuh juga ikut berkurang.

BACA:  Macam Macam Penyakit Paru Paru, Gejalanya, dan Penyebabnya

– Sering Merasa Mual

Seseorang yang menderita anemia biasanya akan mengalami morning sickness atau merasa mual-mual pada pagi hari setelah bangun tidur.

– Sakit Kepala

Penderita anemia juga akan mengalami sakit kepala dengan terus menerus. Akibat kekurangan sel darah merah maka otak menjadi kekurangan oksigen. Hal itu yang menyebabkan kepala menjadi sakit.

– Wajah Pucat

Penderita anemia biasanya wajahnya akan terlihat pucat dan kulit berwarna putih agak kekuningan.

– Rambut Rontok

Mengalami rambut bisa jadi karena penyebab dari gejala anemia. Pada saat kulit kepala kurang mendapatkan pasokan makanan yang cukup dari dalam tubuh. Maka rambut menjadi tidak sehat dan mengalami kerontokan.

– Kekebalan Tubuh Menurun

Apabila seseorang memiliki energi hanya sedikit, maka kekebalan tubuh dalam melawan penyakit juga akan mengalami penurunan. Dengan begitu, Anda akan mudah kelelahan dan jatuh sakit.

Penyakit Anemia dan Penyembuhannya

Penyakit anemia dan penyembuhannya memang tidak mudah. Tetapi untuk mengurangi resiko yang lebih fatal, Anda dapat menerapkan hidup sehat dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung:

1. Zat Besi

Makanan yang mengandung zat besi dapat ditemukan pada daging, kacang-kacangan, sayuran dengan warna hijau gelap dan buah yang sudah dikeringkan.

2. Folat

Folat dapat ditemukan pada buah pisang, jeruk, sayuran hijau, sereal, pasta dan kacang-kacangan.

3. Vitamin C

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin C yaitu melon, jeruk, mangga, dan berbagai jenis buah berry.

4. Vitamin B-12

Vitamin B-12 dapat ditemukan pada susu dan daging.

Itulah seputar penyakit anemia yang perlu Anda ketahui. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, maka Anda akan menjadi lebih sehat. Khususnya bagi anak-anak, wanita hamil dan wanita yang sedang menstruasi. Selain itu, zat besi juga sangat penting untuk bayi, atlet dan para vegetarian.

BACA:  Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Asma pada Manusia

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. jeni juniar
  2. Ariyah nur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */